Games

Review DLS 20: Akankah Menyaingi FIFA dan PES?

Selama ini game sepak bola sangat identik dengan FIFA atau Pro Evolution Soccer (PES). Bahkan saat keduanya mulai merambah ke ranah mobile, pamor mereka mengalahkan game serupa lainnya. Meski demikian, baik FIFA maupun PES membutuhkan perangkat yang berspesifikasi mumpuni untuk mendapat pengalaman bermain maksimal.

Dengan smartphone ‘kentang’ alias kena tanggung, sulit rasanya untuk menikmati bermain FIFA dan PES secara lancar. Tetapi ada solusi bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bermain game sepak bola kelas atas seperti dua waralaba populer tadi. First Touch Games hadir dengan Dream League Soccer, yang mengusung konsep serupa.

Review Dream League Soccer 2020

First Touch Games memang dikenal sebagai studio pembuat game olahraga populer di berbagai platform digital. Mereka berdiri sejak 2011 dan telah memenangkan cukup banyak penghargaan. Dengan mencatatkan lebih dari 750 juta download, sudah selayaknya game buatan FTG disejajarkan dengan FIFA atau PES.

Dream League Soccer langsung populer sejak pertama kali diperkenalkan ke publik. Konsep permainannya dibuat agak mirip dengan FIFA dan PES versi mobile. Pemain bisa melakukan pertandingan secara online melawan pemain lain (PvP) dengan ultimate team versi sendiri.

DLS 2020 adalah versi terbaru dari Dream League Soccer, yang dirilis secara terpisah dari versi sebelumnya. Pemain dan tim di dalamnya sudah disesuaikan dengan kompetisi musim 2019-2020 yang sebenarnya. Jadi, apakah game ini cukup recommended?

1. Kualitas Grafis (4/5)

Dibandingkan dengan versi lawas, DLS 2020 membawa tampilan grafis yang lebih baik. Kamu bisa mendapatkan kualitas 1080p dan user interface yang baru. Untuk game yang berukuran sekitar 300 MB, grafis yang ditawarkan termasuk sangat baik. Kualitasnya bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan spesifikasi smartphone kamu.

Untuk gameplay, ada beberapa animasi baru yang membuat pergerakan pemain di lapangan menjadi lebih nyata. Kamu akan merasakan pengalaman bermain game sepak bola yang revolusioner di perangkat mobile. Dream League Soccer adalah game yang sempurna sebagai alternatif FIFA maupun PES.

2. Fitur Permainan

DLS 20 juga menambahkan beberapa fitur baru seperti membangun dream team dengan lebih dari 3.500 pemain berlisensi FIFPro.

Dalam game ini kamu berperan sebagai pelatih sekaligus manajer tim. Setelah memainkan pertandingan, kamu dapat memperoleh uang yang bisa digunakan untuk merekrut pemain yang lebih baik. DLS 2020 menambahkan cukup banyak pemain baru dalam permainan.

Selain itu pada DLS 2020 Anda juga bisa membangun fasilitas klub untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan bagi tim. Fasilitas tersebut mulai dari stadion, kantor komersial, tempat pelatihan, medis, dan akomodasi pemain.

Selain itu statistik pemain juga telah diperbarui sesuai dengan data pada musim 2019-2020. Ini akan dinilai berdasarkan kinerja para pemain di kehidupan nyata. Beberapa hal baru seperti tampilan jersey dan liga-liga terkenal juga turut ditambahkan.

3. Kontrol Game

Tombol yang digunakan pada DLS 2020 ini bisa dibilang sangat bersih dan tidak terlalu mengganggu pemandangan di layar. Hanya ada tombol arah di sebelah kiri bawah dan tombol aksi di kanan bawah layar. Selain itu ada pula beberapa fungsi tambahan seperti double tap di luar area tombol, serta slide layar ke atas, depan (arah ke pertahanan lawan) dan bawah.

Masing-masing tombol memiliki fungsi yang sederhana dan mudah dipahami. Walaupun, sepertinya FTG harus memperbaiki lagi tentang perubahan kursor dari satu pemain ke pemain lain. Terkadang perubahan kursor membuat seorang pemain tiba-tiba berhenti dan akhirnya memberi keuntungan bagi lawan.

4. Cerita

Dari segi cerita, DLS masih menjadi game sepak bola yang paling imajinatif namun kreatif. Diceritakan bahwa suatu hari di dunia ini seluruh kompetisi sepak bola dijadikan satu wadah. Kemudian dream team kamu akan memulai perjalanan dari divisi paling bawah dengan komposisi tim seadanya. Lama kelamaan kamu bisa naik sampai ke divisi tertinggi dan mengikuti berbagai turnamen lainnya di luar itu.

Kekurangan Dream League Soccer

Jika ada kelebihan, pasti ada pula kekurangannya. Pada game DLS ini, mungkin kamu tidak akan senang dengan beberapa hal di dalamnya.

Salah satunya adalah pada DLS 20, pemain kini harus menggunakan koneksi internet untuk bermain, walaupun bukan melawan tim lain secara online. Sepertinya ini akan cukup boros kuota kecuali kamu menggunakan internet rumah.

Selain itu, wajah dari para pemain juga belum sejelas pada versi-versi sebelumnya. Banyak pemain yang wajahnya masih tidak terlalu familier sehingga terlihat membingungkan.

Apakah Game DLS 20 Recommended?

Dream League Soccer 2020 adalah game luar biasa yang memberi kamu pengalaman bermain game sepak bola dengan konsep yang nyata. Kamu dapat membangun tim sendiri dengan memilih pemain peringkat teratas dunia dan dapat berkompetisi di 6 liga yang bertingkat. Sepertinya ini adalah permainan yang sempurna untuk pecinta sepak bola.

Dream League Soccer telah diluncurkan sejak 3 tahun lalu dan sekarang menjadi salah satu game kategori olahraga paling populer di perangkat mobile. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba bermain game yang satu ini.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment