Android Internet TipsTrick

Penyebab Akun Instagram Yang Follow Sendiri

Kenapa akun Instagram saya follow orang sendiri apa penyebab dan penjelasan bagaimana kok bisa seperti itu. Halo sobat blogger bertemu lagi dengan admin jagoan kode. Nah pada kesempatan kali ini admin akan coba membagikan sedikit trik untuk cara mengatasi Instagram kita yang kadang memfollow sendiri orang yang ga kita kenal. Sebelum kita masuk pada topik pembahasan ada baiknya terlebih dahulu kita memahami penyebab dan alasan kenapa akun Instagram anda tiba tiba memfollow orang sendiri. Padahal anda sendiri tidak pernah memfollow orang tersebut.

Penyebab kenapa akun Instagram saya bisa memfollow orang sendiri.

Penyebab Akun Instagram Yang Follow Sendiri
Instagram Yang Tiba Tiba Follow Sendiri

Mungkin Anda bingung mengenai hal ini. Anda mungkin bertanya tanya apakah akun ig saya dihack orang orang lain. Tanda tandanya berada pada saat teman teman membuka Instagram. Disitu anda lihat nilai followingnya lebih besar dibandingkan nilai followersnya.. atau dengan kata lain setiap hari ada saja orang yang kita follow .padahal anda sendiri tidak pernah memfollow orang tersebut.

Kesal pastinya. Anda pasti berprasangka bahwa akun Instagram yg anda punya telah dibuka oleh seseorang. Namun kita pasti bingung siapakah gerangan yg main Instagram saya . Padahal tidak ada satupun orang yang mengetahui username email dan password Ig akun yang kita miliki.

Baca Artikel : Cara Memperbanyak Like Di Instagram Terbukti 100% WORK !!

Dari sini tampak jelas. Pertanyaan ini mengacu pada Instagram yang sudah diambil alih oleh orang lain. Yaap memang seperti itulah kenyataannya namun anda haruslah mengetahui pola bagaimana seseorang bisa mempunyai hak akses masuk/login ke Ig anda. Sedangkan kita yakin tak ada satupun orang yang mengetahui username dan password akun ig kita.

Beginilah polanya

Anda harus tau.. tanpa username dan password pun kita tetap dapat login kedalam akun Instagram kita. Lho kok bisa bagaimana caranya ?? 

Dengan access token. 

Seluruh akun Instagram memiliki yang namanya access token. Fungsi access token ini sama hal nya dengan fungsi hak akses terhadap suatu akun, nah jadi jika access token sudah didapatkan. Maka itu sama saja dengan anda sudah mengetahui username dan password sebuah Instagram.

Access token umumnya terbagi menjadi dua :

  • Access token expired ( ada periode dan masa validnya )
  • Access token permanen (Tidak ada batasan waktu )

Access token expired

Access token type ini memiliki masa tenggat waktu. Dulu yang saya ketahui sebelum perubahan algoritma Instagram bisa digunakan selama satu bulan. Ga tau kalau algoritma yang sekarang . Access token jenis ini tidak akan berlaku apabila masanya sudah habis. Dengan kata lain kita harus mendapatkan atau menggenerate access token baru lagi jika ingin menggunakannya.

Access token permanen 

Access token jenis ini sangat sulit untuk didapatkan..token jenis ini biasanya banyak digunakan web web developer berbasis perusahaan yang besar. Biasanya access token ini dibeli langsung kepada pihak Instagram. Proses nya pun sangatlah rumit. Perusahaan besar tersebut biasanya harus menjalin kerjasama dengan pihak Instagram. Barulah akan mendapatkan lisensinya yang permanen.

Saya katakan sulit diatas bukan berarti tidak bisa didapatkan. Banyak orang orang hebat yang bahkan mengetahui cara apa saja untuk mendapatkan hak akses di Ig anda. Ingat ungkapan diatas langit masih ada langit. Beginilah cara kerja sistem dunia teknologi yang serba canggih ini. Apapun bisa terjadi. Untuk itu berhati hatilah dalam menggunakan social media yang anda punya. Jangan sampai tergiur pada ajakan yang pada akhirnya menyesatkan anda.

Kenapa harus ada access token ?

Mungkin bagi anda yang awam tentang dunia IT mungkin pasti akan berpikiran kenapa sih harus ada access token. Kenapa ga dibuat aja hak akses cuman username dan password.

Sosial media dibuat untuk satu tujuan memudahkan semua keperluan. Keperluan disini bukan hanya untuk keperluan user saja. Melainkan keperluan pengembangan web aplikasi dan lain lain juga mesti diperhatikan. Itulah mengapa access token di Instagram bisa terlahir. Jadi disini bisa kita simpulkan bahwa username dan password diciptakan untuk keperluan semua user Instagram diseluruh penjuru dunia . Dan access token diciptakan untuk keperluan para pengembang atau developer web.

Kedua duanya tersebut merupakan tiket atau hak akses untuk memasuki atau login kesebuah akun Instagram yang anda punya.

Dari manakah mereka mendapatkan access token Instagram saya ?

Mungkin Anda bingung dan mulai bertanya tanya. Bagaimana cara mereka mendapatkan access token Instagram saya. Berikut akan saya paparkan 3 cara mengambil access token sosial media yang anda punya.

1. Caranya sangat mudah sekali. Dengan mengirimkan sebuah link kepada anda lalu pada saat link tersebut diakses melalui Instagram yang sedang login maka booom secara sekejap access token anda sudah didapatkan.

2. Pernahkan anda mendownload aplikasi ? Yap pasti anda pernah menjumpai aplikasi yang minta register dahulu baru aplikasinya bisa dipakai.karna Aplikasi tersebut merupakan aplikasi favorit. Atau aplikasi yang benar benar sangat anda perlukan. Mau tidak mau kita harus mendaftarkan diri. Mengisi identitas. Atau jika anda ga mau repot anda bisa daftar dengan Facebook atau akun Instagram anda. Pada pendaftaran itulah proses penjaringan access token dimulai.

3. Teknik hacking. Cara ini saya juga tidak tahu persis. Bagaimana cara mendapatkannya. Tapi di beberapa kasus yang saya dengar memang bisa dalam sekejap mendapatkan access token hanya bermodalkan sebuah script dan memanfaatkan beberapa bug dari Instagram.

Lalu darimana kah sumber penyebab akun Instagram saya bisa tiba tiba follow orang lain sendiri ?

Seperti yang sudah saya katakan diatas. Sumber permasalahan kenapa akun anda bisa tiba tiba follow akun orang lain dengan sendirinya adalah imbas dari pemakaian aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga memang banyak sekali sampai sampai mungkin anda tidak sadar bahwa anda pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk mengeceknya anda bisa langsung menuju ke menu pengaturan di Instagram lalu cari panel Authorized apps bila ada yang banyak terpasang di sana maka itulah sumber permasalahannya.

Kenapa Akun Instagram saya bisa follow sendiri otomatis
Aplikasi Pihak Ketiga Yang Terpasang Pada Akun Instagram Anda

Untuk cara lengkap mengatasi nya silahkan anda baca artikel ini :

Baca juga : Cara Mengatasi Instagram Yang Follow Sendiri

Demikianlah informasi mengenai penyebab alasan kenapa akun Instagram yang anda punya bisa secara tiba tiba follow orang lain secara otomatis. Semoga informasi ini dapat anda pahami. Sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment