TipsTrick

Penyebab Artikel Blog Turun peringkat di SERP google

Penyebab artikel atau postingan blog menjadi turun peringkat di halaman pencarian SERP google ~ artikel atau postingan yang sudah menduduki posisi halaman satu di google adalah artikel yang sangat di dambakan oleh semua blogger di dunia tentunya. bagaimana tidak artikel yang menduduki peringkat satu di google adalah artikel yang sangat menguntungkan karna traffic yang sangat melimpah akan datang dari sana.

penyebab permasalahan yang sering terjadi didalam dunia blog adalah artikel atau postingan yang tiba -tiba turun peringkat di halaman pencarian SERP google atau bahkan artikel yang dulunya pernah menduduki halaman satu kini menjadi turun peringkat bahkan hilang dari pencarian halaman google.

tentang naik turunnya postingan di pencarian google tersebut merupakan hal yang wajar. dikarenakan google terus memperbaharui atau mengupdate algoritmanya setiap hari bahkan hampir setiap detik.SERP itu sendiri adalah merupakan singkatan dari Search engine Result page, dimana maksud SERP itu adalah Halaman penelusuran dengan kata kunci terkait.

Didalam artikel saya kali ini akan membahas tentang penyebab atau faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi artikel blog turun peringkat dari daftar pencarian halaman google

Penyebab Artikel Blog Turun peringkat di SERP google

1. Blog masih berumur baru 

ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan artikel blog sering hilang kemudian sesaat muncul kemudian hilang lagi dalam rentang waktu tertentu.

google sangat butuh waktu untuk dapat mengenali setiap sisi maupun isi dari blog anda.
robot crawler yang berfungsi merayapi seluruh postingan anda masih sulit mengenali artikel yang anda buat bisa dibilang belum terlalu perfect dalam mengenali teks serta bagan yang ada diblog tersebut.

Google hanya butuh waktu untuk mengenali blog anda, semakin lama suatu blog diindeks maka akan semakin bagus pula artikel anda dalam hal ranking

2. Gonta ganti template 

Nah ini salah satu faktor yang sangat mempengaruhi artikel yang turun dari halaman SERP google. Setelah susah payah robot crawl mengenali struktur yang ada didalam blog anda, kemudian template yang sudah diindeks dengan baik itu diganti.

mengganti template yang benar itu adalah hal yang musti diperhatikan agar SEO yang anda miliki tidak hilang. dan tentunya jika SEO tidak terganggu maka resiko artikel anda tidak akan turun peringkat.

3. Artikel yang acak acakan

Dalam membuat artikel dalam sebuah postingan kerapihan dan struktur tulisan didalam sebuah artikel sangatlah mempengaruhi apakah artikel anda layaak ditayangkan dihalaman 1 pencarian google ?

Artikel yang disukai dimata google adalah artikel yang kaya akan kandungan kata kunci dan kaya akan kata kata tidak hanya itu banyak aturan yang harus diperhatikan didalam memposting artikel.

Jika satu peraturan dalam memposting tertinggal maka akan sangat menyulitkan google dalam mengindeks seluruh artikel anda

4. Kata kunci yang banyak pesaingnya 

Pada point ini sangat penting bagi para blogger, dikarenakan artikel yang sangat banyak pesaingnya maka adalah kata kunci yang biasanya paling banyak dicari oleh orang, karnanya jika banyak pesaingnya maka akan sangat kecil kemungkinan artikel menduduki halaman satu.

Biasanya pakar dan master seo lah yang artikel nya akan berada disana karnanya jika diperuntukan kepada blog blog yang masih berumur baru sangat kecil sekali artikelnya menduduki peringkat satu SERP

Namun jangan berkecil hati didalam dunia SEO semua hanya harus berksperimen karna google sendiri tidak memberikan petunjuk, mereka hanya membagikan sedikit peraturan,kebayangkan kan kalo dikasi petunjuk semua bisa duduk diranking satu tak ada yang ranking dua hahaha

5. Artikel yang copas (copy paste) oleh blog yang memiliki reputasi tinggi 

Nah yang ini nih yang benar benar sangat mempengaruhi artikel yang tiba tiba hilang dalam pencarian, artikel yang terdeteksi adanya unsur copy paste apalagi terhadap blog yang memiliki reputasi yang baik dimata google.

artikel akan langsung dikenakan penalty oleh google yang hukuman pertamanya artikel akan dihilangkan dari dalam pencarian dan jika proses copas terus berlanjut maka yang akan terjadi blog anda yang terkena sandbox, karnanya untuk yang satu ini sangat sangat dihindari, kenapa?? karna selain tidak baik terhadap artikel juga sangat tidak berkarya. nah lebih bagus saya saranin buat lah artikel asli original buatan anda sendiri dan buktikan pasti artikel anda langsung menduduki halaman satu google.

6. Pengaruh Backlink

Sebenarnya backlink tidaklah terlalu berpengaruh pada artikel menduduki halaman satu google, meskipun ada pengaruhnya sangat kecil sekali didalam SEO, saya tidak terlalu sibuk menghabiskan waktu mencari backlink. karna apa?? meski tidak ada backlink pun website anda masih bisa menduduki halaman satu google percaya atau tidak percaya, balik kepada kepercayaan masing masing xixixixi 😀

backlink bisa juga dikatakan membantu artikel anda dalam hal peringkat. tapi dengan catatan backlink yang berkualitas, jika backlink yang abal abal sangatlah kecil sekali pengarhnya,backlink yang berkualitas itu memberikan kepercayaan kepada google untuk mendongkrak peringkat situs di blog anda.

Nah diatas merupakan penyebab permasalahan yang umum terjadi artikel atau postingan blog turun atau bahkan hilang seketika. Jika sobat memperbaiki permasalahan diatas insyaallah artikel sobat akan berada pada ranking 1 google

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment