Internet Pemrograman

Mengatasi Script Error Web Browser VBNET

Mengatasi Script Error Web Browser VBNET ~ Kali ini saya berkesempatan untuk membahas kategori pemrograman yang sudah lama sekali tidak saya update, untuk membangkitkannya kembali. saya akan share berupa tutorial vbnet yang ada di indonesia karena belum lengkap yang saya perhatikan, terkadang mengharuskan saya mengunjungi blog luar negeri atau komunitas forum luar untuk membantu saya dalam belajar pemrograman visual studio. walau di indonesia sudah ada, namun belum terbilang lengkap dan masih sedikit sekali untuk tutorial visual strudio ini. jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Script Error pada setiap anda menjalankan program atau aplikasi vbnet buatan anda sendiri.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga mengalami masalah error pada web browser di vbnet, jika kalian baru pertama kalinya membuat sebuah browser pribadi atau browser sendiri di vbnet. tidak heran akan menjumpai error berupa kotak jendela yang bertulisan “Script Error” dan berisi pesan error yang membuat anda pusing sendiri. sebenarnya visual studio ini sudah memiliki fitur yang sudah lengkap untuk menangani masalah ini. propertynya menurut saya sudah cukup luas penjabarannya apabila anda sering kali menjumpai error seperti ini.

Kontrol Web Browser tadi bisa kita tangani menambahkan code yang biasa dengan “ScriptErrorsSuppressed” jika kita mengaktifkan fitur tersebut seharusnya tidak akan ada lagi terjadi error jika kalian Play / Menjalankan program kamu. kurang lebih biasanya error script pada web browser akan muncul kurang lebih dialognya yang akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi Script Error Web Browser VBNET

Apakah kalian mengalami error yang sama seperti kotak dialog diatas ?
Jika sama, saya akan memberikan sedikit penjelasan bagaimana untuk mengatasi error pada web browser di vbnet, mari kita baca panduan dibawah dan jangan sampai ketinggalan.

Mengatasi Script Error Web Browser VBNET

Untuk menangani script error web browser diatas, kamu hanya perlu menambahkan coding sedikit pada Form Load, jika belum mengetahui apa itu form load pada vbnet. biarkan saya jelaskan sedikit.

Form_Load pada vbnet merupakan sekumpulan awal yang dijalankan secara otomatis baik itu berupa kode maupun pesan, semuanya akan otomatis muncul atau jalan sewaktu anda pertama kali menjalankan form tersebut.

Jadi untuk menangani error diatas kalian harus menambahkan code dibawah ini dan diletakkan tepat pada form_load sobat. kurang lebih ilustrasi kodenya seperti ini.

Private Sub Form1_Load(sender As Object, e As EventArgs) Handles MyBase.Load
WebBrowser1.ScriptErrorsSuppressed = True
End Sub

Perhatikan Pada Kode yang berwarna merah diatas merupakan kode yang harus diletakkan apabila kalian mengalamu error script. dan jika sudah menambahkan kode tadi di form load seharusnya tidak akan ada lagi error pada saat menjalankan web browser perdana anda.

Untuk Menciptakan/Membuat aplikasi atau program seperti google chrome, mozilla firefox atau apapun yang sudah terkenal lengkap fitur browsernya, dan kini awal permulaan anda untuk membuat inovasi baru mungkin yang anda buat sekarang, semoga terkenal hehe…

Berhubung sudah sekitar beberapa menit saya menulis di blog ini, akan lebih baik saya tutup saja mungkin yaa, agar tidak jenuh silahkan baca kesimpulan dibawah.

Kesimpulan…

Setelah anda membaca kata – kata yang saya tulis satu persatu diatas, seharusnya masalah anda kini sudah teratasi bukan ?, berhubung saya masih pemula juga dan masih banyak butuh pembelajaran, saya akan update banyak sekali konten vbnet disini. jadi jangan sampai ketinggalan update dari blog ini. thanks banget ya, kalian yang udah baca artikel diatas, jika kalian suka boleh di share dan dilike. komentar sesuai tema diatas. saya akan membalas komen anda satu persatu dan itulah prioritas dari blog ini, mungkin sekian itu saja artikel ini yang berjudul “Mengatasi Script Error Web Browser VBNET” Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup programmer di indonesia. Sampai Jumpa Kembali 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment