Tutorial Blog

Trafik Blog Turun ? Lakukan 6 Langkah Ini Dijamin Work

Terkait dengan apa yang harus dilakukan saat trafik blog turun drastis ?. Apakah kalian pernah mengalami hal ini. Termasuk saya pribadi tentu juga sering trafik atau statistik data pengunjung yang turun drastis. Nah, pada saat turun, sobat akan dibuat bingung mengenai perkara apa yang harus dilakukan ketika trafik blog turun. Siklus ini tidak akan pernah berhenti kecuali sobat tau jawaban serta kuncinya. Jujur saja, tiap kali trafik blog turun itu rasanya malas kali ingin menulis artikel, apalagi membangunnya. Membangun blog itu tidaklah semudah yang kita kira dan tidak instant. Ketika kalian sudah menjejaki kaki kalian ke dunia blogging. Itu artinya, sobat sekalian harus tahan terhadap kendala kecil seperti ini di tengah jalan.

Baiklah, kembali lagi ke topik. Banyak sekali trafik blog itu yang hilang tiba tiba. Tanpa sobat sadari, ternyata ada beberapa hal penyebab blog itu bisa turun pengunjung. Dan bisa sobat baca di link tsb karena saya pernah membagikan artikel tersebut khusus untuk para blogger. Selain itu, sobat juga harus memperhatikan hal hal sekecil apapun mengapa visitor itu berkurang hari demi hari.

Saya pribadi tentunya sudah mengalami hal ini sebanyak berpuluh kali, sehingga mungkin saya sudah kebal terhadap visitor blog ini yang terkadang anjlok. Mungkin inilah beberapa kendala blogger pemula yang baru terjun dan ingin langsung mendapatkan hasil maksimal. Namun kenyataannya itu akan sulit didapat dan mustahil tanpa adanya belajar.

Setau saya, inilah cara meningkatkan popularitas serta menaikkan pengunjung blog kembali. Dan mudah mudahan malah bisa lebih daripada sebelumnya. Bersyukur dan teruslah bereksperimen dengan langkah langkah berikut ini.

Trafik Blog Turun Itu Wajar!

Yang perlu sobat ketahui, hampir semua blogger pasti mengalami yang namanya penurunan. Baik itu penurunan drastis, penurunan musiman, maupun penurunan yang tidak bisa kembali lagi. Banyak sekali hal seperti ini yang saya lihat banyak orang yang menyerah ketika sulit. Padahal kemudahan itu ada pada setelah masa sulit. Dan itulah yang saya pelajari.

Setelah trafik blog turun. Akan ada begitu banyak alasan yang akan berdatangan. Baik itu menyalahkan orang lain maupun menyalahkan diri sendiri. Tentu hal ini pasti akan kerap sobat alami nanti atau kapanpun nanti.

Yang namanya grafik blog turun itu wajar menurut saya. Tetapi, sobat tetap harus menegakkan kepala untuk bangun dari keterpurukan. Dengan Apa ?, dengan melakukan beberapa percobaan misalnya. Saya pribadi menghabiskan waktu untuk belajar sehari adalah 18 jam. Sehingga itupun masih ada saja kekurangannya. Apalagi yang kerjanya cuma main, dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Berdasarkan Riset Rangking Alexa

Dilansir dari artikel saya berikut ini : Cara Mengecek Rangking Alexa Untuk Blog.

Kalau sobat amati dengan baik, semua website atau blog pasti ada yang namanya grafik. Grafik ini membuktikan bukan kesalahan anda ketika blog turun pengunjung. Melainkan minat dari masyarakat indonesia yang berkurang. Kita sebagai blogger hanya mampu untuk menyesuaikan diri dengan yang trending hari ini dan kapan akan turun kita juga harus tau.

Trafik Blog Turun

Kalau sobat melihat, dimana grafik itu adalah letak dan patokan dimana blog kita berjaya dan dimana blog kita lagi jatuh. Beberapa hal yang mutlak dan tak bisa dihindari adalah sebagai berikut :

  • Trafik Blog Turun Itu Mutlak Dan Tak Bisa Di Hindari (Persentase 50%)
  • Trafik Blog Yang Turun Pasti Memiliki Kesempatan Untuk Kembali Naik (Persentase 50%)
2 Pokok Prinsip Seorang Blogger yang harus sobat terima dan dijalankan, bukannya disesali.

Artikel Musiman

Pasti ada yang namanya masa artikel. Artikel itu tidak selamanya bisa bertahan lama kecuali anda memang pakar SEO. Untuk orang biasa/blogger pemula, pasti hal ini adalah menjadi hal ketergantungan. Ketika kita membuat dan mempublish artikel setiap harinya. Pasti ada masanya dimana artikel tersebut tidak laku lagi. Dalam artian tidak akan dan jarang dilihat oleh masyarakat di indonesia.
Pada dasarnya, kalau sobat yang malas untuk membuat artikel. Saran saya bagus sobat meneliti tentang teknik seo. Namun jika sobat bukan tipikal orang yang suka menghabiskan waktu untuk berpikir, bukan jadi masalah.
Sobat bisa gunakan cara umum yang digunakan oleh blogger lainnya untuk membangun kembali pengunjung yang hilang dan turun secara drastis.
Setelah memahami dasar dasar kenapa trafik blog itu bisa turun, kini saya akan membuka pembahasan mengenai bagaimana caranya untuk menaikkan kembali pengunjung blog yang pernah turun. Coba simak dahulu penjabaran dibawah dengan seksama.

Cara Menaikkan Kembali Pengunjung/Trafic Blog

Kalau sobat sudah membaca perihal diatas, merupakan perihal dasar bagi seorang blogger. Jika sobat memiliki kendala lain diluar teknik white hat seo. Maka saya tidak akan membagikannya disini. Salah satunya ialah dengan permainan backlink yang curang (alias tidak murni). Sobat juga tau sendiri apa resiko dengan kesalahan seperti itu. Kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa trik sebagaimana banyak blogger lakukan dalam upaya untuk menaikkan trafik blog kembali.

1. Publish Artikel Dengan Tingkat Pencarian Tertinggi

Sebagaimana yang pernah saya bahas penggunaan tools riset keyword disini
Disana saya telah panjang lebar mengenai penggunaan tools untuk meriset sebuah keyword dan juga judul yang tertarget. Memang benar kesempatan untuk berada di SERP adalah sulit. Namun, sekali lagi kita harus tetap berusaha mempublish artikel yang banyak diminati. Pesaing dan juga blog kompetitor juga harus diperhatikan. Gunakanlah naluri anda artikel yang mana bisa anda jadikan sebagai percobaan untuk berebut di page one google.
Cara ini adalah cara yang agak sulit. Namun, harus dicoba. Karena hanya ini yang bisa berpeluang untuk mendatangkan kembali pengunjung anda yang hilang di telan bumi.
Gunakan trik ini untuk memperbaikinya ya.

2. Buat Artikel Apa Yang Orang Butuhkan

Cenderung ketika orang butuh, pasti akan mencari tau. Ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mendatangkan pengunjung blog yang banyak. Seperti halnya ketika sobat ingin mencari sesuatu. Biasanya model artikel seperti ini akan juga sama berpotensi viral mirip di poin pertama. Sebagai contoh niche tutorial. Hal besar lainnya silahkan kalian pikir sendiri seperti di bagian pendidikan dan lain lain.
Jangka panjang adalah untuk nama lain point ini. Dimana sobat membuat artikel yang tidak akan pernah basi. Namun, tak bisa dipungkiri untuk beberapa bulan juga pasti akan turun.
Siklus ini harus sobat perbaiki dan cari sendiri. Inilah yang dinamakan kreatifitas tanpa batas.

3. Social Signal

Sosial media juga salah satu yang bisa diandalkan. Kini hampir semua orang menggunakan sosial media termasuk saya. Disini sebenarnya kita bisa memanfaatkannya untuk keperluan promosi. Namun kalau menurut saya pribadi ini juga tak begitu penting. Mengapa ?,
Karena menurut saya kualitas blog akan lebih baik ketimbang promosi. Alurnya akan begini.
  • Blog yang berkualitas tanpa promosi pun akan tetap ada pengunjungnya.
  • Promosi harus dilakukan setiap hari dan itu akan menghabiskan waktu sobat sekalian.
Sebenarnya fungsi sosial media disini bukan untuk promosi. Melainkan untuk memperkuat link yang biasa mungkin sobat kenal dengan sosial signal. Ini mampu untuk mengindeks blog lebih cepat ketimbang biasanya dan saya juga sudah membuktikannya sendiri. Bukan untuk memperbaiki peringkat, namun hanya sekedar indeks yang lebih cepat.

4. Struktur Template

Perhatikan juga untuk struktur template. Template juga membawa dampak pengaruh besar bagi pengunjung. Bukan dari tampilan, namun pada struktur. Setiap template pasti memiliki strukturnya masing masing. Namun untuk mencegah terjadinya eror yang mungkin saja tidak sobat sadari. Ini akan membawa pengaruh buruk bagi kesehatan blog anda.
Oleh karena itu selalu perhatikan juga mengenai bersihnya eror blog anda dari struktur template. 
Lalu, sobat mungkin akan bertanya. Bagaimana cara mengeceknya ?

5. Link Broken

Selalu saya bahas di setiap artikel saya mengenai link yang rusak akan membawa pengaruh buruk bagi blog. Seperti dampak pengunjung turun yang bisa saja sobat rasakan sekarang. Seberapa pentingkah ini, jawabannya adalah sangat penting sekali. Ketika link rusak sobat pelihara. Maka akan menyebabkan dampak ke artikel yang lain untuk sulit ke index dengan baik.
Kemungkinan tidak akan saya bahas panjang lebar disini. Saya akan alihkan sobat ke artikel lain untuk permasalahan broken link ini.

6. Pasang Target

Hal terakhir yang ingin saya bahas untuk permasalahan trafik blog turun ini adalah pasang target. Ini merupakan cara yang peling tepat untuk membangkitkan disiplin yang ada di diri kamu. Ini akan sakit diawal namun indah di akhir. Hal terakhir ini mungkin saya tidak bisa panjang lebar lagi. Karena ini adalah intinya. Usahakan dalam satu bulan diawal sobat push atau paksa dan dorong diri untuk konsisten membuat artikel yang bagus setiap hari. Dan saya pastikan sobat yang membaca artikel ini juga sudah pandai sedikit mengenai blogging. Saya rasa sampai disini dulu. Semoga bisa bermanfaat dan berfaedah. Sekian dulu dan Terimakasih telah membaca panjang lebar disini.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

4 Comments

  • halo mas, saya mau tanya. saya baru membuat blog beberapa hari yang lalu dan post nya sudah ada 50an. saya juga sudah memasang https dari cf.

    nah pas submit sitemap ke webmaster nya itu saya pakai https, apakah itu bermasalah ?
    setelah itu saya juga menambah versi http non www dan www (saya baca ini di forum google katanya diperluka).

    kendalanya, sudah ada satu minggu ini liputan index nya (tab index di webmaster) tidak masuk masuk, apakah ini karena saya submit sitemap menggunakan https ? tetapi ketika saya submit sukses.

    tetapi masih saja tab liputan nya masih kosong dan disebut data masih diproses walaupun ini sudah lebih dari seminggu.

    apakah cara saya salah ? ataukah saya harus menunggu ? ataupun membuat ulang ? mohon arahannya…

Leave a Comment