TipsTrick

Tips Cara Menghindar Dari Terlilit Hutang

Tips Cara Menghindar Dari Terlilit Hutang. Mana bisa punya rumah dan barang-barang yang OK bila tidak berhutang. Meski ada penghasilan tak cukup lah kalau harus membeli cash atau membelinya setelah menabung. Sampai kapan? Jadi utang adalah solusi cepat dan mudah toh kita bisa mencicil nya? Mungkin benar tapi ingat ingat lho bila tak disiplin anda akan terlilit utang tak berkesudahan.
Utang berkepanjangan terkadang timbul di luar dugaan atau kontrol anda. Kesulitan termasuk seringkali terjadi dan berpotensi merusak kestabilan keuangan keluarga. Bahkan tak jarang pada sebagian orang utang terus mengejarnya sampai mati. Agar tak terlilit utang sedemikian parah ada beberapa tips bermanfaat untuk anda.

Cara Agar Tidak Terlilit Hutang

1 menghitung jumlah utang

Hitunglah semua utang termasuk bunga dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasinya. Kumpulkan semua catatan tagihan bulanan dan buatlah daftar. Ini penting dilakukan agar anda mendapat gambaran menyeluruh tentang kewajiban utang yang harus dilunasi.

2 skala prioritas pelunasan

Buatlah skala prioritas pelunasan. Utang bernilai tinggi berbunga tinggi dan penting untuk aktivitas sehari-hari misalnya cicilan kredit rumah atau mobil harus ditempatkan pada urutan pertama. Utang yang menyangkut kepentingan keluarga misalnya pinjaman sekolah anak ditempatkan pada urutan kedua.

3 perencanaan keuangan

Anda perlu mengetahui pengeluaran uang selama ini untuk kebutuhan apa saja. Lakukanlah evaluasi kurangi pengeluaran yang tak perlu atau kurang bermanfaat. Setelah itu Buatlah perencanaan keuangan dengan bijak (sesuai kebutuhan) setiap bulannya. Ini penting dilakukan untuk menghindari pemborosan.

4 negoisasi hutang dengan bank

Cobalah mengajukan permohonan penurunan suku bunga kredit pinjaman kepada bank. Ceritakan kondisi keuangan Anda yang sedang sulit sehingga perlu mendapat keringanan bunga. Setiap bank biasanya memiliki beberapa alternatif cara pembayaran pinjaman yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan anda. Cermati pula pola perubahan tingkat suku bunga pada bank di mana anda meminjam uang jangan terjebak pada pola pinjaman yang awalnya terlihat ringan tapi ternyata bunganya akan meningkat di bulan-bulan berikutnya. Jika pihak bank keberatan atas permohonan Anda pertimbangkan Untuk memindahkan kredit ke bank lain yang memiliki suku bunga lebih rendah.

5 mencari tambahan pemasukan

Bila selama ini jumlah pengeluaran anda ternyata lebih banyak daripada pendapatan cobalah mencari pekerjaan sampingan. Misalnya menjadi agen asuransi guru les menerima pesanan kue dan masih banyak lagi.

6 menjual barang mewah

Menjual barang barang mewah milik anda bisa juga dilakukan bila sudah tak ada cara lain. Misalnya menjual perhiasan mobil atau motor. Ada kan garage sale di rumah atau bergabunglah dengan kegiatan serupa yang terorganisasi. Kalau terpaksa rumah pun bisa dijual lalu membeli rumah lagi dengan harga lebih murah.

7 konsultasi dengan ahli

Bila anda belum juga mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan ada baiknya berkonsultasi dengan profesional atau ahli perencana keuangan. Dengan cara tersebut anda dapat mengetahui Langkah apa yang seharusnya dilakukan selanjutnya.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment