Berita Terbaru Internet

Tips Aman Menggunakan Jejaring Sosial Media

Tips cara aman menggunakan jejaring sosial media.artikel ini mengajarkan kita untuk tetap waspada terhadap kasus kejahatan,penipuan dan perilaku menyimpang negatif di sosial media.agar tidak terjerumus kepada hal yang bisa memburukan keadaan maka simaklah beberapa tips berikut ini.

Siapa yang tak kenal Facebook? Yang mengaku nggak kenal biasanya akan di bibir karena dianggap ketinggalan jaman. Dari anak kecil usia SD sampai kakek kakek umur delapan puluhan semua kini sudah asik Facebookan. Ketika demam Facebook melanda Indonesia demam Twitter yang muncul belakangan Tengah melanda di luar negeri. Twitter memang tidak sepopuler Facebook di Indonesia. Namun di kalangan tertentu Kita juga bisa dianggap kurang gaul kalau belum ngetweet istilah untuk memposting di Twitter. Namun di kalangan tertentu Kita juga bisa dianggap kurang gaul kalau belum ngetweet istilah untuk memposting di Twitter namun selain Facebook dan Twitter beberapa orang menyatakan Justru lebih suka memanfaatkan multiplay atau MP yang hadir lebih dulu dari Facebook dan Twitter untuk membangun jaringan sosial mereka di dunia maya. Ah apa pula yang disebut multiple itu?

Sebelumnya kita pernah memahami dulu istilah jejaring sosial dan blog yang sering muncul dan berkaitan dengan Facebook Twitter dan multiple. Istilah jejaring sosial pertama kali dikenalkan tahun 1954 jejaring sosial sendiri dimaknai sebagai jalan bagi individu dan organisasi untuk saling berhubungan mulai dari teman keluarga dan kerabat kerja. Sejak ditemukan internet yang bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lain mulailah muncul situs-situs jejaring sosial. Sesuai tujuan awalnya yakni untuk membangun hubungan atau komunikasi maka jejaring sosial biasanya menyediakan fitur-fitur yang memudahkan orang untuk menjalin pertemanan atau menemukan kembali teman-teman nama di dunia.

Tips Aman Menggunakan Jejaring Sosial Media
Tips Aman Menggunakan Jejaring Sosial Media

Sedang blog menurut Wikipedia com merupakan singkatan dari kata web log. Yaitu sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan atau posting pada sebuah web page umum. Pada perkembangannya blok ibarat sebuah diary online karena si penulis bebas mengutarakan apa saja baik itu curahan hatinya opini terhadap sesuatu puisi cerpen atau review buku dan film maupun pengalaman yang dialami penulis di dunia nyata. Sifatnya terbuka untuk dibaca Siapa saja yang tertarik masuk ke dalam blog tersebut dengan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan tulisan tersebut. Beberapa perbedaan antara Facebook Twitter dan multiple Facebook dan Twitter masuk dalam kategori jejaring sosial.

Facebook dikenal dengan fiturnya yang lengkap dalam satu situs yakni mengirim pesan atau wall to wall saling menyapa dengan mudah atau poke dan chat upload foto yang banyak diiringi dengan berbagai komentar serta update status pribadi setiap saat. Juga terdapat banyak game yang bisa dimainkan secara bersama-sama. Kebalikannya Twitter justru dikenal dengan fiturnya yang sederhana. Fasilitas utama yang berupa update status dengan pembatasan hanya 140 karakter membuatnya dikategorikan sebagai microblogging. Namun dengan kesederhanaan konon loading Twitter jauh meninggalkan Facebook. Satu hal lagi yang membuat Twitter banyak digemari adalah kemudahan akses berupa update status dengan layanan SMS atau pesan pendek. Mekanismenya SMS dikirim ke pengelola Twitter lalu saat itu juga status akan di update oleh pengelola ke halaman pengguna. Sementara itu multiple bisa dikategorikan sebagai gabungan antara blok dan jejaring sosial.

Karena selain memudahkan pengguna untuk memposting jurnal atau tulisan foto atau video multiple juga memungkinkan untuk menambah teman. Bila kita memposting artikel baru teman-teman kita bisa mendapat notifikasi atau pemberitahuan berupa email. Dan memberikan komentar. Sisi menarik lainnya adalah pengaturan yang memudahkan para pengguna dalam menulis note atau catatan blog upload foto video musik kalender review buku dan film market dan Link kesamaan dari Facebook Twitter dan multiple adalah fasilitas di mana seorang teman bisa merekomendasikan teman lain dan kita juga bisa melihat keterkaitan seseorang dengan teman-teman yang kita miliki.

Hati-hati bergaul dengan jejaring sosial

Lalu apa kekurangan dan kelebihan penggunaan situs-situs jejaring itu? Jejaring sosial pada dasarnya banyak manfaatnya diantaranya banyak orang bisa saling berbagi pengalaman pengetahuan dan tips yang bermanfaat. Para pelajar dan guru juga bisa memanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Bahkan jejaring ini dapat menghubungkan para profesional untuk kepentingan bisnis. Namun ada kekurangan yang cukup mendasar dan jarang disadari oleh pengguna jejaring sosial. Betapa privasi kita yang dengan sadar ataupun tidak Terekam dan tersebar dengan luas dan bebas. Bagaimana profil pribadi kita juga pola kehidupan kita sehari-hari nya terpublikasikan. Juga Melalui aplikasi ini orang dapat menyalahgunakannya salah satunya dengan mendaftarkan seseorang dan mengklaim dirinya sebagai orang tersebut Lalu merusak privasinya.

Belum lagi dari sisi pengelola pada awal tahun 2009 lalu Misalnya Facebook diketahui mengganti peraturan mengenai memanfaatkan data penggunaannya. Dalam aturan yang baru ini pengelola Facebook menyatakan bahwa semua data termasuk foto dan video yang diposting oleh pengguna Facebook akan menjadi hak milik Facebook bahkan ketika pengguna sudah tidak aktif lagi. Peraturan baru ini jelas menimbulkan kontroversi ratusan ribu orang melakukan protes hingga pada bulan april lalu Mark Zuckerberg, pemilik Facebook menyatakan pencabutan terhadap peraturan baru ini dan kembali ke peraturan lama di mana pengguna memiliki kontrol penuh terhadap semua data yang sudah di upload di Facebook.

Namun begitu peristiwa itu memberi pelajaran berharga buat kita bahwa kita harus berhati-hati memilah dan memilih mana data yang aman dan tidak untuk di upload di internet. Nah jelas bahwa kita harus terus berhati-hati dalam memanfaatkan situs jejaring ini termasuk selektif dalam memilih teman yang akan kita add(tambahkan) dalam daftar teman atau Please contact and Friend. Bagaimana jika kita terlanjur memiliki teman yang suka mempublish hal-hal negatif kata-kata buruk. Tak usah khawatir kita bisa menghapusnya dari daftar teman kita. Untuk Facebook misalnya kita dapat pula mengirim email pada pengelola dan melaporkan adanya penyalahgunaan sistem lalu kita bisa meminta mereka memblokir orang tersebut.

Aman dan nyaman Disosial media tapi tetap banyak teman

Jejaring sosial ibarat pedang bermata dua ia bisa bermanfaat namun juga bisa merusak. Berikut ini tips dari kegiatan online kita bisa berlangsung aman dan nyaman tapi tetap memiliki banyak teman:

  • Atur setting privasi yang sesuai dengan kenyamanan dan keperluan kita.
  • Jaga baik-baik password kita jangan sampai diketahui orang lain dan biasanya mengganti password secara berkala. Dan jangan lupa logout usai membuka akun di komputer umum.
  • Lebih berhati-hati dalam memposting atau berbagi Informasi pribadi terutama informasi yang bisa berguna untuk mengidentifikasi ataupun mendapatkan kita dalam keadaan offline seperti alamat maupun nomor telepon.
  • Berhati-hati dalam mengajak teman yang kita lupa atau tidak dikenal. Biasanya memverifikasi dengan melihat mutual friend. Karena dengan mengajak kita membuka Informasi pribadi kita ke orang tersebut.
  • Laporkan pengguna atau isi pesan yang melanggar aturan.
  • Jangan lupa menggunakan waktu secara bijaksana dalam memanfaatkan situs jejaring sosial jangan sampai kecanduan dan lupa waktu.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Tips Aman berselancar didunia maya Menggunakan Jejaring Sosial Media.semoga informasi ini dapat membantu anda 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment