Berita Terbaru

Mengenal Beberapa Jenis Makanan ComfortFood

Mengenal berapa jenis makanan Comfort food. Apa itu comfort food? Mengapa kita perlu comfort food?. Beberapa makanan terbukti mampu memberikan kenyamanan. Sayangnya, semuanya sehat dikonsumsi.Ketika Kondisi badan kurang sehat atau pikiran sedang stres, sering kali timbul keinginan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Kenyataannya, makanan dan minuman tersebut terbukti mampu membuat Anda nyaman, bahkan bikin Pikiran menjadi rileks. Beberapa orang sengaja mengkonsumsi mie goreng, bubur ayam, fast food, coklat atau minuman seperti teh manis dan kopi demi merasa nyaman. Nah, efek nyaman itulah yang membuat beberapa jenis makanan dikenal dengan Comfort food.

Mengenal Comfort food

Ini istilah untuk menyebutkan makanan yang dapat menimbulkan efek nyaman meredakan stress, memberikan kepuasan serta memunculkan nostalgia. Konsultan berat badan dari shape-up Indonesia. Menurutnya makanan memang menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi pertama kali. Ini sesuai dengan teori Mas love yang menempatkan makanan ada pada urutan teratas. Istilah lainnya, food id primitif form of comfort. Itulah sebabnya Mengapa manusia cenderung mencari kepuasan diri lewat makanan. Selain itu makanan juga Dianggap mampu memberikan feeling of pleasure.

Makanan tertentu memang bisa memicu keluarnya hormon serotonin yang menimbulkan rasa rileks, serta hormon endorfin yang memberikan perasaan bahagia. Coklat misalnya makanan ini dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Heran banyak orang yang merasa Happy begitu makan coklat. Secara umum comfort food dibagi dalam empat kategori:nostalgia food,indulgence food convenience food,serta physical food. Kategori nostalgia food. Merujuk pada makanan-makanan yang menimbulkan rasa kangen dan memiliki keterkaitan emosional dengan masa lalu seseorang. Tak hanya bersifat fisik nostalgic ikut juga berhubungan dengan aroma atau suara yang sulit untuk digantikan.

Sedang stres karena pekerjaan misalnya situasi seperti ini membuat anda tiba-tiba menginginkan nasi goreng buatan ibu. Kepuasan akan terwujud jika anda benar-benar memakan nasi goreng itu. Ada semacam perasaan kamu terhadap aroma maupun cara memasak yang biasa dilakukan oleh ibu anda. Sehingga makanan lain pun tak bisa mengobati Kerinduan itu. Lain halnya dengan indulgence food. Kategori ini berkaitan dengan makanan yang dapat memberikan kepuasan diri. Kenikmatan hanya akan tercapai lewat makanan tertentu yang diidamkan. Namun hati-hati indulgence food dapat memicu timbulnya Indi jika konsumsinya tak terkontrol.

Adiksi terjadi jika kondisi tubuh sudah tak sanggup lagi menahan keinginan makan jenis makanan tertentu. Ketika ingin stick misalnya saat itu juga. Anda harus segera makan steak sekalipun dalam keadaan tidak lapar. Apabila tidak segera diatasi adiksi dapat mengakibatkan compassive over eating, lapar mata. Lain pula dengan convenience food, yang berkaitan dengan cara menyajikan makanan. Mie goreng instan misalnya. Banyak orang yang menyukai jenis makanan ini karena penyajiannya mudah atau mungkin terinspirasi dari cerita-cerita pada iklan. Sementara itu pada physical food, kategori ini berkaitan dengan makanan yang dapat mengaruhi kondisi tubuh.

Seperti ketika kedinginan kita ingin makan ronde supaya tubuh jadi hangat. Atau ketika lemas akibat kurang tidur kita minum kopi supaya tidak mengantuk. Jadi physical food memang memiliki efek yang mempengaruhi kondisi tubuh. Meski terbukti mampu memberi rasa nyaman konsumsi Comfort food memerlukan trik cerdas supaya tak menimbulkan eating disorder. Salah satunya dengan cara membedakan antara lapar badan dan batin. Pada lapar badan ada tanda secara fisik seperti perut keroncongan. Ketika dipenuhi dengan makanan tertentu rasa lapar itu pun hilang. Sedangkan para lapar batin nafsu makan justru timbul akibat stres.

Dalam keadaan penuh tekanan seseorang biasanya ingin makanan manis yang mengandung banyak kalori seperti es krim atau coklat. Buah memang terbilang sehat ya. Tetapi tidak akan memuaskan rasa lapar batin itu. Yang tak kalah penting anda juga perlu mendisiplinkan jam makan. Memilih makanan rendah kalori dan memastikan bahwa komputer tersebut dikonsumsi pada saat yang tepat yaitu Ketika anda benar-benar merasa lapar.

Comfort food sehat

  • Beda tempat beda pula Comfort food yang diinginkan. Bagi orang Amerika stik apple pie, atau makaroni dianggap sebagai Comfort food. Sedangkan orang Indonesia lebih menyukai jenis makanan seperti mie goreng bubur ayam gorengan dan minuman hangat. Supaya tetap sehat dokter memberikan sontekan kan cara memilih dan menyajikan jenis-jenis Comfort food. Yang tetap disesuaikan dengan selera. Line tubuh menjadi lebih Fit kepuasan batin anda pun tetap terpenuhi.
  • Mie goreng instan. Sajikan dengan sayuran ketimbang kornet lalu tambahkan putih telurnya saja. Bila ingin citarasa bumbunya ganti Mi dengan bihun yang kandungan kalorinya lebih kecil.
  • Bubur ayam.Kontrol porsinya terutama untuk kerupuk dan cakwe yang mengandung banyak kalori. 
  • Nasi plus telur mata sapi. Bila sangat ingin makan telur mata sapi hingga 2 butir sebaiknya makan satu kuningnya saja. 
  • Gorengan. Pastikan bahwa korengan itu dibuat dengan aman. Pilih jenis gorengan berupa tahu dan tempe sebab keduanya masih mengandung isoflavon yang bermanfaat mencegah kanker. 
  • Fried chicken. Buat fried chicken sendiri menggunakan minyak yang baru. Dengan menggoreng sendiri Anda dapat memastikan kesehatannya. 
  • Burger. Pilih fish atau chicken burger karena kalorinya lebih kecil ketimbang beef burger. Juga hindari porsi double Decker yang terdiri dari keju, telur dan daging karena hanya bikin gemuk. 
  • Dark atau milk cocolatte, keduanya punya kandungan kalori besar. Yang terpenting perhatikan kursi ketika mengkonsumsinya. 
  • Keripik. Pilih keripik sayuran seperti bayam atau jamur sesekali coba juga cemilan rumput laut untuk meningkatkan kandungan protein dalam tubuh. 
  • Minum teh manis. Ganti pemanisnya dengan teh beraroma buah seperti lemon tea tahu yang beraroma bunga seperti teh melati atau mawar. 
  • Minuman kopi. Sajikan dan gula secara terpisah. Aduk kopi terlebih dahulu lalu masukkan gulanya sedikit demi sedikit.

    About the author

    Mohammad Kahfi

    Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

    Leave a Comment