Info Menarik

Mengenal Trojan Keylogger. Program Berbahaya Pencuri Password

Trojan keylogger memiliki fungsi yang sesuai dengan namanya. Program tersebut memiliki kemampuan untuk mencatat tombol apapun yang kamu tekan. Ini tentu berbahaya karena keylogger dapat melacak semua huruf dan angka yang kamu ketikan, termasuk nama pengguna, kata sandi dan nomor kartu kreditmu.

Sama seperti jenis trojan lainnya, trojan keylogger bisa dipasang tanpa pemberitahuan sama sekali. Biasanya program ini akan masuk bersama aplikasi yang kamu install. Jadi hati-hati saat kamu menginstal software yang kamu download dari sumber yang tidak terpercaya.

Keylogger sendiri sebenarnya tidak selalu digunakan untuk mencuri data seperti password dan nomor kartu kredit. Sejumlah pemilik bisnis memanfaatkan program ini untuk melacak penggunaan komputer oleh karyawan mereka. Sementara itu di sisi lain, sebagian orang tua memasang keylogger untuk mengetahui aktivitas internet yang dilakukan oleh anak-anak mereka.

Secara teknis, apa yang digunakan oleh pemilik bisnis dan para orang tua tersebut bisa dianggap sebagai keylogger, namun bukan dalam artian yang negatif atau jahat.

Cara Kerja Keylogger

Keylogger akan memonitor dan mencatat setiap tombol yang kamu ketikan di keyboardmu. Kemudian program ini akan menyimpan informasi tersebut. Setelah itu, keylogger bisa membagikannya ke orang yang memasang progam tersebut, baik secara langsung ataupun diupload secara online.

Seperti yang disebutkan di atas, keylogger memiliki kemampuan untuk merekam semua yang kamu ketikan. Jadi jika kamu sering memasukan informasi penting seperti data diri, nama akun, password dan nomor kartu kredit di internet melalui keyboard yang kamu gunakan dan kebetulan komputermu telah terinfeksi oleh keylogger, maka semuanya akan dicatat di dalam progam tersebut dan siap dibagikan ke orang yang memasangnya.

Bukan hanya memasukan akun dan kata sandi di website, bahkan mengetik di Microsoft Word pun bisa dicatat oleh program tersebut. Jadi sebaiknya kamu melakukan pencegahan jika memiliki data yang cukup penting.

Beberapa jenis keylogger dapat bekerja seperti itu, yaitu merekam semua yang kamu ketik. Ada juga jenis yang lain dimana program tersebut hanya akan merekam data yang penting saja.

Bagaimana Trojan Keylogger Bisa Masuk Ke komputer?

Trojan keylogger bisa masuk dengan mudah pada komputer yang tidak diperkuat dengan antivirus. Program ini juga tidak akan kesulitan untuk menyerang komputer yang dilengkapi dengan antivirus yang dimatikan atau tidak diupdate.

Sama seperti jenis ancaman lain yang dapat menyerang komputer atau smartphone, trojan keylogger juga terus berevolusi. Versi baru dari program ini terus dihadirkan dengan strategi yang baru supaya bisa menembus pertahanan antivirus yang tidak mengenalinya.

Biasanya keylogger menempel pada software yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. Software yang terinfeksi keylogger bisa tersedia secara gratis di website tertentu sehingga pengguna merasa tertarik untuk mendownload dan menginstal software tersebut.

Jadi hati-hati, jangan mudah terpengaruh dengan tulian free download, apalagi jika file yang didownload merupakan file .exe. Periksa terlebih dahulu sumber dari software yang akan kamu download dan jangan lupa, aktifkan antivirus.

Antivirus Apa yang Bisa Mencegah Dan Menghapus Trojan Keylogger?

Saat ini banyak antivirus yang memiliki kemampuan untuk mencegah malware, termasuk trojang keylogger. Yang penting, kamu harus mengaktifkan antivirus tersebut dan membuatnya tetap update.

Jika kamu tahu bahwa komputermu telah terserang keylogger dan ingin menghapusnya. Maka kamu juga bisa melakukan pemindaian dengan program anti malware.

About the author

Alvin

Leave a Comment