Tech

Yuk, Cari Tahu Apa Itu Cloud Storage dan Bagaimana Cara Kerjanya

Untuk menyimpan file dan data digital, kita bisa menggunakan hard disk, hard disk eksternal dan flash disk. Selain itu, saat ini ada juga metode lain yang saya pikir jauh lebih baik, yaitu cloud storage.

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage atau ruang penyimpanan awan adalah metode penyimpanan data berbasis online. Jadi data atau file milikmu akan dismipan secara online sehingga kamu bisa mengupload file milikmu ke penyedia layanan cloud storage dan mengaksesnya kembali kapanpun kamu mau selama kamu terhubung dengan internet.

Informasi yang terdapat di dalam cloud storage akan disimpan di dalam sebuah server. Umumnya server tersebut dikelola oleh pihak ketiga.

Ada banyak alasan kenapa kamu sebaiknya menggunakan layanan cloud storage untuk menyimpan data dan file milikmu. Beberapa diantaranya adalah tidak perlu merasa khawatir saat kapasitas hard disk mulai menipis, mempermudah akses menuju file penting dan memudahkanmu untuk menyimpan file seperti video dan foto saat liburan,

Dengan cloud storage, kamu bisa mengamankan file milikmu, baik dari orang lain maupun dari kehilangan file akibat perangkat yang rusak. Selain itu, kamu pun bisa mengaksesnya melalui perangat lain selain komputer milikmu, termasuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Hal ini bisa dilakukan kapan pun selama perangkat milikmu terhubung ke internet.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage?

Cara kerjanya terbilang cukup sederhana. Jika kamu mengupload file ke internet dan file tersebut tidak hilang meski dalam waktu yang cukup lama, maka itu juga bisa dikatakan sebagai cloud storage. Ini karena salah satu jenis yang paling sederhana dari cloud storage adalah mengupload file atau data ke server dan nantinya kamu bisa mengakses dan mengambil file tersebut kembali jika kamu mau.

Meski demikian, ada beberapa penyedia layanan khusus untuk cloud storage. Layanan yang memiliki reputasi yang baik umumnya dapat melindungi file pengguna di balik enkripsi. Kamu pun perlu memasukan kata sandi untuk mengakses file tersebut. Terkadang terdapat pula perlindungan otentikasi dua faktor yang membuat siapapun yang ingin mengakses filemu harus memasukan kode lain yang dikirim ke smartphonemu saat ada permintaan log in.

Apa Saja Yang Bisa Disimpan Di Cloud Storage?

Kebanyakan layanan penyimpanan awan mengijinkanmu untuk menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, musik, gambar dan video. Meski demikian, terdapat pula layanan penyimpanan awan yang hanya menerima file jenis tertentu seperti file musik atau gambar saja.

Selain perbedaan pada jenis file yang boleh disimpan, terdapat pula perbedaan pada metode penyimpanannya. Sejumlah layanan penyimpanan awan hanya mengijinkanmu untuk mengupload file dengan cara masuk ke website mereka. Sementara beberapa lagi memiliki aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk mengupload file.

Aplikasi tersebut membuat kamu lebih mudah dalam menyimpan file karena kamu tidak perlu membuka browser dan log in ke website penyedia layanan untuk mengupload file.

Sementara itu untuk pengguna smartphone, beberapa penyedia layanan penyimpanan awan juga mengijinkanmu untuk mengupload gambar dan video langsung dari smartphone milikmu.

Setelah kamu mengupload filemu ke server mereka, maka kamu pun bisa mengakses file tersebut baik dari komputer ataupun perangkat mobile yang kamu miliki saat kamu membutuhkannya. Namun tentu saja, kamu perlu terhubung ke internet untuk melakukan hal tersebut.

Kamu juga akan lebih mudah dalam berbagai file dengan orang lain. Caranya, cukup bagikan link khusus menuju file yang akan kamu bagikan.

About the author

Alvin

Leave a Comment