Blogging

Tips mudah menulis artikel yang berkualitas cocok untuk pemula

Tips trik cara menulis artikel. Menulis adalah sesuatu yang mungkin terlihat mudah. Namun jika pada kenyataannya menulis itu sangatlah sulit. Ada sebagian orang yang berpendapat menulis itu gampang, namun ada juga yang mengatakan menulis itu sangat sulit. Menulis bisa dilakukan dimana saja. Dibuku, dikertas, dipapan tulis, didinding bahkan dimana saja.menulis pun dapat dilakukan dengan beragam kategori yang anda sukai seperti menulis cerpen, novel,komik, cerita pendek, buku, puisi, artikel dan lain sebagainya. Banyak sekali bentuk kategori pilihan yang bisa anda coba.

Menulis bukan sekedar hobi ataupun mencari uang. Menulis biasanya dilakukan untuk satu tujuan agar tulisannya dapat dibaca oleh orang banyak.Dalam kegiatan menulis banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar apa yang kita sampaikan lewat tulisan kita mudah dipahami oleh orang lain.

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membatasi pada kategori cara menulis artikel blog yang berkualitas tanpa harus menjiplak karya orang lain. Dan tentunya caranya sangatlah mudah.

Menulis artikel blog. Begitulah kira kira kata yang menggambarkan tema yang akan diangkat pada hari ini. dulu menerbitkan sebuah artikel marak sekali dilakukan dikoran. Saya ingat sekali waktu semasa sekolah dulu menulis artikel dikoran harus memenuhi banyak persyaratan.

Jika persyaratan sudah terpenuhi maka artikel anda dapat terbit. Karna itu dahulu para penulis artikel sangat cepat dikenal oleh masyarakat luas. Karna bisa dibilang hanya artikelnya sajalah yang dapat dibaca oleh orang banyak. Berbeda dengan jaman sekarang yang serba modern menulis pun dapat dilakukan dimana saja. Dan tentunya sekarang siapapun dapat membaca artikel yang telah kita buat.

menulis artikel 

Menulis artikel blog tidaklah sesulit apa yang anda bayangkan saat ini. Menulis artikel blog hanyalah menulis beberapa kutipan. Berbeda dengan cara penulisan sebuah buku yang benar benar harus dibuat dulu kerangkanya. Dalam membuat artikel blog anda juga boleh menyusun sebuah kerangka yang pentingnya saja. Yang tidak penting ga usah dimasukan. Namun jika anda ingin menerbitkan artikel dengan ribuan kata didalamnya ya silahkan saja. Karna didalam menulis kebebasan itu sangatlah penting.

Setiap manusia berbeda karakter. Style dan gaya menulis pun juga berbeda. Ada yang menulis pengantar>isi>pembahasan>penutup ada juga menulis dengan style seperti ini permasalahan>pemecahanmasalah>penutup ada juga yang seperti ini isi>pembahasan>penutup ada juga yang langsung keinti isinya. style menulis setiap orang sangatlah berbeda. Itulah alasan bahwa kita tidak disahkan copy paste tulisan orang lain. Karna setiap orang mempunyai style yang berbeda didalam menulis. Perbedaan style ini biasanya terjadi dikarenakan sebuah analisa yang terbentuk didalam diri seseorang yang kemudian dibalut dengan sebuah prinsip yang dipegang teguh oleh orang tersebut.

Misalnya saya analisa lebih bagus membuat artikel dengan cara A karna pembahasannya mudah dipahami dari cara B. Kemudian saya memegang prinsip yang teguh bahwa dengan cara A siapa saja mudah untuk memahami tulisan yang dibuat. Dari orang dewasa remaja bahkan anak kecil sekalipun akan dapat memahami cara A.

Ilustrasi diatas merupakan salah satu perbedaan style gaya seseorang. Dari ilustrasi diatas pasti banyak yang menyanggah mungkin menurutnya lebih baik menulis artikel dengan cara B. Bagaimana sobat sudah pahamkah dengan perbedaan style jika sudah paham mari kita masuk pada bagian terpenting dalam menulis artikel.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menulis

A.Niat

Analisanya sederhana menulis itu sebenarnya mudah jika kita mempunyai niat yang cukup, jika tidak memiliki niat maka akan terasa sulit. Sesuatu yang hendak dilakukan secara terpaksa sebaiknya jangan. Karna itu juga akan berdampak pada hasil yang dikerjakan juga tidak akan memuaskan.

Menulis juga tidak boleh dipaksa. Inilah kesalahan yang banyak sekali dilakukan oleh para penulis yang hendak menerbitkan artikelnya. Mereka memaksakan diri menulis hanya untuk mengejar uang walhasil artikel yang diterbitkan kurang mengena dihati pembaca. Untuk itu jika belum ada mod untuk menulis sebaiknya tunda terlebih dahulu.

B.Tentukan tema sesuai hobi.

Didalam menentukan sebuah tema kita cenderung memilih tema sesuai hobi, kenapa karna rata rata tema yang diangkat sesuai hobinya itu pasti berdasarkan pengalaman penulis tersebut aTaupun tema tersebut sangat diketahui persis ilmunya oleh si penulis.

Menentukan tema artikel sesuai hobi memang harus anda lakukan sebab jika menulis tema sesuai hobi inspirasi yang dituangkan dalam bentuk tulisan nantinya akan sangat banyak sekali.

2 hal diatas merupakan point yang paling penting untuk anda perhatikan sebelum pada akhirnya anda memulai untuk menulis. Tanpa 2 hal diatas anda tidak akan pernah mendapatkan artikel yang berkualitas untuk dibaca. Jika sudah memahami 2 hal diatas marilah kita simak tips cara menulis artikel yang berkualitas.

Cara menulis artikel yang berkualitas
1. Artikel unique dan memberikan ilmu baru

Menulis bukan hanya sedar menulis. Untuk menulis kita harus punya tujuan . Agar pembaca senang terhadap tulisan kita. Adapun tujuan umum dari menulis adalah memberikan ilmu. Untuk itu jika anda memberikan kontribusi terhadap tulisan anda dengan membagikan ilmu baru kepada pembaca. Ini merupakan salah satu ciri artikel tersebut berkualitas. Paling tidak jika buruk dari segi penyampaian nya baik pula dari segi manfaat ilmu baru yang dibagikan.

Update artikel unique berarti update konten yang benar benar original. Artinya sama sekali tidak ada campur tangan contek mencontek meski satu kutipan katapun. Artikel unique disusun secara terstruktur dan dengan gaya style yang khas.

Konten unique merupakan salah satu konten yang sangat disukai oleh banyak pembaca. Ini merupakan salah satu teknik untuk mambanjiri banyak minat pembaca. Jika anda ingin menulis usahakan update konten unique kalau perlu updatelah konten yang belum pernah dibuat oleh orang lain.

2. Gunakanlah tata bahasa yang baku

Penggunaan tata bahasa didalam penulisan sebuah artikel sangatlah penting. Tata bahasa menentukan artikel tersebut bisa dipahami dengan baik oleh pembaca atau tidak. Jika tidak ingin kehilangan pembaca setia artikel anda gunakanlah bahasa yang baku, jangan anda gunakan bahasa daerah atau bahasa suku karna jika anda menargetkan tulisan anda dibaca banyak orang gunakanlah bahasa yang baku.

Selain tata bahasa tata penulisan didalam artikel juga perlu diperhatikan. Usahakan setiap kata disusun dengan baik dari kata pengantar hingga sesi penutupan artikel.

3.menulislah tanpa ragu

Didalam menulis terkadang kita dihadapkan oleh rasa bimbang rasa ragu rasa takut rasa cemas dan banyak lagi faktor yang menghambat tulisan kita. Untuk itu menulislah tanpa ragu.Jangan pernah ragu tulisan kita tidak disukai banyak orang. Tetap saja didalam prinsip jangan pernah digoyahkan oleh faktor yang akan menghambat kita dalam menerbitkan artikel.

pada saat menulis artikel kita diminta untuk memiliki tingkat fokus yang tinggi. Jika terdapat rasa ragu dan bimbang dalam hal menulis maka tulisan yang anda buat tak akan pernah jadi.

4. Teruslah latihan untuk menulis

Inti dari mereka bisa menulis adalah dengan metode latihan yanh dilakukan secara terus menerus ada pepatah yang mengatakan

Ala bisa karna biasa

Itulah alasan kenapa latihan sangat diperlukan untuk penunjang kesuksesan kita dalam menulis sebuah artikel. Jika terbiasa dalam menulis nanti dengan sendirinya kita akan paham cara termudah menulis itu seperti apa harus mulai dari mana dan apa saja yang harus saya tulis.

Intinya teruslah untuk menulis jika sudah terbiasa kita akan bisa membuat artikel yang berkualitas tinggi.

Oke sobat itu saja tips yang dapat admin sampaikan semoga artikel ini dapat membantu anda terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment