Pemrograman

Tutorial Install Dev C++ Terlengkap

Hai gaes, kembali lagi bersama admin jagoankode disini. Jadi rencana saya hari ini adalah berbagi ilmu lagi seputar programming. Mungkin ada banyak sekali yang ingin berkecimpung ke dunia programmer, tetapi tidak tahu bagaimana cara untuk menggunakannya. Oleh karena itu, kita akan awali dengan menginstall terlebih dahulu. Nama softwarenya pasti sudah banyak yang tahu yaitu DEV C++. Aplikasi ini biasanya dipakai ketika anda ada pelajaran bahasa pemrograman C++ yang mengharuskan anda untuk menginstall DevCpp (Dev C++).

Sebenarnya hal ini saya hanya berbagi pengalaman pada saat saya menduduki di bangku kuliah. Kebetulan, saya juga mempelajari bahasa pemrograman C++ yang mungkin nantinya akan saya share disini juga agar teman teman lain dapat mempelajarinya juga. Sebenarnya Bahasa C++ ini dapat digunakan selain aplikasi/software Dev C++ Seperti Netbeans, text editor simple seperti notepad ++, sublime text dan lain sebagainya. Namun, mayoritas orang menggunakan Dev C++ untuk menggunakan bahasa pemrograman C++, karena sudah termasuk compiler nya sekalian yang tidak perlu kamu install lagi.

Perlu kamu ketahui, awal semua bahasa pemrograman berasal dari bahasa C. Bahasa C disebut sebut sebagai induk bahasa pemrograman yang lain. Nah bedanya di Bahasa Pemrograman C++ ini, bisa dibilang adik dari bahasa pemrograman C. Karena memiliki pengembangan yang lebih simple dan efisien dalam pembuatan program skala besar dan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Dari sini, saya mulai tertarik untuk belajar banyak mengenai bahasa pemrograman C++. Disamping itu, jika kamu ingin mempelajarinya, tentunya kamu harus memiliki aplikasi DEV C++ Sebagai wadah untuk mempelajari bahasa pemrograman ini. Berikut ulasan lengkap untuk Tutorial Cara Install Dev C++ Terlengkap Versi Jagoan Kode.

Download Dev C++ Versi Terbaru

Saya bakalan tetap ngasi link download ke kalian agar lebih mudah. File Sizenya tidak besar sekitar 50 Mb, yang pastinya tidak akan menambah space yang begitu besar di laptop/pc anda, dan tentu juga akan menghemat kuota agan sekalian. Silahkan di comot pada tombol berikut ini.

File Size : 50 Mb
OS : Windows
Support : Windows 7, 8, 8.1, 10. (Tested Win 7)

Setelah mendownload, silahkan disimpen dulu filenya. Dan kita langsung lanjut untuk bagaimana sih cara install Dev C++ ini. Dilanjutkan dengan materi dibawah ini.

Cara Install Dev C++ Terlengkap

Sekarang kamu sudah memiliki file installer Dev C++, berikutnya kita akan mempelajari bagaimana cara menginstallnya. Dan ternyata, kalau untuk dev c++ ini hampir mirip dengan vbnet, yang hanya membutuhkan satu aplikasi saja dilengkapi alat compilernya.

Jadi, gak memerlukan lagi aplikasi lain untuk membantu jalannya program atau aplikasi ini. Silahkan langsung kalian ikuti cara berikut ini.

  1. Double klik installer DEV C++ yang telah kamu download.
  2. Pilih bahasa English, Kemudian klik Ok
    Dev C++
  3. Masuk ke menu selanjutnya, tinggal Klik I Agree seperti digambar berikut.
    I Agree
  4. Lalu, untuk choose components, kamu pilih saja Full, Kemudian Next.
    Setup Dev CPP
  5. Untuk direktori, kamu bebas ingin meletakkan dimana. Saran saya biarkan saja default di c, Lalu pilih Install.
    Dir C++
  6. Sampai disini, Instalasi Untuk Dev C++ Selesai.
    Install Selesai
  7. Langkah selanjutnya adalah pemilihan bahasa, Dan menurut saya, tidak perlu kamu ubah lagi karena bahasa original yang baisa orang gunakan adalah bahasa inggris (original). Silahkan dipilih bahasa english kemudian Next.
    Skin Dev C++
  8. Akan ada konfirmasi konfigurasi bahasa pemrograman C++. Tinggal klik OK.
    Dev C++
  9. Maka tampilan user interface aplikasi Dev C++ sudah dapat digunakan bagi seorang programmer.
    Tampilan Interface DEV C++
  10. Diatas adalah tanda bahwa kamu sudah melakukan instalasi dengan baik dan benar. Sekarang tinggal membuat contoh contoh program kecil dari bahasa pemrograman C++.
  11. Selamat mencoba dan nantikan tutorial dev c++ di jagoankode.

Sekarang, kamu sudah berhasil melakukan instalasi dari DEV C++. Aplikasi ini sangat efektif sekali untuk kamu yang ingin belajar pemrograman c++ untuk pemula. Karena di DEV, kamu tidak perlu menginstall compilernya lagi.

Tinggal siap digunakan dan bisa dipelajari secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dan itulah tadi cara install dev cpp / c++ dari awal hingga akhir. Sekarang, persiapan untuk belajar bahasa pemrograman C++ akan dimulai. Untuk materi lain mungkin akan saya bagikan juga di blog ini di lain waktu, dan silahkan kalian pantengin terus website jagoankode ini. Setelah ini, kamu harus memiliki basic dasar, bagaimana cara menguasai bahasa pemrograman c++ dengan cepat. Baiklah, untuk hari ini saya rasa cukup untuk instalasi aplikasi dev c++. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment