TipsTrick

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri dan Dengki Kepada Orang Lain

Perasaan iri atau dengki adalah perasaan yang tidak pernah merasa senang apabila melihat orang lain memiliki kebahagiaan. Walaupun perasaan cemburu, iri dan dengki menjadi sifat yang hampir semua orang memilikinya, namun hal ini justru akan memberikan dampak yang buruk, salah satunya yaitu Anda tidak bisa mencapai hal yang Anda inginkan.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri

Menghilangkan-Sifat-Iri-dan-Dengki-Kepada-Orang-Lain

Sifat iri maupun dengki tidak memandang usia karena tidak hanya orang dewasa saja yang bisa memiliki sifat ini, namun untuk anak-anak bahkan hingga balita pun juga memiliki sifat iri, dengki maupun cemburu. Hal ini dapat terjadi karena adanya pengaruh gaya hidup yang buruk.

Cara Mengatasi Rasa Iri dan Dengki

Meskipun rasa iri dan dengki bukanlah suatu masalah yang besar, akan tetapi sifat tersebut berhubungan erat pada masalah diri sendiri yang ada dalam hati setiap orang. Apabila Anda memiliki sifat iri dan dengki, sebaiknya segera diatasi supaya tidak merugikan diri Anda sendiri maupun orang lain. Untuk cara yang bisa Anda lakukan sebenarnya sangat mudah namun membutuhkan niat dan tekad yang tinggi.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

1. Selalu syukuri apa yang Anda miliki

Rasa syukur yang tidak tertanam dalam diri Anda terkadang menimbulkan rasa iri terhadap orang lain. Ada banyak rasa syukur yang bisa Anda lakukan dimulai dari hal-hal yang kecil. Dengan rasa syukur inilah Anda akan terhindar dari rasa iri, dengki maupun cemburu. Karena rasa syukur akan membuat Anda merasa selalu berkecukupan.

2. Ubahlah pola pikir

Apabila Anda mengubah pola pikir dengan mengisi pikiran dan otak pada hal-hal yang positif maka akan menjadikan pikiran Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Cobalah untuk terus berpikir positif kepada orang lain dan hindari pikiran negatif agar tidak memunculkan rasa iri, dengki maupun cemburu.

3. Terima kenyataan yang ada

Apapun kenyataan yang Anda hadapi harus menerimanya dengan lapang dada. Jangan pernah sekalipun terobsesi terhadap hal-hal yang menjadikan diri Anda merasa emosi, sehingga tidak bisa mengontrol perasaan dalam hati. Apabila Anda memiliki sifat tidak dapat menerima kenyataan maka dapat memunculkan rasa iri, dengki dan cemburu kepada orang lain.

4. Melakukan hal positif

Sifat iri dan dengki merupakan perasaan yang tidak baik sehingga harus dihindari sesegera mungkin. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan beberapa hal yang positif. Lihatlah hal-hal positif pada diri orang lain, misalnya ada teman Anda yang sukses, maka berpikirlah positif dan hindari perasaan negatif.

5. Selalu berpikir logis

Dengan berpikir secara logis, maka Anda bisa membuat perasaan lebih tenang dan damai, sehingga perasaan iri dan dengki terhadap orang lain tidak akan tertanam pada diri kita. Meskipun pepatah mengatakan bahwa rumput tetangga terlihat lebih hijau, namun dengan berpikir logis dapat dijadikan sebagai langkah terbaik untuk menghindari iri dan dengki.

6. Buatlah diri Anda sibuk dengan urusan sendiri

Menyibukkan diri dengan urusan Anda sendiri tentu akan membuat Anda tidak sempat memikirkan orang lain. Dengan perasaan yang tidak ikut campur dalam urusan orang lain, maka secara tidak langsung akan membuat Anda terhindar dari iri dan dengki. Membiasakan hidup dengan tidak mengomentari kehidupan orang lain akan jauh lebih membuat Anda hidup dengan nyaman.

Baca Juga : 8 Cara Melatih Diri Agar Tidak Malas

Meskipun sifat iri dan dengki menjadi sifat yang lumrah dimiliki oleh manusia, Namun ternyata dibalik dari hal yang wajar tersebut kedua sifat tersebut dapat merugikan diri sendiri atau bahkan menjadikan Anda tidak mampu menggapai apapun yang ingin anda raih.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment