Tech

Mengenal Lebih Dalam Microsoft Word

Sebagai pengguna komputer, kamu tentu tidak asing dengan Microsoft Word. Program ini seringkali digunakan oleh pengguna komputer untuk membuat berbagai macam dokumen.

Melalui Microsoft Word, kamu bisa membuat berbagai dokumen, termasuk artikel, tugas sekolah, skripsi, pekerjaan dan buku.

Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Sejak dikembangkan di tahun 1983 lalu, Microsoft pun terus memperbaharui program tersebut dengan meluncurkan berbagai versi baru.

Tentu saja, versi baru tersebut hadir dengan teknologi yang lebih baik dan fitur yang lebih banyak dibanding versi sebelumnya.

Microsoft Word ini selalu dimasukan ke dalam kumpulan aplikasi Microsoft Office. Saat ini versi online dari Microsoft Word bisa diakses melalui layanan Office 365. Sementara untuk versi offline terbarunya terdapat di Microsoft Office 2019.

Haruskan Menggunakan Microsoft Word?

Sebenarnya, jika kamu hanya ingin membuat dokumen yang sederhana dan hanya terdiri dari beberapa paragraf saja, maka kamu sama sekali tidak memerlukan Microsoft Word. Terutama jika kamu merupakan pengguna Windows.

Di Windows 7, 8 dan 10, terdapat aplikasi WordPad yang sudah terinstall secara otomatis. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membuat artikel atau tulisan lain yang sederhana.

Tampilan dari aplikasi WordPad pun mirip dengan Microsoft Word. Selain itu, fiturnya juga tidak jauh berbeda. Hanya saja, WordPad jauh lebih sederhana dibanding aplikasi pengolah kata buatan Microsoft tersebut.

Namun, jika kamu ingin melakukan lebih dari yang kami sebutkan di atas, maka kamu memerlukan Microsoft Word. Dengan menggunakan program pengolah kata andalan Microsoft ini, kamu bisa melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan di WordPad.

Microsoft Word bisa memudahkanmu dalam membuat artikel atau jenis tulisan lainnya. Di aplikasi ini kamu bisa memasukan gambar dan video, baik yang kamu ambil dari hard disk ataupun dari internet, membuat tabel, dan mengedit format tulisan hanya dengan beberapa klik saja.

Fitur-fitur di Microsoft Word seperti kemampuan untuk mengatur margin, membuat kolom, page breaks dan bahkan sampai pengaturan jarak spasi antar baris pun sangat membantu dalam penulisan artikel, buku dan tulisan lainnya.

Cara Mendapatkan Microsoft Word

Umumnya software komputer perlu diinstal terlebih dahulu sebelum dapat digunakan oleh pengguna komputer, kecuali software portable yang bisa langsung digunakan tanpa diinstall.

Lalu bagaimana dengan Microsoft Word?

Sama seperti software lain, Microsoft Word juga perlu kamu install di komputermu.

Jika di komputermu tidak terdapat Microsoft Word, maka ada beberapa cara untuk mendapatkannya secara resmi. Namun tentu saja, kamu harus mengeluarkan dana untuk mengakses program pengolah kata tersebut.

Cara pertama, kamu bisa mendapatkan versi terbaru dari Microsoft Word dengan menggunakan layanan Office 365. Program ini merupakan program berbasis langganan. Jadi kamu harus membayar biaya langganan setiap bulannya untuk mengakses semua fitur di dalam Office 365, termasuk Microsoft Word.

Meski demikian, kamu bisa mencoba versi trial dari program premium tersebut yang dapat diakses secara gratis selama satu bulan.

Selain Microsoft Word, kamu juga bisa mengakses software lain yang biasanya terdapat di Microsoft Office seperti PowerPoint, Exel dan Outlook.

Program-proram tersebut pun bisa diakses baik melalui PC, tablet ataupun smartphone.

Jika tidak suka dengan cara di atas, maka kamu bisa membeli versi offline dari Microsoft Word dengan cara membelinya secara langsung melalui Microsoft Store.

About the author

Alvin

Leave a Comment