Berita Terbaru

Ramai-Ramai Curhat Kesehatan DiDunia Maya

Ini jawaban atas berbagai masalah hanya berjarak satu klik, Artinya kita bisa mendapat berbagai informasi, bahkan solusi, hanya lewat internet. Mengapa pola ini Kian digemari dan Bisakah dipercayai? Simak ulasan berikut. Masih ingat dengan lagu Saykoji yang berjudul online? Lagu tersebut sampai nyanyi ingin menggambarkan perilaku masyarakat masa kini, hidup di kota-kota besar yang tak bisa lepas dari internet. Bisa dipungkiri internet memang memberikan banyak manfaat cara lain sebagai tempat mendapat berbagi informasi. Salah satu jenis informasi yang banyak dicari adalah soal kesehatan. Sumbernya bisa bermacam-macam, mulai dari situs akun pribadi di jejaring sosial sampai lewat forum forum diskusi. Forum diskusi di berbagai komunitas. Itu mulai dilakukan saat ia Tengah Wildan merasa yang cukup tentang kehamilan dan cara menjadi ibu. Pengetahuan tentang kehamilan dan seputar kesehatan ibu dan anak. Aku mantau milis milis atau forum diskusi

Dari komunitas komunitas ibu dan anak. Selain bertanya ke forum Tiffany pun aktif Berselancar Di Internet. Untuk mencari artikel artikel kesehatan sehubungan dengan masalah yang sedang dihadapi. Dengan begitu ia dapat melakukan cek dan Ricek kebenaran jawaban yang diterima. Itu dilakukan karena ia merasa jawaban yang diterimanya belum tentu cocok dengan masalahnya curhat di milis atau forum responnya sangat cepat.

Jawabannya juga banyak. Tapi karena informasinya yang diberitakan berbeda-beda saya sering jadi bingung memilih. Lagi pula seringkali yang ngomong bukan ahli tapi ibu-ibu yang memiliki pengalaman serupa. Jadi tetap harus dibandingkan dan dicek. Di lain kesempatan saat ada ibu lain yang punya masalah serupa Tiffany tak segan-segan membagi informasi. Ia tergolong melakukan itu karena merasa pernah dalam posisi yang sama. Pertukaran informasi itu dirasakan semakin mudah karena semakin terbukanya akses ke internet. Sumber informasi bisa dilakukan telepon seluler saja.

Keinginan berbagi

Kemudahan akses internet. Kemudahan membuat blog atau situs, dan menjamurnya situs jejaring sosial memang memperlancar alur pertukaran informasi. Tapi pada dasarnya keinginan untuk berbagi dan memberi dukungan pada komunitasnya atau yang biasa disebut dengan support system sudah ada dari dulu. Bentuknya saja yang berbeda. Kalau dulu mungkin hanya saat arisan bertemu di Posyandu atau saat sedang mengantar anak sekolah, sekarang batas jarak ruang dan waktu itu dijembatani oleh akses internet. Pertukaran informasi pun jadi semakin mudah. Efek dari kemudahan tersebut semakin banyak orang yang terlibat misalnya para dokter. Sesibuk apapun seorang dokter ia bisa dengan gampang meluangkan waktu untuk berbagi informasi. Semua bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan begitu Bukan kebutuhan untuk berbagi saja yang sudah terpenuhi tapi juga soal eksistensi. Dokter yang rajin berbagi dengan masyarakat biasanya popularitasnya meningkat. Jadi yang diuntungkan bukan hanya masyarakat tapi juga ahli yang bersangkutan.

Klinik digital dokter.

Selain adanya dorongan untuk berbagi banyak alasan lain yang membuatnya melakukan hal tersebut. Terkadang saya merasa kurang cukup waktu untuk melayani pasien pasien secara langsung. Waktunya sangat terbatas sementara jumlah pasien sangat banyak.jadi saya memanfaatkan teknologi ini untuk menjembatani hal tersebut. Saya ingin pasien-pasien yang memang benar-benar putus saja yang datang berobat Jika ada yang bisa dikonsultasikan online ya tidak perlu datang ke rumah sakit. Dokter spesialis anak beranggapan masalah bayi sering cegukan seharusnya bisa ditanyakan secara online dibanding harus menghabiskan waktu di jalan dan mengantri di ruang dokter. Untuk mempermudah masyarakat akhirnya tanggal 16 juni 2010 membuka Klinik di digital. Tempat berbagi segala informasi yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak. Iya melayani setiap pertanyaan yang masuk dan membuka forum diskusi secara online tentunya. Twitter dan klinik digital merasa sangat terbantu. Bukan karena namanya semakin enak tapi tugasnya untuk melayani masyarakat dapat selalu terpenuhi meskipun ia sedang sakit atau berlibur ini kapanpun dan dimanapun ia dapat melayani konsultasi bahkan dengan pasien yang jauh sekalipun.

Blog Dokter Made

Membahas masalah kesehatan dan sangat populer di Twitter adalah @blogdokter. Ini jumlah followernya sudah mencapai 200ribu lebih. Tidak banyak yang tahu bahwa pemilik Akun tersebut adalah dr Made. Sarana konsultasi online dibuat karena ia hobi membaca dan Berselancar Di Internet. Karena tertarik dengan media online lebih mudah buat sayang untuk mengelola media tersebut. Saya Menjalaninya dengan senang hati dan menganggapnya sebagai hiburan karena saya memang bertugas di daerah perbatasan yang minim sarana hiburan. Jadi media online inilah yang menjadi hiburan saya. Nama blog dokter sendiri Sebenarnya nama alamat Blog pribadi yang dibuatnya sejak tahun 2004 www blogdokter net. Selain membuat blog tersebut Dr madr juga mendirikan forum kesehatan medisiana com dan dua buah milis kesehatan lain. Mengikuti perkembangan zaman, pada Juni 2007 akhirnya ia membuat akun Twitter dengan nama IMCw yang merupakan singkatan inisial dari nama panjangnya. Setahun kemudian ia mengubah nama IMCw menjadi blog dokter akar seirama dengan blog yang ia buat. Seperti orang lain pada umumnya tujuan awal dr Made membuat akun Twitter adalah untuk mengungkapkan pikiran pendapat dan perasaannya.

Sese kali informasi soal kesehatan. Ternyata berbagi informasi kesehatan respon followernya sangat tinggi. Akhirnya sejak 2011 Dr made memutuskan@blogdokter tidak lagi berisi curhatan pribadi dan menjadi sebuah akun yang isinya penuh dengan informasi kesehatan. Berbicara soal keuntungan membuat atau melayani konsultasi dr Made menjawab dengan bijak, saya Mendapatkan hiburan dan kepuasan membantu orang lain. Selain itu konsultasi online memenuhi kebutuhan saya berbagi dan menambah teman serta memperluas pergaulan. Lagi pula dari media online dan media sosial itu saya juga banyak mendapat ilmu dan informasi lho.

Forum diskusi Mommiesdaily

Sedikit berbeda dari dua media sebelumnya www Mommiesdaily.com dikelola secara profesional oleh sekelompok ibu. Di sini yang dibahas tidak hanya seputar kesehatan tapi juga topik-topik lain yang berhubungan dengan kebutuhan wanita dan ibu. Salah satu pendiri www www.mommiesdaily.com, yang paling ramai tetap forum diskusi seputar kesehatan. Memulai tentang dokter kandungan dokter anak kontraksi ketika hamil obat demam yang manjur untuk anak. Jadi tidak melulu soal konsultasi penyakit. Forum diskusi itu sangat efektif karena masyarakat sekarang butuh akses berapa cepat. Memang secara kebenaran masih harus dilakukan kroscek internet semua jawaban dari kebutuhan tersedia. Cepat murah dan bermanfaat. Salah risiko ketidakakuratan jawaban, masyarakat pengguna internet juga paham resiko tersebut.

Hal tersebut terlihat dari alur pertukaran informasi. Jarang ada konsultasi kesehatan yang terlalu serius. Diskusi yang ringan-ringan saja Misalnya informasi tentang dokter yang bagus tips menjaga kesehatan hingga jualan produk kesehatan. Saya rasa masyarakat tidak cukup paham akan kelemahan dan kelebihan forum diskusi. Jadikan ini tempat berbagi pengalaman. Minat masyarakat yang masih sangat tinggi terhadap forum forum diskusi itu. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari forum tersebut. Antara lain bertambahnya ilmu teman jaringan kerja dan peluang usaha. Banyaknya pendapat atau opini jelas memperkaya anggota lain untuk menjadi lebih tidak dalam mengatasi masalah masalah kesehatannya termasuk berbelanja produk-produk kesehatan.

Manfaat dengan bijak

Kebutuhan akan informasi yang cepat diiringi berkembangnya Teknologi memang tak bisa lagi kita hindari. Hal itu yang membuat banyak klinik kesehatan Maya muncul. Selain karena teknologi baru-baru ini muncul istilah e,- help(electronic help) yang dicanangkan oleh Departemen Kesehatan dan perkumpulan dokter. Lo dulu mungkin yang lebih pintar adalah program kuratif (pengobatan) rehabilitatif (pemulihan) sekarang ada paradigma baru yang diusung dunia kesehatan yaitu promotif (promosi) dan preventif (pencegahan).E-help yang terdiri dari kegiatan diskusi. Wawancara dan konsultasi kesehatan secara Maya ini memang sangat efektif untuk mendukung metode promotif dan preventif itu tadi. Berbicara soal kelebihan perempuan yang juga menjadi pengajar di Universitas Indonesia ini yakin konsultasi kesehatan online cukup bermanfaat buat masyarakat.

Selain cepat konsultasi atau diskusi itu bisa menjadi rujukan awal dan dapat menggiring masyarakat pada kehidupan yang lebih sehat. Tentu saja dengan catatan asal masyarakat bijak menggunakannya. Hijab artinya masyarakat harus menyaring informasi mana yang tepat dan bisa digunakan serta memilih akun yang jelas pengelolaannya. Jika mendapat jawaban akan masalahnya melalui konsultasi online ini masyarakat harus sadar bahwa mereka tidak harus bahkan boleh tidak percaya pada informasi yang diterima. Kalau dirasa tidak cocok ya boleh saja tidak percaya atau tidak melakukan saran-saran yang diberikan anjuran saya. Bila memang penting dan gawat sebaiknya berkunjung langsung ke dokter karena pertemuan langsung itu tetap tak tergantikan dan menjadi jalan yang paling baik untuk mendiagnosa suatu penyakit. Bagaimanapun kesehatan itu cukup vital. Bahwa konsultasi online juga punya risiko lain yaitu sulit dipertanggungjawabkan. Jadi masyarakat boleh saja memanfaatkan klinik klinik kesehatan di dunia maya ini karena memang praktis dan murah. Tapi bijaksanalah dalam menerima setiap informasi yang ada.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment