Tech

Samsung Galaxy Z Flip Telah Dirilis, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Samsung Galaxy Z Flip dirilis bersamaan dengan Galaxy S20 Trio pada tanggal 11 Februari 2020.

Galaxy S20 Trio memang bersinar namun, Galaxy Z Flip juga berhasil mencuri perhatian panggung dengan desain clamshell-nya yang unik di acara Samsung Unpacked.

Harga, Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Tidak seperti Galaxy Fold yang akan berubah menjadi se-ukuran tablet saat layarnya dibuka, Galaxy Z Flip merupakan smartphone biasa namun mengusung desain clamshell seperti Motorola Razr 2019.

Smartphone tersebut menggunakan layar Dynamic AMOLED display berukuran 6.7-inchi yang memiliki resolusi Full-HD+ (1080 x 2636px) dengan 22:9 aspect ratio.

Resolusi layar Galaxy Z Flip bisa dibilang 50% lebih tinggi dari Motorola Razr 2019. Namun tidak seperti Moto Razr 2019 yang memiliki secondary display berukuran cukup besar, Galaxy Z Flip hanya menggunakan secondary display berukuran 1.1-inchi. Layarnya berbasis Super AMOLED display yang dilindungi Gorilla Glass 6 yang juga melindungi seluruh bagian luar smartphone tersebut.

Secondary display tersebut berfungsi sebagai always-on display yang menunjukan informasi seperti waktu dan notifikasi.

Meskipun Z Flip memiliki secondary display yang kecil, smartphone ini dipersenjatai dengan SoC yang jauh lebih bertenaga jika dibandingkan dengan Motorola Razr 2019.

Samsung memang memilih untuk menggunakan Snapdragon 855+ dan bukan Snapdragon 865. Namun, performa Snapdragon 855+ masih terbilang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Snapdragon 710 yang dipakai oleh Moto Razr 2019.

Samsung bisa saja menggunakan Snapdragon 865. Namun karena tanggal rilis Galaxy Z Flip sudah ditentukan setelah Snapdragon 865 dirilis, Samsung tidak punya waktu yang cukup untuk merubah desain internal Galaxy Z Flip agar dapat mengakomodasi Snapdragon 865.

Galaxy Z Flip dan Moto Razr 2019 sendiri memiliki kesamaan yaitu, kedua perangkat sama-sama tidak mendukung 5G alias 4G Only.

Galaxy Z Flip hanya hadir dengan satu konfigurasi memori yakni dengan 8GB RAM dan 256GB UFS 3.0 Storage.

Untuk kamera, smartphone tersebut menggunakan sensor Samsung 12MP yang dikolaborasikan dengan lensa (f/1.8) dan ditemani 12MP Ultrawide-angle module (f/2.2).

Sedangkan untuk kamera depan, Z Flip hanya menggunakan sensor 10MP dengan lensa (f/2.4).

Spesifikasi kamera Galaxy Z Flip memang tidak begitu mengesankan apalagi jika dibandingkan dengan Galaxy S20 Trio. Namun, smartphone ini memiliki desain internal yang unik.

Galaxy Z Flip dapat ditekuk di-berbagai sudut seperti 90-derajat yang membuatnya dapat duduk dipermukaan tanpa memerlukan smartphone stand.

Fitur lain dari Z Flip mencakup wireless charging dan loudspeaker yang di-tune oleh AKG untuk memberikan kualitas audio yang lebih baik.

Semuanya akan ditenagai dengan baterai 3,300mAh dengan 15W fast-charging. Sedangkan untuk software, Z Flip akan langsung menggunakan Android 10 tanpa update dengan Samsung One UI 2.0 out of the box.

Untuk harga, Samsung Galaxy Z Flip dibandrol seharga $1.380 atau sekitar 18 juta rupiah dan hadir dengan tiga varian warna yakni Mirror Black, Mirror Purple dan Mirror Gold yang akan mulai dijual pada tanggal 14 Februari mendatang.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]ahoo.com

Leave a Comment