TipsTrick

Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Membeli Hardisk Eksternal

Saat ini kita tidak perlu lagi merasa khawatir kehilangan data saat hardisk mengalami masalah karena kita bisa menyimpan file-file penting melalui Cloud storage. Tapi tanpa internet, tentu hal itu mustahil untuk dilakukan dan kamu juga tidak bisa mengakses data yang telah kamu simpan.

Sebenarnya menyimpan data di hardisk internal sudah cukup aman. Kapasitas hardisk internal juga sudah cukup besar untuk menyimpan banyak file. Tetapi jika kamu membutuhkan tempat penyimpanan untuk membackup data yang kamu miliki atau hardisk internalmu sudah terlalu penuh, maka hardisk eksternal bisa menjadi pilihan.

Hardisk jenis ini bisa dijadikan sebagai ruang penyimpanan tambahan dan bisa dibawa kemana-mana.

Buat kamu yang tertarik untuk membeli hardisk eksternal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat ada banyak sekali hardisk eksternal yang saat ini tersedia di pasaran, seperti :

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Ini adalah hal pertama yang pastinya menjadi perhatianmu saat membeli hardisk eksternal. Kenapa? Karena hardisk eksternal nantinya akan digunakan untuk menyimpan banyak data. Maka otomatis kamu pasti menginginkan hardisk dengan ruang penyimpanan yang besar.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa semakin besar ruang penyimpanannya, maka semakin mahal pula harga hardisk tersebut. Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hanya perlu ruang penyimpanan untuk menyimpan photo atau dokumen penting misalnya, maka kamu sama sekali tidak membutuhkan hardisk dengan ruang penyimpanan yang sangat besar. Sebaliknya, jika kamu suka mengoleksi film, maka jelas kamu butuh ruang penyimpanan yang cukup luas.

SSD vs HDD

Harus beli yang mana? SSD atau HDD?

SSD jelas lebih cepat dibanding HDD, namun harganya juga jauh lebih mahal. Jika kamu memiliki budget yang terbatas, maka kamu masih bisa memilih HDD. Tetapi jika kamu punya budget yang cukup besar, maka sangat disarankan untuk beli SSD. Hardist tersebut lebih cepat, lebih kecil dan tidak mudah rusak meski sering dibawa kemana-mana.

Transfer Speed

Untuk urusan memilih hardisk eksternal, transfer speed atau kecepatan baca-tulis data juga hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tentunya kamu tidak mau menunggu dalam waktu yang cukup lama saat harus memindahkan file dalam ukuran yang cukup besar bukan?

Ada dua faktor utama yang berperan dalam urusan kecepatan proses transfer data. Pertama kecepatan hardisk dan kedua adalah konektor yang digunakan. Untuk urusan hardisk, pilihlah hardisk dengan kemampuan transfer data yang cukup cepat. Sementara untuk konektor, USB 2 sudah agak tua sekarang. Lebih baik gunakan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer hingga 5Gbps atau USB 3.1 yang saat ini sudah mulai sering digunakan. Kecepatanya bisa mencapai 10Gbps.

Garansi

Saat ini, kebanyakan produsen hardisk menyediakan garansi untuk hardisk yang dirilis olehnya. Beberapa perusahan seperti Seagate menawarkan 3 tahun garansi resmi distributor local. Sementara beberapa lagiĀ  seperti Toshiba menyediakan garansi yang lebih pendek, yaitu 1 tahun.

Garansi ini sangat penting dalam membeli hardisk. Ini karena jika barang yang diterima tidak sesuai yang diinginkan, misalnya memiliki cacat produksi, maka kamu bisa menukarkannya kembali. Tetapi harus diperhatikan pula bahwa garansi umumnya tidak berlaku untuk sejumlah kondisi, terutama kondisi hardisk yang rusak akibat kesalahan pengguna seperti terjatuh atau tersiram air.

About the author

Alvin

Leave a Comment