Windows

Pengertian, jenis dan kegunaan jaringan komputer

Bicara tentang jaringan komputer , pernahkah selama ini anda menggunakannya ? , mungkin bagi yang belum pernah menggunakannya pasti sulit dalam hal berbagi data atau sharing file banyak sekali kegunaan dari jaringan komputer ini, sebelum mengenalnya anda wajib membaca beberapa artikel dari jaringan komputer ini.

1. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi , sehingga dapat berbagi data, informasi, program aplikasi, dan perangkat keras seperti printer, scanner, cd drive ataupun hardisk, serta memungkinkan untuk berkomunikasi secara elektronik.

Adapun sejumlah potensi atau kegunaan dari jaringan komputer, antara lain :

1. Mengintegrasikan dan berbagi pakai 

peralatan komputer berbagai merek, yang semula tersebar di berbagai ruangan , unit, dan departement sehingga meningkatkan efektivitas dari penggunaan sumber daya tersebut.

2. Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antara pemakai komputer. Selain itu tersedia aplikasi teleconference yang memungkinkan dilakukannya rapat atau pertemuan tanpa harus meninggalkan meja kerja.

3. Mengintegrasikan data

Jaringan pada komputer diperlukan untuk mengintegrasikan data antar komputer komputer client sehingga dapat diperoleh suatu data yang relevan.

4. Perlindungan data dan informasi

Jaringan komputer memudahkan upaya perlindungan data yang terpusat pada server, melalui pengaturan hak akses dari para pemakai serta penerapan sistem password.

5. Sistem terdistribusi

Jaringan komputer dimanfaatkan pula untuk mendistribusikan proses dan aplikasi sehingga dapat mengurangi terjadinya bottleneck atau tumpukan pekerjaan pada satu bagian.

6. Keteraturan aliran informasi

Jaringan komputer mampu mengalirkan data data komputer client dengan cepat untuk diintegrasikan dalam komputer server. Selain itu, jaringan mampu untuk mendistribusikan informasi secara kontiniu kepada pihak pihak yang terkait yang membutuhkannya.

2. Jenis Jenis Jaringan

Jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan luas area yang dapat dijangkau atau dilayani. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi tiga jrnis , yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).

1. Local Area Network (LAN)

Lan adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah kangor pada sebuah gedung atau tiap tiap ruangan yang ada di sekolah

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Sebuah Man, biasanya meliputi area yang lebih besar dari Lan, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan Man menghubungkan beberapa buah jaringan jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh jaringan kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

3. Wide Area Networm (WAN)

Sebuah WAN adalah jaringan yang ruang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit, wireless, ataupun kabel fiber optic WAN. Memiliki jaringan yang lebih luas hingga wilayah otoritas negara lain, menggunakan sarana wan, sebuah perusahaan yang ada di indonesia bisa menghubungkan kantor pusatnya yang ada di jepang hanya dalam waktu beberapa menit.

3. Komponen Jaringan

1. Kabel

Setiap kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda, beberapa jenis kabel yang menjadi standart dalam penggunaan untuk berkomunikasi data dalam jaringan komputer

1. Coaxial Cable

Jenis kabel dengan inti tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus tembaga lain, diantaranya terdapat isolator dikenal dua jenis tipe coaxial cable untuk jaringan komputer, yaitu thick coax cable (berdiameter lumayan besar) dan thin coax kabel (berdiameter lebih kecil). Untuk perangkat jaringan, kabel jenis coaxial yang dipakai adalah kabel RG-58. Jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet. Setiap perangkat dihubungkan dengan konektor BNC-T

2. Twisted Pair Cable

Ethernet juga dapat menggunakan jenis kabel lain, yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Kabel Utp dan stp pada umumnya diapakai adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilih terdapat tipe penyambungan kabel jenis UTP, yaitu straight throught cable ,dan crossover cable ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router, yaitu roll over cable, perbedaannya, stright cable dipakai untuk menghubungkan beberapa unit komputet mrlalui perantara konsentrator atau hub switch maupun repeter, sedangkan crossover cable digunakan untuk media komunikasi antara komputer tanpa hub atau switch atau dalam kasus tertentu berguna untuk mengubungkan hub ke hub

Adapun cara cara pemasangan kabel utp atau urutan warna kabelnya :

Untuk kabel stright :

  • Hijau- putih
  • Hijau
  • Oranye-putih
  • Biru 
  • Biru-putih
  • Oranye
  • Coklat-putih
  • Coklat

Untuk urutan kabel cross :

  • Oranye putih
  • Oranye 
  • Hijau putih
  • Biru 
  • Putih biru
  • Hijau
  • Putih coklat
  • Coklat

3. Fiber optic cable 

Merupakan kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal. Sering diapakai sebagai saluran backbone karena kehandalannga yang tinggi dibandingkan dengan kabel coaxial cable atau cable uto

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment