Tech

Yuk, Bahas Smart TV Dan Kelebihan Yang Dimilikinya

Saat membeli TV, ada beberapa hal yang pastinya akan kita perhatian baik-baik, seperti kualitas gambar, ukuran layar, kualitas suara dan konektivitas. Tetapi saat ini, hal lain juga mungkin menjadi perhatianmu, yaitu apakah perlu membeli smart TV atau TV biasa saja?

Nah, jika kamu tertarik dengan yang namanya smart TV, mungkin kamu perlu simak info berikut.

Apa Itu Smart TV

Bisa dibilang, smart TV merupakan TV yang dilengkapi dengan system operasi yang membuat kamu dapat mengakses, melihat dan mengelola konten media secara online. Melalui smart TV, kamu bisa menonton siaran televisi atau film secara online tanpa perlu menggunakan perangkat  lain seperti antenna atau TV box. Meski demikian, kamu tetap memerlukan akses internet.

Bagaimana Cara Kerja Smart TV

Seperti yang kami sebutkan di atas, smart TV dapat mengakses konten secara online melalui akses internet yang didapatkan baik melalui jaringan ethernet ataupun Wi-Fi.

JIka kamu ingin mendapatkan jaringan internet yang stabil, maka kamu bisa menggunakan kabel lan yang terhubung ke modem. Tetapi jika smart TV diletakan di posisi yang jauh atau berada di ruangan yang berbeda dari modem internet, maka Wi-Fi jelas adalah pilihan terbaik.

Setelah TV dinyalakan dan terhubung dengan internet, smart TV akan menunjukan sejumlah aplikasi yang telah terinstal. Selain itu, terdapat pilihan untuk menginstal aplikasi jika kamu membutuhkan aplikasi lain.

Ketika kamu mengklik ikon saluran atau aplikasi tertentu, maka kamu akan masuk ke aplikasi tersebut dan menemukan sejumlah menu yang bisa kamu akses.

Tampilan menu dari smart TV sendiri akan berbeda-beda tergantung dari merek dan model TV apa yang kamu beli.

Keuntungan Yang Akan Kamu Dapat Dari Smart TV

Keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan dari Smart TV adalah kemampuan TV tersebut dalam mengakses banyak sekali saluran yang menyediakan program TV, musik dan film. Hal ini pun dapat dilakukan tanpa menggunakan antenna ataupun berlangganan layanan satelit dan TV kabel.

Selain itu, sejumlah merek smart TV juga menyediakan fitur lain seperti kemampuan untuk melakukan browsing, akses ke konten media yang terdapat di komputermu dan video game.

Fitur Tambahan

Beberapa produk smart TV menyediakan sejumlah fitur tambahan. Salah satunya adalah Screen Sharing yang memungkinkan pengguna menikmati konten yang terdapat di smartphone atau tablet mereka di layar TV tersebut.

Bahkan sejumlah smart TV dapat melakukan hal yang sebaliknya, yaitu mengirim konten dari TV ke smartphone yang kompatibel. Jadi pengguna pun dapat menonton konten yang terdapat di smart TV dari smartphone mereka.

Biaya Tambahan

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh smart TV memang sangat menarik. Tetapi sebelum membeli smart TV, ada baiknya kamu mengetahui budget yang harus kamu keluarkan. Ini karena meski smart TV menyediakan akses kebanyak saluran, tetapi sejumlah layanan hanya dapat diakses dengan berlangganan bulanan ataupun membayar biaya pay-per-view.

Dengan demikian, kedepannya kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengakses konten dari layanan seperti Netflix, Iflix dan layanan streaming lainnya.

Pilihan Alternatif

Gambar oleh Paul Abraham ( Deepaul ) dari Pixabay

Jika kamu punya TV lama, maka sebenarnya kamu juga bisa menikmati sejumlah hal yang dimiliki smart TV dari TV lama tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan perangkat tertentu seperti TV Box atau chromecast.

About the author

Alvin

Leave a Comment