TipsTrick

Tips Penting Untuk Amankan Akun Facebookmu

Kehadiran social media seperti Facebook membuat komunikasi semakin mudah. Saat ini, kita bisa menghubungi orang dengan mengirim pesan padanya dan mengetahui kabar yang terjadi pada teman kita melalui status yang mereka update. Di sisi lain, Facebook juga dapat menjadi tempat untuk ajang pamer.

Facebook sendiri merupakan salah satu social media yang paling populer. Di kuartal 1 tahun 2019 kemarin saja, jumlah pengguna aktif Facebook telah mencapai 2,7 miliar. Untuk wilayah Indonesia, jumlah penggunanya mencapai 120 juta akun.

Namun karena begitu populernya Facebook, social media ini pun sering kali menjadi sasaran para peretas yang ingin mencari keuntungan.

Masalah keamanan dan privasi memang telah menjadi masalah yang cukup besar bagi Facebook. Beberapa kali Facebook dikabarkan mengalami masalah terkait para peretas ini. Berbagai upaya pun dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk menghadapi masalah ini, termasuk memberikan edukasi pada para penggunanya mengenai betapa pentingnya untuk tetap menjaga privasi akun Facebook mereka.

Bagi para pengguna, tentu kita tidak bisa sepenuhnya bergantung pada apa yang dilakukan oleh Facebook. Kita juga harus melakukan hal-hal penting agar akun kita bisa terlindungi dari para peretas.

Lalu bagaimana caranya?

Kata Sandi

Sebaiknya kamu tidak menggunakan password yang sama untuk akun Facebook dan email yang kamu daftarkan untuk membuat akun tersebut.

Selain itu, hindari juga password yang cukup mudah untuk diketahui seperti kata-kata atau nama yang umum. Jangan lupa, gunakan kombinasi dari huruf kecil, huruf kapital, tanda baca, simbol hingga kombinasi angka.

Hati-hati Sebelum Log in

Beberapa peretas menggunakan website palsu yang menyerupai Facebook. Jika kamu terjebak, maka kamu akan memasukan nama akun dan passwordmu ke website tersebut. Tentu saja, kamu tidak akan log ini ke Facebook dan password serta nama akunmu akan terekam di website mereka.

Untuk mengindari hal ini, pastikan URL situs yang kamu akses merupakan URL dari Facebook. Jika ragu, coba untuk masuk dulu ke Google dan ketik Facebook.

Lebih Berhati-hati Dalam Menerima Permintaan Pertemanan

Saat ini cukup mudah untuk membuat akun Facebook baru. Hal ini juga sering kali dimanfaatkan oleh para peretas untuk membuat akun Facebook yang nantinya akan digunakan untuk mengajukan permintaan pertemanan pada sasaran mereka.

Jika kamu menerima pertemanan dari pelaku, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan banyak sekali pesan spam dan unggahan yang cukup berbahaya.

Jadi jangan asal dalam menerima permintaan pertemanan. Selain itu, jangan asalĀ  klik URL jika ada teman yang membagikan link-link yang mencurigakan.

Lebih Berhati-hati Saat Mengakses Facebook di Tempat Umum

Terkadang kita menggunakan Wifi publik atau komputer di tempat-tempat umum seperti warnet untuk mengakses Facebook dan akun social media lain. Jika demikian, maka pastikan kamu keluarkan akun social mediamu setelah menggunakan komputer atau Wifi public.

Selain itu, cobalah untuk memeriksa secara rutin aktivitas log in dari perangkat yang tak dikenal. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih Keamanan dan Info Login. Nantinya dibagian Tempat Anda Login, kamu akan menemukan data dari semua perangkat yagn mengakses akun Facebookmu.

Tips lain yang perlu diperhatikan adalah memeriksa dan menscan perangkat yang kamu gunakan dengan antivirus secara rutin. Ini berguna untuk mengetahui apakah perangkat yang kamu gunakan terserang virus atau tidak. Sejumlah virus bisa memperlambat kinerja perangkatmu dan beberapa bisa mencuri datamu.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment