Tech

Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik 2020

Ada banyak alasan kenapa orang memilih hardisk eksternal. Alasan utamanya tentu saja untuk menyimpan file-file yang mereka butuhkan. Tetapi sebenarnya hal lain juga seringkali menjadi pertimbangan, seperti harga, kecepatan dan daya tahan.

Jika kamu mempertimbangkan banyak hal seperti itu saat akan membeli hardisk eksternal, maka tentu kamu akan merasa kebingungan karena ada banyak produk yang sangat menarik untuk dibeli.

Jika demikian, maka kamu mungkin akan tertarik untuk mencoba salah satu dari rekomendasi hardisk eksternal terbaik 2020 berikut.

Samsung T5

Samsung T5 memiliki bentuk fisik yang cukup ringkas dan tampak identik dengan seri pendahulunya. casingnya pun masih menggunakan logam. Namun Samsung T5 hadir dengan warna yang berbeda, yaitu biru dan hitam.

Hardisk eksternal ini tersedia dalam beberapa versi, yaitu versi 250GB dan 500GB yang hadir dengan warna biru serta 1TB dan 2TB yang hadir dengan warna hitam.

Selain bentuk yang ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana, Samsung T5 juga memiliki nilai plus lain. Salah satunya adalah hadirnya perangkat keras enkripsi AES 256-bit yang bisa kamu aktifkan melalui software Samsung. Dengan enkrifsi ini, kamu dapat mengunci data yang terdapat di drive dengan menggunakan kata sandi.

Hal lainnya yang menarik adalah kecepatan transfer hardisk yang mencapai 540MB/s dan kecepatan tulisnya yang mencapai 515MB/s. Namun kecepatan itu hanya bisa diraih jika kamu menggunakan port USB 3.1 Gen 2 terbaru yang telah mendukung UASP.

Adata SE730H

Jika kamu sedang mencari hardisk eksternal yang memiliki daya tahan yang luar biasa, maka Adata SE730H adalah jawabannya. Hardisk eksternal dengan ruang penyimpanan sebesarĀ  500GB ini dirancang untuk bertahan diberbagai kondisi. Adata SE730H pun dilengkapi dengan IP68 dustproofing, waterproofing dan military-standard shock proofing.

Hardisk external ini dapat bertahan selama satu jam di dalam air dengan kedalaman enam kaki. Jadi, dibawa saat hujan pun tidak masalah. Untuk kecepatan transfer sendiri, hardisk ini memiliki kecepatan baca dan tulis hingga lebih dari 500 MB/s.

Western Digital My Passport Ultra 2TB

Western Digital My Passport Ultra 2TB Hadir dengan kapasitas 2 TB, membuat kamu dapat dengan leluasa menyimpan video, film, game dan file-file lain yang berukuran besar. Hardisk ini juga hadir dengan tampilan yang stylish dan memiliki beberapa varian warna. Jadi, buat kamu yang ingin hardisk yang lebih berwarna, maka kamu bisa memilih hardisk ini.

Western Digital My Passport Ultra juga terbilang praktis dan nyaman saat dibawa kemana-mana. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi WD SmarWare Pro, kamu juga dapat mengupload data ke penyimpanan Cloud melalui Dropbox sehingga data yang kamu miliki akan tetap aman.

Seagate Backup Plus Slim 1TB

Seagate Backup Plus Slim 1TB memiliki desain body yang cukup ramping. Selain itu, hardisk ini juga terbilang cukup ringan dan memiliki casing yang tahan gores sehingga aman untuk dibawa traveling.

Seagate Backup Plus Slim 1TB telah dilengkapi dengan USB 3.0 yang membuat hardisk tersebut memiliki kemampuan transfer data yang cukup cepat. Selain itu, terdapat Driver NTFS yang memudahkanmu saat mengkoneksikan hardisk tersebut ke PC yang menggunakan Windows maupun Mac.

Hitachi Touro Mobile 1TB

Hitachi Touro Mobile 1TB merupakan salah satu hardisk yang memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Kecepatan transfer datanya bisa mencapai 5GB per detik jika menggunakan USB 3.0 dan lebih dari 480MB per detik untuk USB 2.0.

Ukuran dari Hitachi Touro Mobile 1TB terbilang cukup kecil, yaitu 13mm x 80 mm x 115mm. Beratnya sekitar 147 gram. Sementara itu untuk urusan keamanan data, hardisk ini telah dilengkapi fitur two levels of data protection yang membuat data dalam hardisk cukup aman.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment