Tech

Realme 5i Telah Dirilis, Smartphone 2 Juta’an Dengan Quad Camera & Baterai 5,000mAh

Setelah munculnya beberapa bocoran, Oppo akhirnya telah resmi merilis smartphone mid-range terbarunya di Vietnam. Smartphone tersebut adalah Realme 5i yang tentunya termasuk dalam keluarga Realme 5 Series.

Realme 5i dilengkapi dengan Quad Camera Setup, Snapdragon 665 SoC dan ditenagai dengan baterai besar yang tentunya sangat cocok untuk para gamer. Tidak hanya itu, Realme 5i juga dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif.

Penasaran? langsung saja kita bahas.

Harga dan Spesifikasi Realme 5i

Seperti yang telah dijelaskan, Realme 5i dipersenjatai dengan mid-range SoC dari Qualcomm yaitu Snapdragon 665.

Dibuat menggunakan teknologi Samsung 11nm LPP proses dan dirilis pada bulan April tahun lalu, Qualcomm men-korporasikan 4x Kryo 260 Silver high-efficiency cores @1.8 GHz dengan 4x high-performance Kryo 260 Gold @2Ghz dan Adreno 610 GPU.

Realme 5i memiliki dua konfigurasi memori yaitu 3GB RAM + 32GB dan 4GB RAM + 64GB Onboard Storage. Smartphone ini juga dilengkapi dengan microSD card slot yang terpisah (Dedicated), hal itu memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan dua SIM sekaligus.

Sumber: Realme

Untuk layar, 5i menggunakan IPS Panel berukuran 6.5-inchi dan memiliki resolusi HD+ (720 x 1,600 pixels). Realme meng-klaim bahwa layar tersebut memiliki 480 nits of brightness yang membuatnya tetap terlihat jelas meskipun dibawah sinar matahari. Tidak hanya itu, layar Realme 5i juga dilapisi dengan Gorilla Glass untuk perlindungkan ekstra.

Sumber: Realme

Layar tersebut masih mengadopsi tear-drop notch untuk mengakomodasi kamera depan/selfie yang menggunakan sensor 8MP.

Membahas kamera, seperti smartphone mid-range Realme yang lain, 5i juga dilengkapi Quad Camera yang disusun secara vertikal.

Kamera tersebut terdiri dari sensor 12MP (f/1.8), 8MP (Ultrawide) dengan 119° field of view yang juga mendukung Super Night Mode, 2MP (Macro) untuk foto close up e.g 4cm, dan 2MP (Depth sensor) untuk menangani efek AI. Kamera utamanya mampu merekam video hingga 4K @30Fps dan video slow-motion hingga 120Fps.

Sumber: Realme

Fitur unggulan dari Realme 5i adalah kapasitas baterai yang digunakan, smartphone ini ditenagai dengan baterai yang memiliki kapasitas 5,000mAh. Realme meng-klaim bahwa dengan baterai tersebut, 5i mampu memberikan waktu hingga 9.4 Jam untuk game seperti PUBG dan 19.1 Jam untuk Youtube.

Sayangnya, 5i tidak dilengkapi dengan fast-charging dan masih menggunakan microUSB port. Akan tetapi, 5i dilengkapi dengan fitur reverse (wired) charging yang dapat digunakan sebagai power-bank.

Sumber: Realme

Tidak hanya itu, Realme juga melengkapi 5i dengan fingerprint scanner untuk fitur biometric unlocking dan 3.5mm headphone jack serta lapisan khusus yang membuatnya tahan terhadap air (splash-proof).

Untuk software, 5i masih menggunakan Android 9 Pie dengan ColorOS versi 6.1

Harga dan Varian

Sumber: Realme

Realme 5i hadir dalam dua varian warna yaitu Blue dan Green yang memiliki desain pola “Sunlight” dengan teksture bergelombang pada bagian belakang.

Di Vietnam, Realme 5i dibandrol seharga VND 3,700,000 atau sekitar 2.2 Juta’an. Namun untuk saat ini, Realme masih belum memberikan informasi mengenai ketersedia’an smartphone tersebut untuk wilayah lainya.

Sumber: Realme

Akan tetapi pada bulan Desember lalu, Realme 5i telah memperoleh sertifikasi dari Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapore dan kemungkinan smartphone tersebut juga akan dirilis di Indonesia.

Rangkuman Spesifikasi

SoC/ChipsetQualcomm Snapdragon 665 (11nm)
(4x Kryo 260 Silver @1.8 GHz + 4x  Kryo 260 Gold @2Ghz)
Adreno 610 GPU
Memori3GB + 32GB & 4GB + 64GB
LayarIPS LCD, 6.5-inchi, HD+ (720 x 1,600 pixels), 480 nits of brightness
Kamera12 MP (Main)
8 MP (Ultrawide)
2 MP (Macro)
2 MP (Depth sensor)
8 MP (Selfie Camera)
BateraiNon Removable 5,000mAh
10W Charger via microUSB
OSAndroid 9 Pie, ColorOS 6.1
Fitur LainFingerprint Scanner (Rear), Reverse (Wired) Charging

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]

Leave a Comment