Keluarga

Pentingnya Komunikasi Antara Anak dan Orang Tua

Orang tua terkadang harus memperhatikan beberapa point penting mengenai perkembangan anak anaknya. Jangan meremehkan hal kecil yang kadang bisa membawa dampak yang besar bagi anak kita. Didikan orang tua membantu mengarahkan anak dalam berperilaku positif. Seperti halnya dalam berkomunikasi. Terkadang orang tua masih saja meremehkan saat memulai percakapan dengan anak. Bahkan beberapa orang tua terkesan tidak pernah peduli bahkan tidak membuang buang waktu untuk berbicara kepada anak-anaknya.

Baca Juga : Cara Memberi Efek Jera Pada Anak

Ketidakseimbangan antara ketidakdewasaan emosional dan penalaran antara orangtua dan anak ternyata dapat membuat anak dapat merusak hubungan anak dan orangtua. Cara berkomunikasi yang salah dapat membuat anak menjadi pemberontak dan kasar atau dingin dan menarik diri. Orang tua juga perlu menyesuaikan komunikasi mereka untuk tetap harmoni dengan sang anak.

Baca Juga : Cara Tepat Mengenali Fase Perkembangan Anak

Mendengarkan dan berbicara adalah kunci hubungan yang sehat antara Anda dan anak-anak Anda. Tetapi mengasuh anak adalah kerja keras dan mempertahankan hubungan yang baik dengan anak yang sudah beranjak remaja dapat menjadi tantangan, terutama karena orang tua menghadapi banyak tekanan lain. Namun menjaga komunikasi tetaplah penting, apa alasannya?

Baca Juga : Cara Meluangkan Waktu Yang Sempit Bersama Anak

Alasan Mengapa Menjaga Komunikasi antara Anak dan Orangtua itu Penting

Pentingnya-Komunikasi-Antara-Anak-dan-Orang-Tua

Terkadang Anda mungkin merasa sulit untuk membicarakan dan menyelesaikan masalah dengan anak Anda begitu juga sebaliknya, anak Anda mungkin merasa bahwa mereka tidak mendapat perhatian Anda. Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi orangtua dan anak untuk bisa menjaga komunikasi.

1. Bisa meningkatkan semangat belajar sang anak

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa komunikasi yang positif antara anak dan orang tua dan bisa membantu meningkatkan semangat belajar sang anak. Sebagai panutan terhebat anak Anda, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui sekolah anak Anda daripada duduk dan membiarkan guru menangani semuanya.

Anak Anda perlu melihat bahwa Anda, sebagai orang tua mereka mengerti bagaimana cara sang anak berusaha mengenyam pendidikan mereka. Namun pastikan cara ini tidak diterjemahkan sebagai penekanan pada sang anak agar harus menjadi yang utama atau menjadi yang teratas di kelas. Anda hanya perlu mengetahui dan memantau bagaimana sekolah anak Anda dengan baik.

2. Bisa mengetahui masalah yang terjadi pada anak

Anda adalah pakar tentang anak Anda. Anda tahu apa yang merangsang, membosankan dan menarik minat mereka, apa yang mereka kuasai dan apa yang mereka perjuangkan. Anda tahu gaya belajar anak Anda dan Anda juga tahu jika ada masalah lain yang terjadi yang mungkin mempengaruhi pembelajaran mereka di sekolah atau di kehidupannya.

Jadi komunikasi yang baik antara anak dan orangtua sangat penting untuk memastikan sang anak tidak memiliki masalah di sekolah ataupun kehidupan mereka. Dengan memahami sang anak, maka orangtua dapat mengetahui solusi apa yang bisa diberikan untuk menyesuaikan masalah yang dimiliki oleh sang anak.

3. Menguatkan hubungan anak dan orangtua

Orang tua mana yang suka menjalin hubungan yang buruk dengan anaknya? Tidak ada satupun orang tua di dunia ini yang mengharapkan hubungan buruk untuk ia dan anaknya. Orang tua pasti mengharapkan hubungan yang harmonis dan hubungan itu bisa didapatkan selama komunikasi itu tejaga dengan baik.

Dalam setiap interaksi antara anak dengan orang tua, salah satu tujuan komunikasi adalah memperkuat hubungan anak dan orangtua. Anda sebagai orang tua akan lebih mungkin mencapai tujuan ini jika Anda secara konsisten berbicara dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang.

Sebaliknya untuk sang anak, tujuan mencapai hubungan harmonis akan terwujud jika seorang anak bisa berkomunikasi dengan cara yang baik jelas, penuh hormat, dan penuh kelembutan. Cobalah untuk memahami perspektif orang tua, bahkan jika Anda tidak setuju dengan apa yang mereka katakan.

Baca Juga : Cara Agar Anak Sukses Disekolah

Banyak sekali para orang tua yang pada akhirnya gagal dalam mendidik anak anaknya. Terbukti dari kelakuan serta anaknya yang sering membuat masalah. Bahkan terkadang sampai membuat malu para orangtua. Tanyakan kepada anak-anak Anda apa yang mungkin mereka inginkan atau butuhkan dari Anda dalam sebuah komunikasi, seperti nasihat, hanya mendengarkan, membantu dalam mengatasi perasaan atau membantu memecahkan masalah. Ya, karena menjaga komunikasi itu sangat penting.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment