Info Menarik Tutorial Blog

Pengalaman Migrasi HTTP Ke HTTPS (Blogger)

Belum Ada Rating.

Migrasi http ke https adalah proses yang mengerikan. Ada beberapa dampak baik dan dampak buruk yang harus dipertimbangkan secara matang dan keputusan yang baik. Sebab ada beberapa blogger yang sudah terlanjur menggunakan protokol http diawal. Sehingga memutuskan untuk beralih ke https agar lebih aman dan terhindar dari virus di internet. Dahulu jujur saja blog ini awalnya menggunakan protokol http. Setelah melakukan beberapa pertimbangan yang matang. Saya memutuskan untuk migrasi http ke https pada platform blogger. Kali ini saya akan menceritakan sedikit Pengalaman Migrasi HTTP Ke HTTPS (Blogger). Semoga bisa membantu agan agan sekalian sebagai referensi.

Jauh sebelum sekarang ini, Https sudah dapat gratis digunakan untuk semua yang menggunakan platform blogger. Sangat disarankan sekali agar situs atau blog menggunakan protokol https ini. Karena ada beberapa keuntungan ketika kamu mengupgrade http menjadi https. Mulai dari keamanan situs maupun menghindari malware yang akan merusak blog kamu kedepannya.

Pengalaman Migrasi HTTP Ke HTTPS (Blogger)

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Untuk sekarang ini mungkin sudah tidak digunakan lagi. Karena Setiap membuat blog baru biasanya sudah gratis HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Dan ada beberapa kekurangan dan kelebihan tersendiri menurut saya. Di sisi lain konon katanya http ini bisa meningkatkan SERP di mata google. Tetapi saya pribadi berpandang sama saja. Dan saya sendiri sebelumnya sudah pernah mencoba di keduanya.

Memang Terbukti bahwa https selalu unggul. Karena menggunakan sertifikat keamanan website atau blog yang memungkin blog tersebut aman dari virus sejenis malware di internet. Untuk menghindari hal tersebut. Terkadang setiap orang berkeputusan untuk mengupgrade domainnya menjadi protokol jaringan https.

Lalu, Dibalik keunggulannya tersebut. Jika memang betul kalian ingin migrasi ke https. Bacalah dengan seksama apa apa saja kerugian serta keuntungannya mengganti https.

Dampak Mengganti Dari HTTP Ke HTTPS di Blogger

Setelah mengganti ada beberapa dampak baik dan juga dampak buruk setelahnya. Jadi silahkan dipikir pikir terlebih dahulu ketika memang ingin mengganti http ke https. Dan beberapa dampak ini real (Asli) Berdasarkan pengalaman pribadi saya di blog ini. Mungkin bisa membantu agan sekalian yang sedang bingung mencari referensi migrasi http ke https. Berikut ulasan lengkap dari admin jagoankode. Baca dengan seksama dan dipahami ya.

1. Trafik Blog Turun Sementara

Mengganti protokol tidak semudah dan seinstant yang kita pikir. Dampak utamanya setelah mengganti protokol https adalah trafik pengunjung (Visitor) Blog turun secara drastis. Sekitar 30% Pengunjung organik akan hilang sementara. Ini berlaku untuk teman teman yang memang mengerti alur dan tata cara mengganti protokol https.

Disisi Buruknya :Jika cara migrasinya dilakukan secara sembarangan. Lebih besar kemungkinan pengunjung tidak akan balik lagi.

Disisi Baiknya :
Jika prosedurnya dilakukan dengan benar. Maka Kemungkinan Pengunjung akan Normal Kembali. Tetapi membutuhkan waktu sekitar 3 bulan maksimal. Bahkan bisa bertambah pengunjung blognya lebih banyak dari sebelumnya.

Satu satunya cara untuk mengembalikan trafik ialah dengan membuat konten setiap harinya. Mudah mudahan bisa kembali.

Baca Tipsnya Disini : Cara Agar Blog Ramai Pengunjung

Mungkin untuk tutorial cara migrasi dari http ke https akan saya bahas dilain hari karena agak panjang menjelaskannya.

2. Index Ulang Semua Artikel

Mengindex ulang semua artikel adalah hal yang pasti dialami setiap blogger ketika mengupgrade artikel dari http ke https. Jadi kalau masalah rangking – pun akan berubah ubah juga. Bisa lebih baik lagi dan bisa juga merosot lebih dari sebelumnya.

Kamu perlu Upload Sitemap ulang ke google search console. Untuk penggunaan Webmaster Lama Silahkan Baca Link Dibawah Ini.

Baca Disini : Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing Webmaster

Jika menggunakan webmaster baru. Silahkan menghapus properti yang lama dan membuat properti baru menggunakan protokol https. Lalu Upload Sitemap Ulang Dan Ikuti Prosedur sesuai dengan instruksi orang yang lebih berpengalaman.

3. Dapat Mempengaruhi Rangking SERP Google

Ketika Mengupgrade https pasti akan berubah ubah lagi rangking SERP (Search Engine Result Page) di Google. Walau ini sangat mengkhawatirkan, Dahulu saya sudah memutuskan untuk migrasi ke https dengan nekat. Dan benar ada beberapa artikel saya jadi naik peringkat dan ada juga beberapa yang hilang total sekaligus turun serp.

Poin ini dapat mempengaruhi pengunjung juga dalam mendapatkan visitor perharinya. Saran saya kalau kalian belum siap menghadapi konsekuensi yang pasti ini. Jangan lakukan upgrade https kalau belum yakin dan mempelajarinya.

Kalau dahulu, Mengganti HTTPS Dapat mempengaruhi rangking alexa. Alias ulang lagi rangkingnya. Tetapi seiring berjalannya waktu pasti akan balik lagi ke atas. Dalam catatan jika kamu rajin dalam mengupdate konten unik dan berkualitas.

Baca Juga disini mengenai : Cara Mengetahui Ranking Blog Di Alexa

Kesimpulan

Bacalah beberapa referensi blog lain juga. Karena pasti anda tidak mungkin membaca hanya di satu sisi saja. Poin utama diatas merupakan poin pokok yang pasti akan kamu alami ketika mengganti https. Silahkan pertimbangkan dengan baik dan tanya juga kawan kalian yang lebih berpengalaman. Apakah sama dengan yang saya rasakan ketika migrasi ke https ?. Kemungkinan pasti akan sama. Oke saya admin jagoankode pamit dulu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment