Review Aplikasi

Tahukah Kamu, VLC Media Player Punya 3 Fitur Keren ini?

VLC adalah salah satu pemutar video terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menonton video atau film favoritmu. Aplikasi  open source ini dapat memutar beragam format video dan cukup ringan untuk digunakan di komputer dengan spec minimal.

HIngga saat ini, versi Windows dari aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 50 juta kali. Ini sebenarnya tidak mengherankan karena aplikasi ini memang sangat nyaman untuk digunakan sebagai pemutar video. Selain itu, VLC Media Player juga memiliki fitur yang cukup lengkap.

Berbicara mengenai fitur, VLC memiliki banyak fitur keren yang mungkin belum kamu tahu. Seperti :

Memutar Dan Mendownload Video Youtube

JIka kamu ingin memutar video Youtube melalui aplikasi, maka kamu bisa melakukannya di VLC. Bahkan tidak hanya itu, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mendownload video.

Untuk menonton video Youtube, kamu bisa masuk ke menu Media dan buka Open Network Stream.

Setelah itu copy URL video Youtube yang ingin kamu tonton dan paste ke kotak yang tersedia. Klik Play dan VLC Media Player pun akan memainkan video.

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka klik Tools dan pilih Codec Information. Di bagian bawah kamu akan menukan Location.

Untuk mendownload video.  Copy URL yang terdapat di dalam kotak dan masukan ke browser yang kamu gunakan. Browser pun akan memainkan video tersebut. Klik kanan video dan pilih Save As untuk mendownload video.

Mendengarkan Podcast dan Radio Online

Jika kamu suka mendengarkan podcast atau radio online, maka kamu juga bisa melakukannya di VLC.

Untuk mendengarkan radio online, maka kamu bisa membuka Playlist yang terdapat di menu View. Di bawah menu Internet, kamu bisa menemukan dua server radio, yaitu Jamendo dan Icecast. Pilih station yang ingin kamu dengarkan.

Jangan lupa, set Playlist View Mode ke List dengan cara masuk ke View lalu Playlist View Mode dan pilih List.

Jika saluran radio favoritmu tidak terdapat di sana, maka kamu bisa mengcopy URL dari station radio favoritmu. Setelah itu masuk ke Media dan pilih Open Network Stream. Masukan URL tersebut ke kotak yang tersedia dan klik Play.

Untuk mendengarkan Podcast, kamu bisa melakukanya dengan cara berikut.

Masuk ke menu Playlist dan pilih Podcasts yang terdapat di bawah menu Internet. Masukan RSS feed URL podcast yang ingin kamu dengarkan dan klik OK.

Convert Video Ke Format Lain

Seperti yang disebutkan di atas, VLC bisa mendownload video dari Youtube sehingga pengguna VLC tidak memerlukan aplikasi lain jika ingin mendownload video. Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur lain yang tidak kalah keren, yaitu bisa convert video ke format lain. Fitur yang sangat dibutuhkan untuk kamu yang suka menonton video di berbagai perangkat.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa masuk ke menu Media dan memilih Convert / Save.

Setelah itu klik Add dan pilih video yang ingin kamu convert. Jika sudah, klik simbol segitiga di Convert / Save dan pilih Convert.

Pada Profile, kilk simbol segitiga yang terdapat di dalam  kotak. Pilih format yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengklik icon gear untuk pilihan menu yang lebih lengkap.

Jangan lupa, klik browser di menu Destination File jika ingin menyimpan file video yang telah kamu conver ke folder yang kamu inginkan.

Terakhir, klik start untuk memulai proses convert video.

About the author

Alvin

Leave a Comment