Tutorial Perbankan

Pengertian Mobile Banking, Apa Itu M-Banking dan Manfaatnya

Jagoan Kode – Dunia perbankan memang memiliki pengaruh yang sangat besar di masyarakat, banyak sekali orang yang menggunakan media bank di aktivitas kesehariannya. Hal inilah yang menyebabkan perbankan terus menambah fitur-fitur baru untuk mempermudah para nasabahnya, salah satu fitur tersebut ialah Mobile banking.

Pengertian M-Banking

Mobile banking merupakan salah satu fitur yang diberikan bank untuk mempermudah transaksi, dimana kamu bisa bertransaksi bank hanya dengan melalui media handphone saja. Adanya mobile banking membuat segala transaksi menjadi lebih mudah dan juga cepat, apalagi ia bisa digunakan selama 24 jam non stop. Umumnya fitur yang satu ini menawarkan manfaat yang sangat besar, mula i dari kemudahan bertransaksi, dapat digunakan secara real time, hingga keamanan yang terjamin. Untuk mengaktifkan fitur tersebut kamu bisa melakukan aktivasi melalui bank pusat yang ada di daerah kamu.

Manfaat M-Banking

1 Mengetahui Informasi Rekening Maupun Kartu Kredit

Manfaat utama yang disediakan M-banking ialah seputar informasi rekening, disini kamu bisa melihat saldo bank, mutasi terakhir, informasi data, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini akan sangat membantu bila kamu menggunakan bank sebagai partner bisnis yang dijalankan, dikarenakan kamu kini bisa melihat saldo tanpa perlu datang ke ATM ataupun kantor cabang. Selain itu bagi kamu yang memiliki kartu kredit juga bisa menggunakan M-banking ini, hanya dengan melalui smartphone saja kamu sudah bisa melihat transaksi ataupun kredit dari kartu kredit yang kamu miliki tersebut.

2 Transfer Dana dengan Mudah Melalui M-Banking

Manfaat yang tak kalah menarik lainnya adalah kemudahan melakukan transaksi, seperti pada ATM fitur M-banking juga mampu melakukan transfer dana ke berbagai jenis bank lainnya. Tak heran kini penggunaan mobile banking lebih disukai dari pada menggunakan ATM. Apalagi pengaktifan serta penggunaan M-banking bisa dirasakan oleh semua n asabah secara gratis, tidak ada biaya aktivasi ataupun biaya bulanan. Kamu baru akan dikenakan tarif saat melakukan transaksi, yaitu sebesar Rp.250 untuk sesama bank BRI dan Rp.6.500 untuk transfer ke bank lain.

3 Dapat Melakukan Berbagai Macam Pembayaran

Fitur unggulan lainnya yang ada di M-banking ialah sistem pembayaran, pembayaran tersebut meliputi tagihan listrik, kartu kredit, e-commerce, PDAM, asuransi, dan masih banyak lagi lainnya. Hadirnya fitur tersebut membuat kamu semakin mudah untuk melakukan transaksi tagihan-tagihan tersebut. Bahkan dalam M-banking kini telah hadir sistem tarik tunai, dimana kamu akan diberi sejumlah kode yang bisa digunakan untuk mengambil uang melalui ATM. Manfaat ini bisa kamu gunakan apabila lupa membawa kartu ATM ataupun kartu kredit. Sama halnya dengan mesin ATM fitur M-banking juga bisa digunakan secara real time, uniknya sistem ini bisa anda jangkau di manapun asalkan terdapat jaringan data. Hal ini tentu saja lebih efektif dan efisien dari pada menggunakan mesin ATM. Dengan koneksi internet yang rendah sekalipun, kamu tetap bisa menggunakan sistem M-banking secara lancar. Mengingat sistem ini tidak terlalu memakan banyak data, sehingga sangat mudah dan juga ringan untuk digunakan pada berbagai jenis smartphone sekalipun. M-banking memang memiliki manfaat yang sangat besar di dunia perbankan, selain mudah dan simpel sistem tersebut juga bisa digunakan secara fleksibel. Tentu saja bagi kamu yang sering menggunakan bank untuk memenuhi berbagai kebutuhan, maka mengaktifkan M-banking bisa menjadi pilihan tepat.

About the author

Nurdiansyah Nurdin

Leave a Comment