Tutorial Android

Mengenal ZalTV dan Cara Penggunaannya di Perangkat Android

Alasan mengapa semakin banyak orang yang menonton IPTV atau TV internet adalah segi kepraktisannya. Bayangkan, Kamu bisa memutar tayangan TV favorit di smartphone ataupun mengubah TV biasa menjadi smart TV dengan TV Box untuk mengakses tayangan yang tidak tersedia dengan antena biasa. Nah, salah satu aplikasi pemutar IPTV populer dan gratis untuk Android adalah ZalTV.

Pada dasarnya, ZalTV adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memutar playlist IPTV. Artinya, sebelum menggunakan ZalTV kamu harus memiliki playlist saluran TV terlebih dahulu dalam format M3U. Dari mana mendapatkannya dan bagaimana cara memasangnya akan kita bahas selengkapnya dalam artikel ini.

Mencari Penyedia Playlist IPTV

Perlu diketahui bahwa ZalTV sama sekali tidak menjual playlist IPTV dalam bentuk apapun. Jadi kamu harus mencari penyedia playlist tersebut dengan cara berlangganan IPTV. Memang ada banyak playlist IPTV gratis yang beredar ada di internet, tetapi sangat jarang server yang stabil dan nyaman saat ditonton.

Jika kamu ingin membeli atau berlangganan IPTV, ada lima poin penting yang perlu diperhatikan, yaitu: jumlah saluran, harga, kualitas streaming, kompatibilitas, dan ketersediaan. Pastikan saat berlangganan kamu juga mendapat URL playlist IPTV agar bisa diputar di ZalTV.

Kelebihan ZalTV Dibanding Pemutar Lainnya

Banyak orang lebih menganjurkan ZalTV sebagai pemutar playlist IPTV ketimbang aplikasi lainnya. Tentu bukan tanpa alasan, karena ZalTV memang memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • tidak menghabiskan ruang penyimpanan,
  • relatif ringan bahkan untuk HP berspesifikasi low-end,
  • dapat memutar lebih banyak format video,
  • support kontrol menggunakan remote sehingga cocok digunakan di TV Box.

Cara Mendapatkan Kode Aktivasi ZalTV

Sebelum memasang ZalTV di perangkat Android kamu, pertama-tama kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu di situs https://zaltv.com/. Pendaftaran ini berguna untuk mengonfigurasi URL playlist IPTV yang sudah kamu beli. Setelah mengonfigurasi, maka kamu akan mendapat kode aktivasi yang nantinya harus dimasukkan ke aplikasi ZalTV. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke situs web ZalTV.
  • Klik ‘Create’, lalu pilih ‘New Test Code’.

  • Masukkan URL playlist IPTV kamu di kolom paling atas.
  • Pada bagian ‘Duration’ pilih waktu yang paling lama, yaitu ‘7 Days Test’.

  • Terakhir, klik ‘Create’ untuk mendapatkan kode aktivasi yang akan digunakan pada aplikasi ZalTV.

Jadi mengapa hanya trial selama tujuh hari? Apakah ZalTV layanan berbayar? Sebenarnya ini memang layanan berbayar, tetapi terbilang sangat murah. Untuk mengaktifkan satu kode ZalTV selama setahun, kamu hanya perlu membayar $3.65 saja atau sekitar Rp50 ribu. Bahkan kamu bisa menyesuaikan durasi aktivasinya sendiri dengan biaya hanya $0.01 per hari.

Tetapi jika ingin menggunakan ZalTV secara gratis selamanya, kamu harus rutin mengganti kode tujuh hari sekali dengan akun yang berbeda. Caranya cukup dengan mendaftar lagi menggunakan temporary email, seperti yang tersedia di situs https://temp-mail.org/.

Memasang dan Mengaktifkan ZalTV di Android

Setelah mendapatkan kode aktivasinya, sekarang saatnya untuk memasang aplikasi ZalTV di Android. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • ZalTV sempat tersedia di Google Play Store, tetapi tampaknya sekarang tidak tersedia lagi, khususnya di Indonesia. Untuk itu kamu harus mengunduhnya langsung dari tautan https://zaltv.app/ lewat peramban web.
  • Pasang APK yang telah diunduh tadi.

  • Kemudian buka aplikasi dan masukkan atau paste kode aktivasi yang didapat dari situs web ZalTV tadi.
  • Tunggu aplikasi memuat playlist dan silakan tonton saluran TV favorit kamu sepuasnya.

Tips Menggunakan ZalTV

Aplikasi ZalTV ini bisa dikontrol dengan remote jika dipasang di Android TV Box, jadi kamu tidak perlu repot menggunakan mouse untuk mengganti saluran.

Jika kamu ingin mengganti kode dengan yang baru, tekan tombol ‘Back’ di HP atau remote TV Box, lalu pilih menu ‘Settings’. Gulir ke bawah lalu ketuk ‘Reset Application’, maka saat kembali kamu akan diminta untuk memasukkan kode aktivasi baru.

Selain itu ada pula yang menyarankan supaya saat menonton IPTV dari platform apapun, sebaiknya menggunakan VPN. Saat streaming online, IP perangkat kita akan terpapar dengan mudah. Maka dari itu ISP (penyedia layanan internet), pengembang aplikasi, hacker, atau pemerintah dapat melacak aktivitas online kamu dengan mudah. Itu bisa menyebabkan masalah jika ternyata streaming yang kamu lakukan berstatus ilegal.

Maka dari itu ada baiknya kamu menggunakan VPN untuk menyembunyikan identitas asli dan mengakses media-media atau playlist yang dibatasi secara geografis. Terakhir, pastikan kamu tidak menggunakan paket internet HP biasa karena itu akan menghabiskan banyak kuota. Kamu harus punya koneksi internet kencang di rumah untuk menjamin kelancaran menonton IPTV dengan ZalTV.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment

1 Comment