Tutorial Aplikasi

Yuk, Buat Tampilan Google Chrome Jadi Lebih Menarik Dengan Cara Berikut

Jika kamu pengguna Google Chrome, maka pastinya kamu akan tertarik dengan artikel ini.

Kenapa?

Karena di artikel ini kami akan membahas cara untuk mengubah tampilan Google Chrome sehingga menjadi lebih menarik.

Ada banyak hal yang dapat diubah dari Google Chrome, mulai dari warna tab hingga kursor. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca cara mengubah tampilan Google Chrome menjadi lebih menarik di bawah ini.

Mengubah Tampilan Google Chrome

Jika kamu ingin mengubah tampilan Google Chrome agar tampak lebih menarik, maka kamu bisa coba cara berikut.

Menggunakan Tema Yang Berbeda

Di tahun 2019 lalu, Google menghadirkan 14 tema baru yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan Google Chrome.

Jadi jika kamu bosan dengan tampilan standar Google Chrome, maka kamu bisa menggunakan salah satu dari tema baru tersebut untuk mengubah tampilan Chrome.

Untuk menggunakan tema yang berbeda, silahkan ikuti cara berikut.

Buka Google Chome, lalu klik ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Settings.

Di sebelah kiri, klik Appearance. Setelah itu di bagian kanan, klik Themes yang terdapat di bawah Appearance.

Nantinya, di jendela Chrome web store yang baru terbuka, kamu bisa klik View All untuk menampilkan semua tema buatan tim Google. Atau, kamu juga bisa scroll ke bawah untuk menemukan tema lainnya.

Klik tema yang ingin kamu gunakan. Lalu klik Add to Chrome untuk menginstal tema tersebut. Setelah itu, tampilan Google Chrome pun akan langsung berubah.

Jika ingin mengembalikan tampilan Google Chrome ke tema default, maka pada menu Appearance, klik Reset to default yang berada di sebelah kanan Themes.

Mengubah Ukuran Font

Chrome mengijinkan penggunanya untuk mengubah gaya font yang digunakan dan ukurannya. Jika ingin melakukan hal ini, maka kamu bisa membuka menu Setting.

Setelah itu. pilih Appearance.

Lihat di sebelah kanan. Pada menu Appearance terdapat 2 pilihan untuk mengubah font. Jika ingin mengubah ukuran font, kamu hanya perlu mengklik kotak yang terdapat di sebelah kanan Font Size.

Tetapi untuk pengaturan yang lebih detail, silahkan klik Customize fonts.

Pada menu Customize fonts, kamu bisa mengubah ukuran dan jenis font yang digunakan di Google Chrome.

Mengubah Tampilan Kursor

Google Chrome sebenarnya tidak memiliki pengaturan untuk mengubah tampilan kursor. Tetapi kamu dapat melakukannya dengan bantuan ekstensi. Salah satunya yang dapat digunakan adalah ekstensi Custom Cursor.

Untuk mengubah tampilan kursor dengan menggunakan ekstensi tersebut, kamu perlu masuk ke Google web store dan menginstall ekstensi tersebut. Setelah itu, klik icon Custom Cursor dan pilih tampilan kursor yang kamu inginkan.

Tersedia sejumlah tampilan dengan beberapa tema seperti cartoon, TV dan sport. Jika kamu kurang puas dengan pilihan yang tersedia, maka kamu juga bisa klik More cursors untuk menampilkan lebih banyak pilihan.

Mengubah Tampilan Halaman Startup

Kamu bisa mengubah tampilan halaman startup Google Chrome dengan mengklik Costumize yang terdapat di kanan bawah. 

Setelah itu, kamu akan masuk ke menu Customize this page. 

Di sana kamu bisa mengedit background untuk halaman startup, shortcut untuk website yang sering dikunjungi dan warna atau tema Google Chrome.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan ekstensi. Salah satunya adalah Momentum yang sudah saya gunakan sejak lama. Momentum akan menggantikan tampilan halaman startup dengan wallpaper yang sangat cantik.

Menariknya, wallpaper tersebut pun berganti setiap hari secara otomatis. Jadi setiap harinya, kamu bisa merasakan nuansa yang berbeda ketika membuka Google Chrome.

Selain mengubah tampilan latar belakang dengan menyajikan wallpaper yang cantik, Momentum juga cukup berguna untuk meningkatkan produktivitas. Ini karena Momentum menyediakan fitur To do list dan beberapa fitur menarik lainnya.

Fitur to do list pada Momentum sendiri dapat digunakan untuk menuliskan apa saja yang harus dilakukan hal ini. Setelah selesai melakukan salah satu aktivitas yang ditulis, kamu bisa mencoretnya untuk menunjukan bahwa aktivitas tersebut telah dikerjakan. Lalu, kamu bisa fokus menjalankan aktivitas lain.

About the author

Alvin

Leave a Comment