TipsTrick

Pembuatan Konsep Kerangka Karangan 5w + 1h

Belum Ada Rating.

Cara menulis dan menyusun kerangka karangan melalui metode 5w+1h. Hai sobat jagoan pembuatan konsep kerangka karangan akan langsung admin praktekan pada tulisan ini. Jadi biar temen temen langsung paham akan penerapan konsep ini didalam mengembangkan sebuah judul atau tema. Bagi temen temen sekalian yang baru saja kenal dengan blog ini admin sangat menyarankan sekali untuk membaca postingan admin yang bertemakan tentang tulisan .banyak sekali yang sudah admin bahas mengenai teknik, cara, langkah, maupun strategi ampuh, cepat dan berkualitas dalam menulis. Kalian bisa membacanya nanti setelah usai membaca artikel yang satu ini. Admin letakan dulu linknya dibawah ini.

Baca Artikel : Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly
Baca Artikel : Tips Cara Menulis Artikel Blogger Dengan Cepat
Baca Artikel : Tips mudah menulis artikel yang berkualitas cocok untuk pemula
Baca Artikel : 2 Cara Ampuh Menulis Kalimat Pembuka Paragraf Awal Artikel Blog

Konsep Kerangka Karangan 5w + 1h

Oke teman teman sekalian mari kita lanjutkan. Kerangka konsep 5w+1h ini pasti kalian sudah pernah mempelajarinya dibangku sekolah. Terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bagi kalian yang lupa tentang penerapannya akan admin ulas kembali khusus pada postingan ini saja yang admin tanamkan rumus 5w+1h. Untuk rumus 5w+1h pada artikel ini akan admin buat menjadi seperti ini :

1. What = Apa.

Apa saja rumus yang terkandung didalam 5W+1H

2. Who = siapa 

Siapa pencetus pertama kali teori 5w+1h.

3. Where = dimana

Dimana waktu yang tepat untuk menerapkan rumus 5w+1h.

4. When = kapan.

Kapan rumus 5w+1h masuk ke mata pelajaran bahasa Indonesia.q

5. Why = mengapa.

Mengapa dalam mengarang harus menggunakan teori 5w+1h.

6. How = bagaimana

Bagaimana cara mengarang menggunakan teori 5w+1h yang benar.

Oke sekarang lihat cara mengarang menggunakan teori 5w+1h.

Pembuatan Konsep Kerangka Karangan 5w + 1h

Apa saja rumus yang terkandung didalam 5W+1H? Jika dijabarkan dengan lebih rinci lagi maka konsep tersebut akan menjadi seperti ini

A. What = Apa 
Biasanya merujuk kepada pertanyaan mengenai isi sebuah tema atau judul yang nantinya akan kita ambil,bisa menjelaskan maksud, tujuan ataupun latar belakang masalah. Biasanya pertanyaan apa digunakan untuk mengulas apa yang akan kita bahas.jadi bisa dibilang konsep “apa” ini merupakan gagasan utama tentang pokok permasalahan.

B. Who = siapa
Who atau siapa ini biasa menjelaskan tentang keterangan objek yang ada didalam judul karangan .bisa mengaitkannya dengan tokoh terkenal, ilmuan atau bahkan bisa kita kaitkan dengan orang orang terdekat disekitar kita, bahkan bisa diri kalian sendiri. pokoknya pada poin konsep “siapa” ini adalah kata yang merujuk kepada objek.

C. Where = dimana 
Where atau dimana ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keterangan tempat kejadian atau peristiwa. Misalnya seperti menerangkan tempat seperti daerah, negara, kota atau dalam situasi dan kondisi tertentu. Bisa juga “dimana” ini kita kaitkan dengan kejadian yang ada pada tema yang sedang diangkat.

D. When = kapan.
When atau kapan ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu, bisa pada hari ini esok dan waktu berikutnya. Biasanya konsep tentang when ini. Dalam mengarang when atau kapan ini sangat sedikit sekali dimasukan kedalam konsep karangan yang padat. Karena digunakan hanya sesekali saja.

E. Why = mengapa
Why atau mengapa ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keterangan yang merujuk kepada alasan. Bisa itu kesimpulan , pertanyaan ,pernyataan , ataupun sanggahan.

F. How = bagaimana.
How atau bagaimana ini biasanya digunakan untuk menjelaskan jalan keluar, bagaimana., Solusi ataupun jawaban .

Setelah memahami maksud dari penjelasan diatas ada baiknya sedikit saya memberitahukan asal usul munculnya teori 5w+1h ini.

Siapa pencetus pertama kali teori 5w+1h.? Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang sastrawan yang terkenal, nama panggilan Rudyard Kipling. Nama lengkapnya adalah Joseph Rudyard kipling.  ia berkebangsaan Inggris .Rudyard Kipling merupakan salah satu orang termuda yang pernah mendapat kan penghargaan Nobel kesusastraan. Pada usianya yang genap 42 tahun. Di tahun. 1907. Ia lahir pada tanggal 30 Desember 1865 dan tutup usia pada tahun 1936.Sejak lahirnya rumus kuno 5w+1h ini banyak sekali yang terbantu meski konsep yang ditawarkan tergolong sederhana.

Nah jika kalian penasaran sebenarnya Dimana tempat yang tepat untuk menerapkan rumus 5w+1h ini ? Harus kalian akui dijaman era modern yang serba digital ini, sedikit banyak ada beberapa tulisan yang secara sengaja atau tidak sengaja pernah kalian baca. Mungkin jika ditelaah kalian pasti bingung, bagaimana bahasa berita yang disampaikan didalamnya sangat mudah sekali diterima oleh khalayak banyak. Disinilah strategi Rumus kuno disisipkan.  inilah yang kemudian banyak sekali ditetapkan sebagai standard dalam menyusun sebuah karya ilmiah , cerita fiksi , novel,berita maupun pengarang sastra.

Kapan rumus 5w+1h masuk ke mata pelajaran bahasa Indonesia. Sejak diterbitkannya rumus tersebut oleh rudyard kipling banyak sekali tokoh tokoh sastra ditanah air mulai menggunakan strategi ini untuk membuat karya fiksi dan karya sastra. Dampak yang ditimbulkan dari baiknya struktur dalam sebuah karangan maka diterapkan juga saat kita mempelajari bahasa Indonesia khususnya pada saat tema atau pelatihan membuat karya sastra.

Mengapa dalam mengarang harus menggunakan teori 5w+1h. Sebenarnya mengarang ini tidak perlu menggunakan rumus ini, kalian bisa bebas bereksplor lebih dalam lagi tentang mengarang, adanya rumus ini adalah untuk membuat tulisan kalian lebih terstruktur dan enak dibaca, tidak acak acakan apalagi terbalik. Pernahkah kalian membaca berita karya fiksi maupun novel , pasti salah satu novel kesukaan kalian itu mengerti tentang jalan cerita dan kondisi yang disampaikannya. Ini merupakan salah satu strategi dari rumus ini, membuat audiens lebih mudah mengerti keadaan tulisan yang disampaikan.

Bagaimana cara mengarang menggunakan teori 5w+1h yang benar ? Setelah kalian berpanjang lebar membaca artikel ini, yang sedang admin buat ini adalah cara mengarang menggunakan teori rumus kuno rudyard kipling ini. Hehee.

Oke sobat bacaan diatas merupakan salah satu tentang pembuatan konsep rumusan 5w1h so buat temen teman semoga paham dengan contoh yang sudah admin paparkan diatas.tamoaknya sampai disini saja perjumpaan kita pada hari ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment