TipsTrick

Cara Terbaru Top Up Saldo OVO Gratis Tanpa Biaya

Sejak menjadi partner resmi aplikasi Grab Indonesia, OVO telah menjadi salah satu alat pembayaran non tunai paling populer di Indonesia. Sejak 2018, OVO memberikan banyak sekali promo yang menguntungkan penggunanya, baik di aplikasi OVO sendiri maupun di Grab.

Sejak pertama kali diluncurkan, dua hal yang membuat orang tertarik menggunakan OVO adalah kemudahan top up dan fitur transfer ke rekening bank tanpa biaya. OVO sempat bekerja sama dengan toko ritel untuk top up saldo tanpa biaya, begitu pula top up lewat ATM dan mobile banking. Namun, lama kelamaan kedua fitur unggulan OVO itu sudah tidak berlaku lagi.

Biaya Tambahan untuk Transfer dan Top Up

Khususnya pengguna OVO Premier kini tidak lagi bisa mengirim uang ke rekening lain tanpa biaya. OVO membebankan biaya Rp2.500 per pengiriman uang, ditambah lagi sekarang juga ada biaya top up senilai Rp1.000 dari mobile banking dan tidak bisa melakukan top up lewat toko ritel.

Satu-satunya cara ‘resmi’ untuk mengisi saldo OVO tanpa biaya adalah melalui pengemudi Grab. Masalahnya adalah kita harus melakukan order Grab jika ingin melakukan top up. Padahal, OVO sekarang tidak hanya digunakan sebagai pembayaran non tunai di Grab, melainkan juga di banyak tempat lainnya.

Biayanya memang hanya Rp1.000, tetapi bagi beberapa orang itu mungkin agak memberatkan. Tetapi jangan khawatir, karena ada solusi alternatif jika kamu ingin melakukan top up OVO tanpa dikenai biaya Rp1.000.

Trik Top Up OVO Gratis dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain OVO, sebenarnya ada pula aplikasi DANA, yang menawarkan transfer ke rekening bank tanpa biaya administrasi. Walaupun, konsekuensinya adalah minimal kamu harus mengirim uang sebesar Rp50.000. Nah, fitur dari DANA itulah yang akan kita gunakan untuk bisa top up gratis ke OVO.

Seperti diketahui, OVO adalah salah satu produk dari Bank Nobu, di mana artinya setiap pengguna OVO pasti memiliki nomor rekening virtual dari bank tersebut. Jika dilihat dari daftar bank yang didukung DANA untuk fitur transfer tanpa biaya admin, Bank Nobu termasuk di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan top up gratis ke OVO.

Sebelum melakukan trik ini, pastikan kamu merupakan pengguna DANA Premium. Jika belum Premium, maka fitur transfer ke rekening bank tidak akan berfungsi. Berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk top up saldo OVO:

1. Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah mengisi saldo DANA. Tenang, dari mobile banking maupun toko ritel, saat ini top up DANA tidak dikenai biaya. Masukkan uang ke DANA minimal Rp50.000 agar tidak dikenai biaya pengiriman ke rekening.

2. Langkah kedua adalah masuk ke aplikasi DANA, kemudian tekan ‘Kirim’.

3. Di sana ada tiga pilihan, yaitu kirim ke nomor telepon (sesama pengguna DANA), ke akun bank dan ke Chat. Pilih opsi kedua, yang mana di atasnya ada batas transfer gratis kamu. Ya, DANA hanya memberikan 10 kali transfer gratis setiap bulannya dan akan dimulai lagi dari nol setiap awal bulan.

4. Tekan ‘Kirim ke Rekening Bank’, kemudian masukkan identitas penerimanya. Tuliskan pada kolom nama bank, tuliskan dan pilih ‘BANK NATIONAL NOBU’.

5. Berikutnya masukkan nomor akun kamu, yaitu dengan menuliskan angka 9 diikuti dengan nomor yang kamu gunakan di akun OVO. Misalnya 9081601282486, itu adalah nomor rekening virtual kamu di Bank NOBU.

6. Jangan lupa tulis nama alias supaya saat ingin melakukan top up lain waktu kamu tidak perlu menuliskan nomor rekening lagi. Lalu tekan ‘Tambah Bank Baru’ untuk menyimpan nomor tersebut.

7. Di halaman pengiriman, masukkan nominal yang ingin kamu kirim ke OVO. Untuk pengiriman tanpa biaya minimal adalah Rp50.000.

8. Setelah itu tekan ‘Lanjut’, tekan lagi ‘Kirim Dana’ dan terakhir masukkan nomor PIN kamu.

9. Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan bahwa ada penambahan saldo OVO atau cek langsung ke aplikasi Grab milikmu.

Kesimpulan

Penjelasan barusan adalah cara alternatif yang mungkin akan kamu perlukan suatu saat nanti. Sebenarnya transfer gratis juga bisa dilakukan lewat aplikasi Jenius dengan syarat harus punya kuota transfer gratis ke rekening lain. Tetapi jika kamu adalah pelanggan Grab, tidak ada salahnya juga untuk top up dengan uang tunai melalui pengemudi karena itu akan memberi mereka poin.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment

2 Comments