TipsTrick

5 Cara Mengatasi Gugup Saat Menghadapi Ujian

Menghadapi ujian kerap menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Rasa takut dan khawatir akan kegagalan seringkali dirasakan oleh orang yang akan menghadapi ujian. Pada akhirnya pikiran-pikiran negatif ini akan membuat seseorang merasa gugup hingga tegang. Perasaan gugup seringkali berimbas pada hilangnya materi yang telah anda persiapkan sejak semalam. Hal ini bisa terjadi karena di saat anda gugup maka otak yang aktif adalah bagian otak reptile. Padahal otak yang berfungsi untuk menyerap informasi dan memahami soal adalah bagian neokorteks. Hal ini
mengakibatkan anda tidak mampu mengerjakan ujian dengan baik hingga pada akhirnya semakin gugup.

Banyak sekali yang gagal menghadapi ujian dikarenakan mereka tidak siap. Bahkan jauh jauh hari mereka sudah mempersiapkannya dari awal Belajar dengan tekun. Mencoba berusaha untuk menguasai semua materi namun hasilnya masih saja seperti yang tidak diharapkan. Tahukah anda sebenarnya semua kegagalan itu bukan semerta merta dikarenakan kita yang tidak siap. Sebenarnya ada beberapa kesalahan salah satunya faktor gugup yang membuat keadaan semakin parah. Gugup secara tidak langsung membuat tiba tiba otaak blank dan hilang seketika. Semua bahan yang sebelumnya ada dikepala menjadi tidak ada sama sekali. Penting untuk diingat bahwa Gugup juga hal yang harus kalian jauhi.

Adapun beberapa tips menghadapi atau Untuk mengatasi gugup saat menghadapi ujian, berikut sudah kami rangkum beberapa caranya.

Tips Mudah Mengatasi Rasa Gugup yang Timbul Saat Ujian

Tips-Mudah-Mengatasi-Rasa-Gugup-yang-Timbul-Saat-Ujian

1. Tidur yang Cukup Malam Sebelumnya

Menghadapi ujian bukan berarti anda mengurangi waktu tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali. Sistem Kebut Semalam atau SKS sebenarnya tidak efektif untuk membantumu mengerjakan ujian dengan baik. Selain tidak efektif untuk mendongkrak nilai ujian, SKS justru dapat menyebabkan otak anda kekurangan asupan oksigen.

Ketika otak kekurangan asupan oksigen maka akan sangat berisiko membuat otak anda jadi โ€œblankโ€ atau kosong ketika mengerjakan ujian. Akibatnya anda tidak bisa lagi mengerjakan ujian dengan benar. Untuk
menghindari hal ini maka sebaiknya tidur selama 7 sampai 8 jam pada malam hari sebelum ujian. Sebelum tidur sebaiknya mandi dan minum air hangat. Hindari gadget juga sebelum tidur agar tidak pusing.

2. Pijat Tangan untuk Mengurangi Gugup

Gugup akan membuat pikiran jadi ruwet sehingga anda tidak bisa fokus mengerjakan soal ujian. Apabila anda merasakan serangan gugup mendadak, sebaiknya pijat beberapa titik di tangan. Dengan memijat bagian antara ibu jari dan jari telunjuk anda dapat mengurangi rasa gugup karena pikiran menjadi lebih rileks. Selanjutnya anda dapat mengerjakan soal ujian dengan lebih lancar.

3. Memejamkan Mata Saat akan Mengerjakan Soal

Selain memijit beberapa titik di tangan, anda dapat memejamkan mata untuk mengurangi rasa gugup yang datang saat menghadapi ujian. Ketika anda memejamkan mata, tariklah napas secara perlahan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Setelah itu buanglah napas dalam-dalam dan buka mata. Posisikan duduk senyaman mungkin. Sebaiknya duduk dengan posisi tubuh tegak menyandar di kursi.

4. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Tidak cukup mengatasi rasa gugup yang muncul mendadak hanya dengan memijat tangan dan sebagainya. Kuncinya adalah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari sebaik mungkin. Persiapan yang matang sebelum hari H ujian dapat membuat anda lebih rileks ketika menghadapi ujian. Hal ini dikarenakan anda merasa lebih siap sehingga yakin akan dapat menaklukkan ujian. Apabila anda akan menjalani tes seperti ujian nasional maupun ujian SBMPTN, sebaiknya cobalah latihan tes sejak beberapa minggu sebelumnya. Selain itu, anda dapat menghapalkan beberapa materi dan diulang-ulang setiap hari agar lebih siap ketika ujian.

Baca Juga : Tips Lulus SBM โ€“ PTN Dengan Mudah Dan Tepat

5. Organisir Catatan Serapi Mungkin

Setiap hal yang kita rasa penting untuk disimpan maka sebaiknya kita catat. Hal ini sudah diajari oleh guru guru kita pada saat duduk dibangku sekolah dasar. Agar kita bisa dengan mudah mengulas setiap pelajaran yang mungkin tidak ada di buku. Untuk mempersiapkan ujian, sebaiknya anda membuat catatan serapi mungkin sebelumnya. Kemudian simpan catatan di tempat yang paling mudah anda temukan. Hal ini untuk menghindari rasa gugup akibat bingung mencari catatan anda yang bertaburan ketika sebelum ujian.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa gugup saat ujian. Kuncinya adalah persiapan yang cukup sebelum hari H. Selain itu, tips seperti memejamkan mata dan memijat tangan juga cukup ampuh untuk mengatasi gugup yang kerap datang tiba-tiba ketika ujian. Sekali lagi yang perlu anda ingat semua faktor keberhasilan ujian ditentukan oleh beragam hal.

Baca Juga : 15 Tips Lulus Seleksi CPNS Tahun 2019, 2020, 2021

Dan Mengatasi rasa gugup ini tidak bisa diterapkan hanya satu atau dua kali saja. Sebab untuk menghindari gugup yang berlebihan saat presentasi atau masuk keruang ujian. Harus dilakukan latihan secara berkala dan dilakukan secara terus menerus.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment