Windows

Tips Agar Komputer / Laptop Ringan, Tidak Sering Hang

Pada laptop atau komputer seringkali terjadi berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna laptop atau komputer adalah hang. Hal tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas ataupun pekerjaan Anda yang berkaitan dengan komputer atau laptop. Terjadinya masalah hang tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat menyimak tips berikut ini.

Agar-Komputer-Laptop-Ringan-Tidak-Mengalami-Hang

Tips Agar Komputer / Laptop Ringan Tidak Mengalami Hang

1. Perhatikan Suhu pada Prosesor

Tips pertama adalah selalu periksa keadaan suhu yang ada pada prosesor Anda. Hal tersebut karena suhu yang terlalu tinggi pada prosesor dapat membuat kinerja komputer terganggu sehingga menimbulkan hang. Untuk kondisi pemakaian normal, suhu pada prosesor berada di bawah 35 sampai 50 derajat celsius. Namun, apabila prosesor Anda memiliki suhu lebih dari 80 derajat, sebaiknya ganti atau periksa kipas prosesor tersebut.

Baca Juga : 3 Aplikasi Penting Pembersih File Sampah Agar Laptop / PC Kamu Tidak Lemot

2. Cek Kondisi Power Supply

Tips yang berikutnya, selalu cek kondisi power supply pada komputer Anda. Hal tersebut karena masalah kelistrikan yang kurang stabil juga dapat membuat komputer atau laptop mengalami hang. Ciri power supply yang bermasalah biasanya memiliki suara keras pada saat digunakan. Apabila hal tersebut terjadi pada power supply Anda, sebaiknya Anda menggantinya dengan power supply yang lebih tangguh.

3. Periksa Kondisi RAM

Tips selanjutnya adalah selalu memeriksa kondisi RAM. Kondisi RAM yang kotor juga dapat membuat kinerja komputer menjadi tidak maksimal dan menyebabkan hang. Untuk itu, Anda dapat secara rutin membersihkan RAM dengan menggunakan kuas. Untuk mengecek kinerja RAM berfungsi dengan baik atau tidak, Anda juga dapat menggunakan software Memtest86 untuk mengetahuinya.

4. Lihat Kapasitas Hard Disk

Hal lain yang dapat membuat perangkat komputer dan laptop mengalami hang adalah hard disk. Untuk itu, Anda harus melihat kondisi hard disk yang Anda miliki. Periksa hard disk tersebut apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Apabila sudah tidak layak, sebaiknya Anda menggantinya dengan hard disk dengan kualitas dan kapasitas yang lebih baik.

5. Cek BIOS

Salah satu penyebab lain terjadinya hang pada komputer atau laptop Anda adalah BIOS. Penggantian pada BIOS seperti prosesor atau overlocking RAM biasanya dapat membuat sistem komputer menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan komputer hang. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengatur ulang BIOS ke pengaturan semula dengan cara mencabut CMOS dan memasangnya kembali.

6. Pengaturan Grafis

Masalah lain yang dapat menyebabkan komputer atau laptop hang adalah pengaturan grafis yang salah. Pengaturan grafis yang tidak sesuai dengan kondisi dan spesifikasi komputer biasanya dapat membuat komputer mengalami overheat. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan software pemantau kondisi komputer sehingga memudahkan Anda dalam menjaga suhu komputer. Selain itu, And juga dapat melakukan pembersihan pada kipas. Bersihkan debu dan kotoran yang ada pada kipas tersebut. Dengan kipas yang dapat berfungsi dengan baik tentu membuat suhu GPU grafis pada komputer Anda menjadi terjaga sehingga tidak menyebabkan komputer mengalami hang lagi.

Baca Juga : Cara Mengecek Type Kartu Grafis Dan Versi OpenGL Di Windows 7,8,10

7. Periksa Keberadaan Perangkat Eksternal

Adanya perangkat eksternal rusak yang masih terhubung pada komputer seperti Keyboard, Mouse, USB, Joy stick, dan lain sebagainya, kadang kala dapat menyebabkan hang. Apabila terjadi hang, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan melepas perangkat eksternal dan mencari tahu perangkat mana yang mengalami kerusakan. Apabila sudah ditemukan, segera ganti perangkat tersebut dengan yang baru. Komputer mengalami hang tentu bukan hal yang menyenangkan, apalagi ketika sedang asyik mengerjakan sesuatu yang cukup penting.

Setelah menyimak beberapa tips yang telah disebutkan di atas, semoga masalah hang pada komputer Anda dapat teratasi.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment