Tutorial Blog

Mengatasi Tombol Tambahkan Gadget TataLetak/Layout Blogger Hilang

Halo sobat jagoan, Jika kalian pengguna blogger ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui saat mengedit template ada beberapa langkah yang mesti diperhatikan salah satunya adalah bagian yang terdapat pada tata letak blogger. Layout disini perannya sangat penting salah satunya adalah menambahkan sebuah elemen atribut pendukung seperti menambahkan beberapa widget widget penting yang nantinya akan kita masukan kedalam blog kita.

Namun siapa sangka ternyata setelah lama banyak mengotak atik bagian kode pada HTML. Seketika tombol yang Add Gadget/Tambahkan Gadget yang terdapat didalam menu tata letak seketika hilang dan terkunci. Disini sebenarnya bukanlah permasalahan timbul dari blogger yang rusak. Tetapi kita yang mungkin lupa atau tidak sadar meletakan sebuah kode yang pada akhirnya berdampak pada menu layout ini. Secara default tema blogger menyajikan beberapa struktur tombol pada layout yakni tombol edit dan tombol tambahkan gadget.

Tetapi tiba tiba menu layout yang ada pada dahsboard blogger saya tidak ada alias hilang. Yang tinggal hanyalah tombol editnya saja seperti gambar dibawah ini :

Mengatasi Tombol Tambahkan Gadget TataLetak Layout Blogger Hilang

seharusnya di featured pada gambar diatas terdapat sebuah kode yang memunculkan tombol add gadget tepat dibawah judul featured seperti dibawah ini

<b:section class='featured' id='featured' showaddelement='yes'/>

Namun kenyataannya tombol tersebut tetap tidak kunjung muncul di menu layout tata letak blogger. Lalu kira kira apakah penyebab sebenarnya ? Simak ulasannya dibawah ini

Memunculkan Tombol Tambahkan gadget/Add gadget di tataletak/Layout Blogger

Oke sobat setelah mencari tahu ternyata penyebabnya ada pada kode b:js=’false’ hapus kode tersebut didalam template anda Lalu SAVE kemudian refresh blogger anda dan lihat hasilnya. Seketika tombol tambahkan gadget muncul kembali.

tombol Tambahkan Gadget TataLetak Layout Blogger tidak bisa diedit terkunci

Permasalahan ini biasanya sering kita lakukan ketika mencoba mempercepat halaman loading blog dengan menonaktifkan javascript yang tidak digunakan agar mendapatkan score yang baik di google page speed.

Catatan :
Jika teman teman masih ingin mengedit dibagian halaman tata letak sebaiknya kode b:js=’false’ jangan diletak dahulu. kode tersebut boleh kalian gunakan jika semua settingan didalam layout sudah oke. Trik ini bisa dijadikan juga untuk mengunci tombol gadget agar pengguna template lain tidak bisa mengedit bagian tata letak.

Silahkan dipraktekan semoga berhasil. Good LUCK !!!

About the author

Kahfie IDN

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment