Windows

Mengenal Semua Tab Di Task Manager Dan Fungsinya

Task Manager adalah fitur yang tersedia di sejumlah versi Windows, seperti Windows XP, Windows Vista dan versi paling baru, yaitu Windows 10. Jadi sebagai pengguna Windows, tentunya kamu tidak asing dengan fitur bawaan ini, bukan?

Meski hadir di hampir semua versi Windows, Task Manager hadir dengan tampilan dan fitur yang berbeda, terutama di Windows 8 dan 10 yang sangat berbeda jika dibandingkan Task Manager pada Windows 7 atau Windows Vista.  Begitu pun dengan Windows XP. Task Manager pada versi Windows yang dirilis di tahun 2001 tersebut memiliki beberapa perbedaan dibanding Task Manager pada versi Windows yang kami sebutkan sebelumnya.

Tab Pada Task Manager

Task Manager memiliki sejumlah tab yang menampilkan informasi yang berbeda. Beberapa tab bisa ditemukan di semua versi Windows yang memiliki Task Manager, sementara beberapa lagi hanya tersedia di Windows versi tertentu saja.

Tab Applications

Tab Applications memiliki dua kolom, yaitu kolom Task yang akan menampilkan program yang kamu buka atau jalankan dan kolom Status yang menunjukan status dari program-program tersebut. Teks Running menunjukan bahwa program berjalan dengan normal.

Processes

Di tab ini kamu bisa melihat semua progam dan aplikasi yang sedang berjalan, termasuk yang berjalan di belakang layar. Bahkan proses Windows pun bisa kita lihat di sini.

Dari tab Processes, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti melihat berapa sumber daya komputer yang digunakan oleh setiap program atau menghentikan program yang tidak berjalan dengan baik.

Services

Di tab Services akan tampak sejumlah layanan Windows yang terinstal di komputermu. Pada kolom Status, kamu akan menemukan teks Running atau Stopped yang menunjukan status dari tiap layanan.

Tab service sendiri bisa ditemukan di Windows Vista, Window 7, 8 dan 10.

Performance

Di tab Performance terdapat informasi ringkas mengenai apa yang sedang terjadi di komputermu. Di sini kamu bisa melihat penggunaan sumber daya komputer secara real-time.

Dengan membuka tab Performance, maka kamu dapat melihat berapa banyak CPU dan RAM yang digunakan, berapa kapasitas RAM dan CPU yang tersisa serta informasi penting lainnya.

Pada Windows 10, kamu akan menemukan informasi yang lebih detail terkait sejumlah hal yang dimiliki komputermu seperti kecepatan maksimal prosesor, write speed dan read speed hard disk, dan IP address komputermu.

Tab Performance ini tersedia di semua versi Windows dan mengalami peningkatan yang drastis di Windows 8 dan 10.

App History

Tab App History menunjukan penggunaan CPU dan jaringan internet dari semua aplikasi yang terdapat di Windows. Informasi yang ditampilkan dimulai dari tanggal yang terdapat di layar hingga saat ini. App History sendiri hanya tersedia di Windows 8 dan 10.

Startup

Tab Startup menampilkan setiap program yang berjalan secara otomatis saat komputer mulai masuk Windows. Terdapat pula informasi penting mengenai program-progam tersebut seperti seberapa berpengaruh satu program terhadap performa PC. Peringkatnya terbagi dari Low, Medium hingga High.

Mematikan sejumlah program di menu Startup bisa meningkatkan performa komputermu. Jadi matikan saja beberapa progam yang tidak diperlukan. Tab Startup ini hanya bisa kamu temukan di Windows 8 dan 10.

Users

Di tab User, kamu bisa melihat semua akun pengguna yang masuk ke komputer dan proses apa yang mereka jalankan. Tab ini tidak akan berguna jika kamu satu-satunya orang yang mengakses komputermu. Tab user ini terdapat di semua versi Windows.

Details

Details menampilkan semua proses yang sedang berjalan. Di tab ini tidak ada pengelompokan nama dan hal-hal yang membuat tampilan data ramah pengguna. Meski demikian, tab ini bisa sangat membantu dalam memecahkan sejumlah masalah atau mencari informasi yang tidak ditemukan di tab lain.

Tab Details hanya bisa ditemukan pada Windows 8 dan 10. Tab ini mirip dengan tab Prosesses yang terdapat di versi Windows sebelumnya.

About the author

Alvin

Leave a Comment