TipsTrick

Tips Penting Untuk Pemula Yang Ingin Rakit PC

Ingin beli atau rakit PC tapi gak mau tahu soal PC? Pokoknya mau langsung jadi. Gak mau mikirin komponen-komponen PC. Kalau sampai sini sih, gampang banget ya? Tinggal ke toko komputer, trus ngomong kaya gini deh “Saya punya budget sekian, saya mau PC buat game” maka akan langsung dibuatin oleh toko tersebut.

Tapi umumnya kalau kita ingin beli PC atau rakit PC, maka kita tidak hanya malas untuk mikirin rakitan PC seperti apa yang kita inginkan dan hardware apa yang perlu dibeli dengan budget sekian.  Biasanya hal ini akan dibarengi dengan perasaan khawatir terkena scam. Dalam arti komputer yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan budget yang kita keluarkan.

Lalu bagaimana cara menghindari hal ini? Untuk membantu kamu dalam hal ini, maka kami hadirkan tips rakit PC untuk orang awam berikut ini.

Persiapkan Rakitan PC mu

Ok.ok, saya tahu kamu tidak mau pusing soal komponen komputer. Tidak mau ribet mempelajari satu-satu barang yang harus kamu beli. Tapi mempersiapkan rakitan PC adalah hal yang sangat penting. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan.

Berpegangan pada racikan PC mu akan lebih terpercaya dibanding berpegangan pada rekomendasi toko. Terutama jika kamu beli di toko offline.

Untuk menentukan racikan PC sendiri, tidak perlu harus mempelajari semua komponen yang ingin kalian beli. Kelamaan. Ditambah lagi jika kamu awam banget soal komputer, kamu akan dibuat pusing dengan informasi yang banyak sekali.

Solusi paling mudah adalah dengan mencarinya di youtube. Atau kamu juga bisa bertanya di grup-grup Facebook yang membahas mengenai komputer. Pengalaman saya sendiri, saat bertanya di grup-grup tersebut, banyak sekali orang yang membantu. Mereka secara suka rela membantu kita dalam menentukan spesifikasi PC seperti apa yang akan kita beli.

Pilih dua atau tiga racikan dan berpeganglah pada racikan tersebut. Sebagai pelengkap, kamu bisa membaca informasi mengenai sejumlah komponen berikut.

Kapasitas RAM

Untuk urusan RAM, saat ini RAM 4 GB masih terbilang cukup. Beberapa komputer yang saya miliki masih menggunakan RAM berkapasitas 4 GB dan rasanya masih cukup nyaman untuk memainkan game-game online ataupun game android menggunakan emulator.

Namun tentu saja, RAM berkapasitas 8 GB lebih baik. Apalagi kalau kamu sampai beli yang 16 GB. Tapi kalau budget terbatas, bisa ngambil yang 4 GB atau 8 GB saja. Jangan lupa, pastikan kalian minta yang lifetime guarantee atau garansi seumur hidup. Dengan begitu, jika rusak kalian bisa minta ganti.

Menggunakan SSD

Untuk saat ini penggunaan SSD sangat dianjurkan dibanding HDD. Terutama jika kamu menggunakan Window 10.

Perhatikan Power Supply

Power supply adalah komponen yang jarang sekali diperhatikan, baik oleh pembeli ataupun toko. Mereka yang ingin membeli PC umumnya lebih memperhatikan processor dan RAM. Selain itu, untuk mereka yang ingin menggunakan PC untuk game, satu komponen lain yang diperhatikan adalah VGA.

Tapi untuk power supply. Mereka yang awam jarang sekali memperhatikan komponen ini. Padahal komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap komponen lain.

Memilih power supply terbilang sangat penting. Terutama jika kalian ingin membeli atau merakit PC dengan budget yang besar.

Intel atau AMD?

Pertanyaan ini sudah gak relavan lagi sekarang karena untuk urusan kualitas, keduanya memiliki performa prosesor yang powerful. Namun untuk kamu yang memiliki budget terbatas, tentu AMD bisa menjadi pilihan utama.

About the author

Alvin

Leave a Comment