Tutorial Windows

Taskbar Tetap Muncul Saat Menggunakan Mode Full Screen? Coba Cara Ini

Mode full screen digunakan saat kita ingin fokus pada hal yang muncul di layar dan tidak ingin terganggu dengan hal-hal sederhana seperti notifikasi, tampilan menu aplikasi dan lain-lain. Umumnya mode ini digunakan ketika menonton video atau bermain video game.

Saya sendiri kesulitan untuk menonton video atau bermain video game tanpa menggunakan mode full screen. Jadi bagi saya, dan mungkin bagi kebanyakan orang, mode ini merupakan mode yang wajib digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti kedua aktivitas tersebut.

Shortcut Keyboard Untuk Mode Full Screen  

Biasanya saat kamu menjalakan video game, maka video game yang kamu mainkan akan langsung berjalan dalam mode full screen. Tetapi untuk aplikasi lain, termasuk pemutar video, kamu perlu mengaktifkan mode full screen secara manual.

Masalahnya, terkadang kita juga tidak tahu tombol untuk mengaktifkan mode tersebut ada dimana.

Nah, biar gak repot cari tombol untuk mode full screen, maka lebih baik gunakan shortcut keyboard saja.

Caranya, cukup buka aplikasi dan klik F11. Dengan begitu, kamu akan langsung mengaktifkan mode full screen.

Oh iya, sebagai informasi tambahan. Untuk sebagian jenis keyboard, terutama di laptop, kamu perlu menekan tombol Fn+F11 untuk mengaktifkan mode full screen.

Solusi Untuk Mengatasi Taskbar Tetap Muncul Di Mode Full Screen

Meski menggunakan mode full screen, terkadang ada gangguan yang muncul dan hal ini tentunya membuat aktivitas menonton video atau bermain game menjadi tidak menyenangkan.

Salah satunya adalah taskbar yang tetap muncul meski sudah menggunakan mode full screen.

Saat hal ini sering terjadi, maka coba update windows ke versi terbaru. Caranya, klik tombol WIndows + I, lalu lanjutkan dengan mengklik Update & Security.

Kalau ada update terbaru, maka kamu bisa melihatnya. Atau, kamu juga bisa menekan Check for updates untuk mencari update terbaru secara manual.

Setelah melakukan update, lanjutkan dengan merestart komputer.

Namun, jika update windows tidak menyelesaikan masalah ini, maka kamu bisa coba cara-cara berikut.

Restart Windows Explorer

Merestart Windows Explorer bisa menjadi cara tercepat untuk mengatasi masalah taskbar yang muncul saat mengaktifkan mode full screen.

Cara merestart Windows Explorer juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka Task Manager dengan cara tekan Ctrl+Shift+Esc. Setelah itu tinggal cari Windows Explorer di tab Processes. Klik kanan pada tab Windows Explorer kemudian silahkan pilih restart.

Uninstall Aplikasi

Saat kita menjalankan PC atau laptop, maka akan ada notifikasi yang muncul dari sejumlah aplikasi.

Jika kamu memeriksa notifikasi yang muncul, lalu kembali ke mode full screen, biasanya hal ini tidak akan mempengaruhi mode tersebut.

Tetapi jika notifikasi memyebabkan masalah, seperti munculnya taskbar pada mode full screen, maka coba cari aplikasi yang menyebabkan masalah tersebut dan uninstall aplikasi tersebut. Atau, kalau mau cara yang lebih mudah, kamu bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

Aktifkan Automatically Hide The Taskbar

Jika cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba menghilangkan taskbar secara otomatis.

Bagi pengguna Windows 10 sendiri, kamu bisa menggunakan fitur Automatically hide the taskbar. Dengan begitu, taskbar hanya akan muncul saat kamu mengarahkan kursor mouse ke bagian bawah layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke menu setting dengan cara menekan tombol Windows dan I secara bersamaan dan lanjutkan dengan mengklik Personalization.

Pilih Taskbar di menu sebelah kiri dan aktifkan pilihan Automatically hide the taskbar in desktop mode. Jika kamu juga menggunakan mode tablet, maka aktifkan juga pilihan yang terdapat di bawahnya.

Sekarang, coba cek apakah taskbar masih telihat atau tidak saat menggunakan mode full screen untuk bermain game atau menonton video.

About the author

Alvin

Leave a Comment