Tutorial Windows

Perbedaan Processor Amd Ryzen dan Intel Core Serta Kelebihan dan Kelemahan

Untuk Anda yang sedang berencana membeli prosesor namun merasa bingung dalam memilihnya antara prosesor AMD Ryzen dengan Intel Core, Anda bisa mempertimbangkannya melalui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sementara kedua pilihan tersebut sama-sama memiliki kinerja yang bagus. Namun Anda tentu tidak mungkin jika membeli kedua prosesornya bukan?

Perbedaan-Processor-Amd-Ryzen-dan-Intel-Core-Serta-Kelebihan-dan-Kelemahan

Meskipun demikian, Anda harus benar-benar memilihnya dengan jeli yaitu dengan mengetahui perbedaan serta membandingkan diantara keduanya. Untuk melihat perbandingannya Anda bisa mengikuti penjelasan berikut ini, supaya Anda tidak salah dalam melakukan pembeliannya.

Baca Juga : Apa Itu Sistem Operasi Komputer?, Pengertian dan Contoh

Perbandingan Processor Amd Ryzen dan Intel Core

1. Dari segi performa pengkodean

Intel Core mempunyai performa pengkodean video hingga 67%. Untuk performanya mencapai 82% di Adorable Primiere CC, sehingga Intel Core lebih unggul dibandingkan dengan processor AMD Ryzen.

2. Segi menjalankan game

Meskipun Anda sedang bermain game dan bersamaan melakukan streaming menggunakan OBS, untuk segi kecepatannya hanya mengalami penurunan sebesar 1% saja. Akan tetapi apabila Anda menggunakan processor Intel Core pada saat bermain game dan melakukan streaming pada OBS kecepatan akan berkurang hingga 18% frame.

3. Segi Performa

Perbedaan ketiga yang bisa Anda lihat yaitu, jika dibandingkan dengan prosesor AMD Ryzen, maka processor Intel Core memiliki performa mencapai 65%. Untuk performa dalam blender sebanyak 6 9%. Sementara pada Cinebench mempunyai performa sebesar 63%. Untuk rata-rata dalam proses pembuatan konten prosesor Intel dapat mencapai 66% dibandingkan dengan processor AMD Ryzen.

Kelebihan dan Kelemahan Prosesor AMD Ryzen

A. Kelebihan AMD Ryzen

  • Pada saat Anda bermain game, Anda tidak perlu merasa khawatir karena prosesor ini mempunyai tenaga yang sangat kuat sehingga dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan berat yang lainnya misalnya seperti merancang suatu hal yang sedang Anda kerjakan.
  • Untuk harganya juga sangatlah terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir perihal harga yang ditawarkan.
  • Sudah mengusung grafik VGA yang sangat kuat, sehingga dapat melibatkan beberapa game-game umum seperti GTA 5, Dota 2, PUBG dan masih banyak lagi.
  • Sudah dilengkapi dengan full support overclocking.

B. Kekurangan AMD Ryzen

  • Masih membutuhkan memori 2 channel supaya bisa bekerja secara maksimal.
  • Membutuhkan heatsink yang jauh lebih baik untuk overclocking.
  • Harus memastikan kompatibilitas pada bios motherboard, karena ada beberapa motherboard yang harus di upgrade bios apabila ingin menggunakan raider.
  • Harus mengupdate OS ke Windows 10 yang terbaru.

Kelebihan dan Kelemahan Intel Core

A. Kelebihan Intel Core

  • Temperatur yang ada pada Intel bisa diatur pada prosesornya sendiri karena processor bisa mengurangi kecepatan apabila processor terlalu panas.
  • Tipe line dalam Intel jauh lebih panjang dibandingkan dengan processor yang lain.
  • Memiliki image dan market yang sangat bagus.
  • Memiliki kinerja yang cukup cepat.
  • Memiliki performa prosesor yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan prosesor lain.
  • Prosesor pada aplikasi multimedia jauh lebih kuat.

B. Kekurangan Intel Core

  • Untuk urusan gaming, grafis dan program 3D masih tergolong lemah.
  • Apabila ingin menggunakan prosesor Intel, Anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak, terlebih lagi jika ingin memiliki performa yang dihasilkan lebih tinggi.

Melalui kelebihan dan kekurangan serta perbedaan dari kedua prosesor yang ada di atas maka Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Pilihlah prosessor terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment