Blogging Tutorial Blog

Resiko Upgrade TLD (Top Level Domain) Fatal Banget

Sekitar sebulan lalu, saya nekat untuk mengambil keputusan dari domain gratisan ke top level domain (TLD). Dan ini sebenarnya sudah menjadi resiko upgrade tld bagi saya. Termasuk Hal – hal yang menyebabkan kerugian dan resiko saya alami total setelah menggantinya. Seperti pernah saya bahas di artikel sebelumnya, mengenai alasan saya pindah ke domain tld, kalian bisa membacanya nanti setelah habis membaca artikel ini. Disini saya akan memberitahukan anda semuanya yang berfikiran bahwa upgrade tld itu tidak beresiko dan segala macam dampak yang saya alami.

Ada sebagian yang berpendapat bahwa upgrade domain tld itu menguntungkan, dan sebagian ada yang mengatakan merugikan. Termasuk saya pribadi mengkategorikan permasalahan ini sebenarnya sama saja. Tidak untung dan tidak ada kerugian, tetapi lebih ke rugi sedikit. Hal yang seharusnya tidak saya lihat, namun harus saya hadapi dengan hati yang penuh keraguan. Sempat membaca dari referensi di internet, katanya bagus dan lebih profesional, dan itu memang benar adanya.

Pengalaman saya upgrade domain tld di blog ini penuh dengan resiko. Sebab mengapa ?, itu di kategorikan seperti saya membuat blog baru alias memulai dari awal. Tetapi ini hanya bersifat semenatara dan pasti akan membaik. Walaupun sedang dalam progress, tetapi saya mengalami hal yang berbeda seperti biasanya.

resiko upgrade tld
resiko upgrade tld

Jujur jika saya mengganti domain tld ini hanya cuma sekedar pembelajaran hehe, dan kali ini saya akan sharing ke kalian sobat sobatku sekalian.

Resiko Upgrade TLD, Dari Blogspot Ke [dot] Com

Domain tld yang saya maksud, tidak hanya dot com saja. Melainkan seperti custom domain tld dan cctld. Seperti .co .id .co.id .com .net .org

Kalau kalian belum pernah mengetahuinya, bahwa blog jagoankode ini adalah dulunya menggunakan sub domain gratisan dari blogger. Yaitu url yang lama saya adalah jagoankode.blogspot.com

Sempat berfikir ragu untuk mengganti ke domain tld karena trafik saya sudah banyak di blogspot dulu. Takut kehilangan trafik, backlink, da pa yang semuanya itu dibangun tidak sebentar.

Dan pada akhirnya, saya memberanikan diri, karena berhubung saya kurang professional di mata orang ketika menggunakan sub domain gratisan. Akhirnya, sayapun langsung upgrade ke tld. Dan inilah resiko upgrade tld langsung saya alami sendiri dalam sebulan ini.

1. Trafik Blog Turun Dan Menunjam Kebawah

Resiko pertama yang harus kalian terima adalah trafik blog turun. Mungkin penyebab utamanya adalah proses pergantian permalink blog baru. Sehingga membutuhkan waktu untuk mengindeks ulang semua artikel anda.

Untuk segi peringkat, itu turun dan terkadang hilang di pencarian google. Namun, selang beberapa waktu semuanya akan normal kembali dan bahkan bisa lebih dari biasanya.

Kalau memang kalian mau melihat datanya, berikut saya lampirkan langsung dari trafik blog saya hehe.

Trafik Blog Turun
Trafik Blog Turun

Sangat menunjam bukan ?, Yaa, mau gak mau harus saya terima dan terus berusaha meningkatkannya kembali.

Tak jarang beberapa orang malah membiakan domain mereka menggunakan sub domain gratis, sebab takut akan hal ini terjadi dan menjadi sia sia.

Namun, kalau untuk sekarang, bahkan trafik blog saya mulai normal kembali dan gak tahu kedepannya bagaimana. Mudah – mudahan saja semakin bagus kembali. Oh iya, untuk waktu normalnya kembali itu sekitar 1 – 3 bulanan. Mungkin kalian tau itu bukan waktu yang sebentar, mau tak mau saya harus sabar dan tetap berjuang.

2. DA (Domain Authority) PA (Page Authority) Kembali Nol

Pada saat mengganti domain baru, biasanya skor da pa blog akan kembali nol (0). Ini juga merupakan salah satu resiko upgrade tld yang saya alami. DA PA blog adalah hal yang paling sulit untuk di naikkan. Semakin bagus skor da pa ini, maka akan semakin bagus ranking artikel anda di serp google.

Namun, ini hanyalah sementara. Kisaran 2 – 3 Bulan, da pa blog pasti akan kembali terbentuk seperti di domain sebelumnya. Jadi, jangan takut untuk melakukan custom domain di domain gratisan anda. Namun, sekali lagi itu semua keputusan ada pada tangan anda. Kalau belum siap untuk menerima ini, maka hal sebaiknya jangan dilakukan. Persiapkan semuanya dengan matang dan strategis.

3. Backlink & Page Rank Hilang Sementara

Sementara itu berapa lama ?, 3 bulan lamanya. Menurut saya, itu bukan waktu yang sebentar, tapi kalau menurut anda itu sebentar, ya silahkan saja mengambil keputusan yang tepat. Kalau permasalahan backlink, itu semua tidak akan hilang, melainkan akan melalui proses indeks 301 redirect dan semuanya pasti akan kembali lagi.

Selain backlink, otomatis page rank anda juga akan merosot alias nol kembali. Semuanya seperti proses ulang dan indeks kembali. Namun sekali lagi saya katakan bahwa resiko ini hanyalah sementara dan pasti akan kembali dalam jangka waktu tertentu.

4. Rank Alexa Blog Menggendut

Termasuk ranking alexa juga akan mengalami hal yang sama seperti backlink. Tapi tenang aja, kalau permasalahan ini pasti tetap akan balik lagi. Kisaran 3 bulan juga untuk normal kembali. Sebelumnya saya pernah masuk rank alexa di 5rb an di indonesia (lokal). Namun, setelah upgrade tld, malah jadi (-) alias no rank atau mengulang kembali.

Sudah kisaran 1 bulan saya mengganti domain tld, alexa saya sudah ada pada kisaran 10rban. Dan itu masih sangat jauh sekali dari peringkat saya sebelumnya. Saya berharap bahwa sejenis alexa rank juga akan kembali lagi seperti semula. Karena rank alexa juga akan berpengaruh bagi persaingan di halaman satu google.

Baca Juga : Cara Agar Blog Tampil pertama di halaman satu google

5. Bisa Lebih Dan Bisa Kurang

Dan resiko terakhir adalah bisa lebih dan bisa kurang. Kalau memang betul keputusan yang anda ambil, anda bisa melampaui trafik blog dari yang sebelumnya. Namun sebaliknya, jika anda salah langkah dan keliru untuk tutorial mengganti domain tanpa step. Anda akan dirugikan karena proses ganti domain yang benar juga harus dilakukan dengan sempurna.

Oleh karena itu, jangan sampai salah tutorial untuk mengganti atau custom domain tld pada blog yang anda miliki. Pastika semua langkah langkah benar dan tidak ada yang salah.

Untuk panduan mengganti atau custom domain tld tanpa kehilangan trafik mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya, karena saya juga masih meraba untuk saat ini.

Sekiranya mungkin sampai sini dulu untuk penjelasan mengenai resiko upgrade tld. Jika serasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian yang membutuhkan. Dibutuhkan pengalaman agar anda tidak kehabisan waktu untuk melakukan sesuatu. Sampai disinilah dulu perjumpaan kita. Semoga bisa membantu dan menginspirasi anda sekalian. Saya pamit dan sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment