Berita Terbaru

Mengenal Seluk Beluk Tentang Koperasi

Mengenal Seluk Beluk Tentang Koperasi. pengertian dan Penjelasan mendirikan koperasi. Bunga rendah prosedur sederhana dan dapat bonus sembako itu hanya beberapa keuntungan menjadi anggota koperasi. Ingin tahu lebih banyak?Atau bersama teman-teman ingin mendirikan koperasi? Informasinya ada di sini.

Di masa kini berbau koperasi sering dianggap sesuatu yang jadul. Padahal ada banyak manfaat yang didapat dengan menjadi anggota koperasi dengan mendirikan koperasi. Misalnya nya sekelompok orang yang ingin membentuk sebuah unit usaha. Mereka bisa bergabung dan mendirikan koperasi. Dari sisi modal mereka tidak sendirian. Biayanya ditanggung bersama sehingga masing-masing orang tidak perlu mengeluarkan modal besar. Pembagian kerja juga menjadi ringan karena semua dilakukan bersama-sama. Yang didapat pun dibagi rata untuk semua anggota. Jadi untung dan ruginya ditanggung bersama. Agar lebih jelas Mari kita simak pembahasan lengkapnya

Mengenal Seluk Beluk Tentang Koperasi

Mendirikan koperasi

Siapa saja bisa mendirikan koperasi termasuk orang awam. Syarat mendirikan semua jenis koperasi sama dan tidak terlalu sulit. Perbedaannya nanti kita harus melaporkan jenis koperasi yang kita berikan kepada Dinas Koperasi. Mungkin kita ingin bergerak di simpan pinjam. Nanti yang dikeluarkan adalah izin koperasi simpan pinjam. Sebenarnya kita harus mendaftarkan diri dulu sebelum benar-benar mulai menjalankan koperasi. Tetapi pada kenyataannya ada banyak orang yang mendapatkan izin berbarengan dengan kegiatan koperasi tersebut.Berikut beberapa jenis koperasi di Indonesia di antara:

  • Koperasi simpan pinjam: bergerak dibidang simpan pinjam.
  • Koperasi konsumen: dikenal sebagai koperasi penyedia kebutuhan sehari-hari seperti sembako.
  • Koperasi produsen: anggotanya adalah orang-orang memproduksi sesuatu misalnya perajin batik.
  • Koperasi pemasaran: anggotanya orang-orang yang berkegiatan di bidang pemasaran contohnya pedagang barang elektronik.
  • Koperasi jasa: bertujuan memberikan pelayanan kepada para anggotanya seperti koperasi jasa angkutan. Jadi pilihan koperasinya amat banyak. Ini ditentukan bidang yang ingin dijalankan. Bisa produk jasa atau simpan pinjam. Kita bisa membuat koperasi yang khusus menangani urusan simpan pinjam. Pada awalnya mungkin para anggota dulu saja atau masyarakat di lingkungan sekitar yang bisa meminjam. Kemudian lama-lama cakupannya meluas ke orang-orang. Selain jenis koperasinya beragam bidang yang digeluti juga bervariasi. Apabila bergerak di bidang pertanian misalnya kita bisa mendirikan koperasi Tani. Untuk urusan modal tidak syarat baku. Modelnya bisa berasal dari anggota sendiri atau gabungan antara modal sendiri dan pinjaman. Koperasi yang dianggap sehat adalah apabila jumlah modal sendiri nya lebih besar daripada modal pinjaman. Modal sendiri dibagi dalam empat bagian yaitu:
  • 1 simpanan pokok diberikan di awal pendirian koperasi.
  • 2 simpanan wajib disetor sekali dalam sebulan.
  • 3 cadangan
  • 4 hibah

Kita juga perlu membuat susunan atau struktur pengurus koperasi anggaran dasar (AD) anggaran rumah tangga (ART). Biasanya sudah ada bentuk baku AD dan ART koperasi. Kita bisa mendapatkan contohnya dari dinas koperasi setempat. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengikuti contoh yang sudah ada atau menyesuaikannya dengan kondisi koperasi kita sendiri. Susunan organisasi mencakup penasehat ketua wakil ketua bendahara sekretaris dan anggota-anggota. Anggota bisa dibagi lagi dalam beberapa divisi yang berbeda-beda.. keanggotaan di koperasi berlaku untuk seterusnya tidak ada perpanjangan atau pembaharuan. Kalau sudah terdaftar anggota harus terus membayar iuran simpanan wajib sesuai dengan aturan koperasi.

Ada koperasi yang apabila tidak menyetorkan wajib sebanyak 3 kali anggotanya dianggap keluar. Kebijaksanaan ada pada masing-masing koperasi iuran simpanan wajib tidak bisa dikembalikan kecuali kalau anggotanya memutuskan keluar dari koperasi. Menurutnya jika pengurusan koperasi jeli dan mempunyai jiwa wiraswasta dana yang terkumpul bisa disalurkan untuk berbagai usaha. Semakin banyak anggota semakin banyak dana yang bisa tersimpan di sana. Dana tersebut bisa disalurkan ke bidang-bidang usaha yang potensial menghasilkan keuntungan. Pada akhirnya jumlah namanya banyak usaha berjalan lancar dan koperasi berkembang pesat. Untuk memutuskan ke mana Dana itu akan disalurkan Para pengurus harus berembuk dan mencapai kesepakatan. Pembagian hasil dilaksanakan per tahun.

Sistem pembagian keuntungan ini ditentukan masing-masing koperasi. Bisa dibagi semua sekaligus atau dibagi dalam beberapa bagian. Ada yang diberikan kepada anggota dan ada yang disisihkan sebagai Modal koperasi.

Jenis koperasi yang digemari

Koperasi yang paling fleksibel dan menawarkan paling banyak keuntungan lah yang paling dicari orang orang. Selama ini ia melanjutkan yang membuat orang orang tertarik bergabung dengan koperasi adalah karena Apabila mereka ingin meminjam prosesnya relatif lebih mudah ketimbang meminjam dari lembaga keuangan lainnya. Anggota koperasi kan punya dana yang tersimpan dalam kas. Bagi orang-orang berpikir kalau sewaktu-waktu butuh uang saya bisa dapat pinjaman. Umumnya anggapannya simple seperti itu. Meminjam uang dari koperasi tetap dikenakan bunga namun jumlahnya di bawah bunga bank. Saat ini bunga bank berkisar antara 12 sampai 14% sementara jumlah bunga koperasi sedikit lebih kecil daripada itu. Saat ini bunga bank berkisar antara 12 sampai 14% sementara jumlah bunga koperasi sedikit lebih kecil daripada itu jumlah dana yang dipinjam anggota bervariasi tergantung aturan di masing-masing koperasi.

Ada koperasi yang mewajibkan anggotanya untuk mencapai jumlah simpanan tertentu sebelum diizinkan meminjam ada juga yang baru membolehkan anggota meminjam setelah menjadi anggota selama 1 tahun dan lain-lain. Kelebihan lainnya dari koperasi yang dicari orang-orang adalah keuntungan yang ditawarkan di akhir tahun. Kenapa koperasi akan dibagi secara rata di antara para anggota. Koperasi simpan pinjam dan koperasi yang menjual barang kebutuhan pokok cukup populer di kalangan ibu-ibu. Ada banyak koperasi barang kebutuhan pokok yang menawarkan diskon atau mengizinkan anggotanya ngebon. Itu sangat menarik bagi perempuan. Di sini kita akan membicarakan dua jenis koperasi yang paling diminati saja yaitu koperasi simpan pinjam dan koperasi konsumen.

Koperasi simpan pinjam

Tidak sedikit jumlah orang yang tertarik mendirikan koperasi simpan pinjam. Danau yang disalurkan berasal dari simpanan anggota koperasi. Kalau sudah berkembang dengan baik bukan tidak mungkin Koperasi itu mendapatkan suntikan dana dari bank untuk pembiayaan koperasi. Kita bisa membuat kesepakatan dengan bank atas nama koperasi. Pada awalnya pinjaman hanya bisa diberikan kepada para anggota. Tetapi Seiring berjalannya waktu koperasi simpan pinjam juga Mulai memberikan kredit kepada pihak diluar anggota.

Jumlah bunga yang dikenakan untuk orang luar memang lebih tinggi daripada untuk anggota tetapi prosedur peminjaman nya tidak serumit di bank. Prosedur ini bisa menjadi lebih mudah kalau kredit karena sudah dikenal pengurus. Keuntungan mendirikan koperasi itu tentu adalah bagi hasilnya. Mendirikan koperasi pun memiliki resiko. Ada kemungkinan terjadi kredit macet karena dananya tidak digunakan dengan semestinya atau sebenarnya kemampuan si peminjam melunasi hutang sangat terbatas. Risiko ini bisa diminimalkan dengan pengetahuan pengurus yang memadai soal kredit dan pengawasan yang baik.

Penting dilakukan
Apabila hendak memberikan pinjaman untuk pengembangan suatu usaha kita sebagai pengurus haruslah sudah mengetahui seluk beluk bisnis yang akan didanai. Akan lebih baik lagi kalau kita punya pengalaman di bidang itu. Dengan begitu kita bisa memantau perkembangan usaha dan penggunaan kreditnya. Dengan pemasukannya selama ini apabila pebisnis itu akan mampu melunasi pinjaman? Risiko kerugian pun dapat ditekan dan diminimalkan. Jangan lupa Sebelum menyetujui permohonan seseorang kita harus terlebih dahulu melakukan cek dan Ricek informasi yang tertulis dalam formulir. Lakukan wawancara survei dan analisis.

Cari tahu bisnis yang paling berkembang di daerah operasi kita dan jenis pinjaman usaha yang paling sering dicari. Mungkin yang paling lagu adalah bisnis cengkeh atau kopi, maka bergeraklah di bidang itu.

Buatlah analisis pasar untuk mengetahui peluang dan tantangannya. Kita harus mengetahui aturan aturan yang berlaku dan prosedur penyaluran kredit suku bunga risiko dan sebagainya. Penting sekali kita menggali ilmu sebanyak-banyaknya tentang ini.

Koperasi konsumen

Koperasi semacam ini biasanya membuka toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari atau kelontong seperti sabun minyak goreng gula tepung telur dan sebagainya. Harga barang-barang di Koperasi ini relatif lebih murah dibanding di tempat lain. Tetapi dengan meluasnya jaringan pasar swalayan saat ini keberadaan koperasi penyedia kebutuhan pokok menjadi terancam. Harga yang ditawarkan di pasar pasar swalayan bisa sama murahnya atau bahkan lebih murah ketimbang di koperasi. Iya membenarkan bahwa jika dibandingkan dengan jenis koperasi yang lain jumlah Keuntungan koperasi konsumen lebih terbatas karena persaingan yang ketat. Ia membenarkan bahwa jika dibandingkan dengan jenis koperasi yang lain jumlah Keuntungan koperasi konsumen lebih terbatas karena persaingan yang ketat tetapi ia tetap mempersilakan Siapa saja yang tertarik untuk mendirikan koperasi konsumen.

Penting dilakukan:
Utamakan membuka koperasi konsumen di lokasi yang belum banyak pasar swalayannya. Supaya juga bisa bersaing kita harus menjual barang barang lain di samping barang kebutuhan pokok. Kita dapat menjual makanan alat-alat tulis buku sekolah sayur-mayur air galon isi ulang dan sebagainya. Penjualan sayur-mayur masih bagus sampai sekarang. Kita juga dapat memanfaatkan tren yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Mencari anggota

Kita harus mampu memperlihatkan kepada para calon anggota bahwa koperasi kita punya kredibilitas atau bisa dipercaya. Harus ada itikad baik dari pengurus terhadap calon anggota langkah-langkah yang bisa membantu adalah:

Memperkenalkan koperasi kita kepada orang-orang terdekat terlebih dulu contohnya tetangga teman kerabat sesama orang tua di sekolah dan lain-lain.

Buatlah laporan sederhana mengenai kondisi keuangan. Tidak apa-apa jika cakupan koperasi kita masih terbatas. Yang penting laporan itu transparan dan menunjukkan bahwa kita mengelola koperasi tersebut secara bertanggung jawab serta ada keuntungannya. Kita tidak boleh berbohong dan rajin Berikan penjelasan kepada orang-orang. Di awal pembentukan koperasi kita mesti menentukan bidang yang akan dijalani. Bidang ini sebaiknya yang berprospek.

Dengan kemenangan yang baik koperasi bisa berkembang dengan pesat. Iya berujar jangan kaget jika didatangi bank yang menawarkan kucuran dana. Ini bisa sangat bermanfaat bagi kemajuan koperasi tetapi kita harus memilah Milah tawarannya. Yang bisa saja menawarkan dana dalam jumlah sangat besar namun Apakah kita benar-benar butuh sebanyak itu? Sayang juga kan uang yang dikeluarkan untuk membayar bunganya. Apabila bekerja di sebuah perusahaan yang belum ada koperasi karyawan nya kita bisa lho mengajukan usulan kepada pimpinan untuk membuat koperasi.

Keanggotaan koperasi perusahaan ditentukan kebijakan perusahaan dan biasanya Iuran wajib yang dipotong dari gaji. Kita bisa memperkerjakan orang luar untuk mengurus tugas-tugas administrasi koperasi atau mengurusnya sendiri. Kalau mengurusnya sendiri Kita dianggap sebagai karyawan dan berhak menerima gaji meskipun jumlahnya tidak terlalu besar. Dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk mewujudkan koperasi yang kompeten dan punya kredibilitas. Yang juga penting adalah menjaga kekompakan dan persatuan diantara para anggota. Semakin banyak jumlah anggota semakin banyak pendapat yang beredar. Utamakanlah kepentingan bersama bukan kepentingan individu.

Menjaga anggota koperasi

  • Bagaimana jika kita hanya ingin menjadi anggota koperasi? Itu sah-sah saja dan sangat bisa dilakukan. Menjadi anggota koperasi juga memberi banyak keuntungan. Berikut beberapa contoh diantaranya:
  • Kita mendapat kesempatan menjual atau membeli barang atau jasa secara bersama-sama. Biayanya pun menjadi lebih murah.
  • Apabila memproduksi barang sendiri Kita akan dibantu oleh Koperasi untuk urusan pemasaran. Koperasi menerima hasil produksi kita dan menjualnya ke pasar. Dengan kerjasama itu biaya yang kita keluarkan bisa diminimalkan.
  • Untuk barang barang sembako kita bisa membelinya dengan harga lebih murah dibandingkan kalau tidak menjadi anggota.
  • Kita punya kesempatan meminjam dana dengan jumlah bunga di bawah bunga yang ditawarkan lembaga keuangan lainnya.
  • Kita mendapatkan pembagian keuntungan di akhir tahun. Apabila ingin menjadi anggota koperasi Anda sebaiknya:
  • Mencari koperasi yang jumlah simpanan pokok dan wajib nya sesuai dengan kondisi keuangan anda.
  • Menanyakan kredibilitas koperasi kepada teman atau kenalan lain yang sudah lebih dulu bergabung.
  • Mempelajari aturan-aturan yang berlaku Sebelum menjadi anggota.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment