TipsTrick Tutorial

Solusi Barang Yang Tidak Dikirim Penjual Shopee

Halo sobat jagoan, pada hari yang berbahagia kali ini, saya ingin share sesuatu yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu. Yang akan saya bahas adalah bagaimana dan solusi barang / produk yang kita beli di shopee, tidak dikirim oleh penjual. Kebanyakan dari kamu mungkin salah satu pengguna aplikasi jual beli online terbesar yang bernama shopee ini. Dan permasalahan terbesar yang biasa akan kamu alami adalah barang yang tidak dikirim oleh penjual. Dan kali ini, saya akan membahas dengan lengkap pada artikel ini. Silahkan dibaca dan dipahami ya.

Shopee memiliki fitur transaksi Rekber (Rekening Bersama) yang langsung dikendalikan oleh shopee untuk menghindari yang namanya penipuan dalam pembelian online khusus shopee. Jadi, kamu sebenarnya tidak perlu takut dan khawatir apabila barang yang kamu beli di shopee tadi, uang akan hangus begitu saja, sampai saat ini sih belum pernah ada yang mengalami hal tersebut.

Shopee juga memperhatikan interaksi antar penjual dan pembeli apakah terjalin lancar dalam bertransaksi. Karena sudah ber label perusahaan, jadi gak mungkin banget kan, penipuan itu terjadi. Dan sebaiknya kamu mengetahui dahulu sistem kerja dari aplikasi shopee untuk pembatalan pesanan. Di shopee, juga ada fitur pembatalan pesan khusus untuk pembeli. Agar, menjaga kepuasan pelanggan, shopee membuatkan fitur ini untuk beberapa penjual yang tidak begitu ramah, kualitas buruk apalagi lama banget kalau ngirim barang.

Untuk menilai penjual, sangatlah mudah. Dapat kita lihat rating dari pelanggan yang pernah membeli di toko tersebut. Semakin besar dan banyak rating bintang 5, maka dipastikan toko tersebut sangatlah cepat, tanggap dan ramah kepada pelanggannya.

Solusi Barang Yang Tidak Dikirim Penjual Shopee
Solusi Barang Yang Tidak Dikirim Penjual Shopee

Nah, buat kamu nih yang udah terlanjur salah beli di toko shopee. Kamu masih tetap dapat mengembalikan uang tersebut ke rekening bank kamu. Dengan melalui step dan tata cara yang sudah ditentukan oleh pihak shopee. Pokoknya, sebelum barang dikirim, kamu masih bisa memegang kendali atas pembelian produk yang kamu beli di toko shopee tersebut. Berikut penjelasan yang lebih lengkapnya.

Menunggu Kejelasan Dari Penjual Sampai Waktu Yang Di Tentukan

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menunggu kejelasan. Kamu juga tidak boleh mempermainkan orang dengan melakukan pesan, kemudian batal dan seterusnya. Bisa bisa, malah akun kamu yang di blokir oleh pihak shopee nantinya.

Setiap penjual yang memang serius berjualan, pasti akan mengirimkan barang kamu sampai kepada ekspedisi walaupun lambat. Jika kamu memang menginginkan barang tersebut dan sudah cocok, pas sesuai dengan selera. Kamu hanya perlu mengunggu untuk beberapa hari sampai jangka waktu yang sudah ditetapkan. Dan Biasanya ada tanggalnya disana (Kirim Produk Sebelum Tanggal Berapa.,).

Kalau memang tidak kunjung dikirim juga, biasanya fitur pembatalan pesanan di shopee akan otomatis membatalkan pesanan dengan alasan terlalu lama sesuai perjanjian.

Selain itu, shopee juga pastikan dana / uang kamu, kembali utuh seperti transaksi kamu sebelumnya. Jadi, jangan takut untuk bertransaksi di shopee ya, karena memang sangat aman untuk segala sesuatunya.

Cara alternatif lain adalah dengan melakukan pembatalan pesanan manual. Yang berarti, kita sendiri yang mengajukan pembatalan pesanan tersebut.

Cara Melakukan Pembatalan Pesanan Shopee Dan Mengembalikan Uang Kita Seperti Semula

Cara ini sebenarnya juga dapat dilakukan untuk beberapa kendala yang kamu alami. Shopee juga memberikan kesempatan bagi pembeli untuk dapat berubah pikiran setelah apa yang telah pembeli lihat. Kalian dapat mengukuti tutorial lengkapnya dibawah ini.

Step 1 : Pembatalan Pesanan Shopee

Perlu kamu ketahui, bahwa di shopee ada yang namanya fitur pembatalan pesanan pruduk/barang, bila tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan di awal.

Selagi produk masih berada di menu Sedang Dikemas. Kamu tetap dapat membatalkan pesanan pruduk dengan cara klik produk tersebut, lalu pergi ke menu Batalkan Pesanan.

Membatalkan Pesanan Shopee
Membatalkan Pesanan Shopee

Dan Tutorial Lengkap Untuk pembatalan pesanan alias mengembalikan dana ke shopeepay dan berlanjut ke rekening bank kamu. Sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Bisa Kalian Baca Disini : Cara Mengembalikan Dana Shopee Untuk Barang Yang Tidak Dikirim Oleh Penjual.

Adapun beberapa kriteria alasan untuk pengajuan pembatalan pesanan seperti :

  1. Penjual tidak menjawab chat.
  2. Permintaan Penjual.
  3. Ingin mengubah rincian & membuat pesanan baru.
  4. Produk memiliki ulasan buruk (Contoh : bukan produk asli, berbeda dengan deskripsi, dll).
  5. Penjual membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesanan.
  6. Penjual mencurigakan (Contoh: Mengajak untuk bertransaksi di luar Shopee).
  7. Lainnya (berubah pikiran, menemukan produk dengan harga yang lebih rendah, DLL).

Kalian dapat menyesuaikan dengan kondisi yang membuat kamu tidak nyaman untuk bertransaksi pada penjual tersebut.

Setelah melakukan pembatalan pesanan, kamu akan diminta untuk menunggu konfirmasi langsung dari shopee yang akan saya jelaskan di poin step2 dibawah ini.

Step 2 : Menunggu Konfirmasi Shopee

Setelah berhasil melakukan pembatalan pesanan, biasanya akan masuk ke step 2, yaitu konfirmasi pada pihak shopee. Dan banyak sekali yang menanyakan hal ini kepada saya.

“Berapa lama sih bang”, “uang saya hilang gak bang “, “bang saya takut” , “ini” , ” itu” , “ini itu” . Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Sejauh yang saya ketahui, shopee akan mengkonfirmasi pembatalan pesanan anda kisaran waktu 1 * 24 Jam. Dan itu tandanya, sobat harus sabar menunggu untuk mencarikan uang ke bank/shopeepay.

Bisa itu lebih lama, bisa itu lebih cepat, dan semua tergantung berapa banyak orang yang mengajukan pembatalan pesanan pada hari tersebut.

Step 3 : Pengembalian Uang Ke Shopeepay

Pastikan Kalian Sudah Verifikasi KTP & Bank di Shopeepay

Setelah menunggu kurun 1 hari. Biasanya kamu akan mendapatkan pemberitahuan berupa pengembalian dana di shopeepay. Jumlah yang kamu transfer pada saat melakukan pembatalan pesanan. Nominal uang akan tetap sama, dan semuanya akan masuk ke shopeepay.

Hal – hal yang mungkin kamu tanyakan. Shopee pay ini adalah seperti dompet pribadi di shopee. Kamu dapat menarik uangnya ke rekening bank. Dan juga dapat digunakan untuk membeli barang kembali di shopee.

Referensi Disini : Berapa Lama Verifikasi KTP ShopeePay ?

Baca Juga Referensi Lain : Berapa Lama Verifikasi Bank Shopeepay ?

Bacalah beberapa referensi di blog ini bagaimana cara menggunakan shopeepay.

Step 4 : Penarikan Uang Dari Shopeepay Ke Rekening Bank

Dan selanjutnya tahap terakhir, “jika membutuhkan

Setelah uang masuk ke shopeepay. Maka kendali sepenuhnya ada pada kamu. Kamu bisa menarik uangnya, kamu juga bisa mengisinya, kamu juga bisa untuk membeli kembali barang di shopee. Karena mungkin semua orang tidak ada rekening bank, maka gunakanlah ovo sebagai perantara dan rekomendasi utama dari saya sendiri.

Bagiamana Cara Tarik Uang Shopeepay Ke Rekening Bank ?

Baca Selengkapnya di Artikel Berikut : Cara Tarik Saldo Shopeepay Ke Rekening Bank.

Referensi Lain : Cara Berbelanja Dengan Saldo ShopeePay Plus Cara Mengisinya.

Demikianlah pembahasan saya hari ini, sekiranya ini bermanfaat, silahkan di share juga ke teman teman yang lain. Sampai disini, kalian sudah tahu banyak mengenai seluk beluk dari trik shopee. Hanya itu dulu mungkin hal yang ingin saya sampaikan hari ini, semoga bisa membantu. Selamat mencoba 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment