Windows

Tool Gratis Terbaik Untuk Mengatasi Error di Windows 10

Sejak dirilis pertama kali di bukan July 2015 lalu, Microsoft terus merilis update Windows 10 untuk memperkuat sistem operasi tersebut. Bisa dibilang, versi Windows 10 saat ini jauh lebih baik dibanding versi yang dulu.

Namun, hingga saat ini para pengguna masih saja merasakan sejumlah masalah pada Windows 10 yang mereka gunakan. Nah, disinilah pentingnya penggunakan sejumlah aplikasi untuk mengatasi masalah-masalah yang umumnya terjadi pada sistem operasi buatan Microsoft tersebut.

Ada beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah pada Windows 10. Namun sebelum membahas aplikasi gratis tersebut, maka ada langkah yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu.

Lakukan Update Pada Windows 10

Ya, saya tahu bahwa melakukan update pada Windows 10 bisa menyebabkan sejumlah masalah yang tidak terduga. Namun dengan mengupdate Windows 10 hingga versi terbaru, maka hal ini dapat mengatasi sejumlah bugs yang cukup mengganggu.

Untuk melakukan hal ini, coba tekan Tombol Windows + I. Menu Setting akan terbuka. Setelah itu pilih Update & Security lalu Windows Update. Jika tersedia update, maka lakukan update.

Perlu diketahui bahwa mengaktifkan update Windows secara otomatis bisa membuat komputer melambat, terutama jika kamu memiliki kapasitas RAM yang pas-pasan. Jadi jika tidak diperlukan, jangan aktifkan fitur tersebut.

Tool Gratis Untuk Mengatasi Error di Windows 10

Berikut adalah beberapa Tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi error pada Windows 10.

IOBit Driver Booster

Meski Windows 10 dapat mengupdate driver secara otomatis, tetapi fitur tersebut tidak sempurna. Terkadang ada driver penting yang tidak terupdate. Jadi jika kamu menemui masalah tertentu pada Window 10, bisa jadi ini karena sejumlah driver yang belum diupdate.

Oleh sebab itu, cobalah install IOBit Driver Booster. Tool gratis ini bisa mengupdate lebih dari 1,000,000 drivers.

Instal Driver Booster di komputermu. Perhatikan baik-baik saat proses instal dilakukan. Saat ada pilihan untuk menginstal software lain, batalkan pilihan tersebut.

Setelah muncul tulisan installation completed, maka klik Scan Now. Nantinya setelah proses scan, akan tampil sejumlah driver yang belum di update. Pilih Update Now untuk mengupdate driver. Jangan lupa, reboot komputer jika diperlukan.

IOBit Driver Booster dapat mengupdate driver-driver yang tidak terdeteksi oleh windows 10.

FixWin 10

Kalau kamu butuh aplikasi portable untuk mengatasi error yang terjadi pada Windows 10, maka kamu bisa menggunakan FIxWIn 10. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki beragam masalah yang terjadi pada system operasi Windows 10.

Pada FixWin 10, terdapat beberapa menu yang dapat digunakan untuk memperbaiki komponen-komponen tertentu seperti System Tools, File explorer dan lain-lain. Setiap pilihan menu tersebut terdiri dari setidaknya 10 hal yang dapat diperbaiki.

Ultimate Windows Tweaker 4

Ultimate Windows Tweaker 4 merupakan software buatan pengembang yang sama dengan FixWin 10, yaitu The Windows Club. Tampilannya juga membuat pengguna tidak kesulian saat menggunakannya.

Namun tidak seperti FixWin 10 yang memang dibuat untuk mencari masalah pada Windows 10 dan membantumu mengatasi masalah tersebut. Dengan Ultimate Windows Tweaker 4 ini, kamu bisa dengan mudah melakukan sejumlah pilihan pada fitur-fitur spesifik di Windows 10, seperti disable fitur, enable, hide hingga menghapusnya.

Sebenarnya hal itu juga bisa dilakukan di Windows 10 tanpa menggunakan software lain. Hanya saja, Ultimate Windows Tweaker 4 menempatkan semua opsi tersebut pada bagian yang rapih sehingga kamu dapat mencari tahu fitur mana yang berhubungan dengan masalah yang terjadi pada sistem operasi yang kamu gunakan.

About the author

Alvin

Leave a Comment