Info Menarik

Pengalaman Masuk Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Halo sobat. Kembali lagi bersama saya disini admin jagoankode. Mengenal tentang jurusan RPL pasti tak jauh lepas dengan kata programmer. Didalam tingkatan dunia IT (Informatika), Programmer adalah bidang jurusan tertinggi. Tidak jarang kalian sering melihat beberapa programmer yang ahli, sangat mudah untuk meretas, membuat sesuatu bahkan menghasilkan uang. Saya pribadi masuk jurusan rpl sekitar 3 tahun yang lalu. Kesan dan pesan apa saja yang ingin saya sampaikan ke anda sekalian akan saya bahas disini. Berikut pengalaman pribadi saya terkait pemilihan jurusan sekolah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Jurusan RPL itu apa sih ?, sebenarnya apa yang setiap harinya kita belajar adalah mengolah perangkat lunak. Perangkat lunak dalam artian software. Bisa membuat software atau aplikasi android. Dari sinilah basic basic yang akan muncul di diri anda ketika ingin sekali menjadi programmer. Tidak hanya belajar mengenai pembuatan aplikasi atau software, kita juga diajarkan bahasa pemrograman yang dasar. Paling tidak kalau sudah mengerti dasar, kita bisa mengembangkan sendiri menjadi lebih baik lagi.

Kalau jurusan RPL ini, biasanya ada pada jurusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Di bangku kuliah juga ada loh, seperti Teknik Informatika yang sudah mewakili semuanya. Kalian akan tetap menemukan pelajaran RPL ini di bangku smk dan bisa dilanjutkan ke jenjang perkuliahan. Nah, apa apa saja sih memang dibagian rpl itu sehingga orang begitu takut untuk masuk jurusan ini ?.

Kesalahan orang adalah selalu takut diawal, sebenarnya mudah sekali untuk menentukan jurusan sekolah yang tepat. Kalian bisa membaca referensi berikut ini :

Baca : Ini Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Sesuaikan dengan minat dan bakat anda, kalau tidak sesuai alangkah baiknya jangan. Karena jika anda melakukan hal yang tidak anda sukai, maka hasilnya akan buruk.

Pelajaran RPL Sulit ?

Tidak sama sekali, ini hanya menurut saya. Di sekolah kita hanya diajarkan basic atau dasar. Bagian kesulitannya itu sebenarnya gak ada. Seperti pengenalan dasar kalau di bangku smk dan diajarkan bahasa bahasa pemrograman dasar. Itu dasar dan bukan tingkat lanjut.

Baca Juga : Bahasa Pemrograman Yang Harus di Kuasai Secara Dasar

Karena menurut saya itu basic, bukan berarti saya meremehkan pelajaran tersebut. Karena keseluruhan memang basic lah yang terpenting untuk menuju ke tingkat lanjut.

Pengalaman Masuk Jurusan RPL
Pengalaman Masuk Jurusan RPL

Di sekolah, anda tidak akan diajarkan bagian yang sulit dan nantinya akan anda temukan sendiri sewaktu tamat sekolah.

Beda halnya di dunia perkuliahan. Di kuliah, anda akan diajarkan sampai tuntas. Tapi entah kenapa untuk biaya kuliah itu sangat mahal sekali untuk swasta, dan mau tak mau anda harus pandai pandai mencari beasiswa ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Selagi itu hobi, anda tidak akan kesulitan untuk mempelajari hal tersebut.

Menjadi Penghayal Hebat

Saya akui, setelah kalian masuk jurusan rpl, anda akan menjadi seorang penghayal hebat. Seperti pelajaran algoritma, alur kode program dan struktur yang harus dibuat seperti flow chart dan kita diwajibkan menghayal.

Tidak hanya itu, didalam pembuatan program pun sebelumnya anda akan selalu menghayal bagaimana untuk menciptakan apa yang anda pikirkan. Pemikiran itulah yang akan menyambung dan jadi sebuah program yang kalian ciptakan.

Kalau kalian pikir, memang membuat program tidaklah semudah yang kita pikir, dan jangan remehkan.

Penghayal ini sebenarnya sangat bagus sekali untuk anak bangsa, beda halnya yang suka menghayal namun gak mengerjai apa apa ya. Analisa kalian akan lebih tajam dan mampu untuk membuat sesuatu yang luar biasa. Itulah yang saya rasakan sebagian perubahan dari diri saya sendiri.

Menjamin Masa Depan Anda ?

Kalau memang anda serius terjun ke dunia ini, sangat mudah sekali untuk mendapatkan uang. Model kerja programmer, sangat berbeda dari orang kantoran. Gaya hidupnya terbalik dan selalu beda dari segi pemikiran dan penguasaan.

Jadi kalau pertanyaannya menjamin atau tidak itu semuanya tergantung pada diri anda sendiri.

Semua jurusan sekolahpun bagus dan menjamin apabila menekuni dengan benar.

Cuma beda halnya, di dunia IT ini cukup luas dan tidak akan ada habisnya. Akan selalu ada teknologi baru yang setiap hari harus kita pelajari. Jadi gak ada tuh yang namanya malas belajar habis itu nanya pula itu menjamin.

Pengembangan Pembelajaran Selalu Dilakukan Diri Sendiri

Kalau tadi saya bilang anda sekolah diajarkan hanya basic. Seharusnya kalian lebih memperdalam ilmu ini dirumah dan mulai membuat hal – hal yang baru. Paling pantang jika seorang programmer selalu bergantung pada guru. Jurusan RPL Itu selalu belajar dengan otodidak sebenarnya.

Ini jika memang anda sekalian mau berkembang.

Ada begitu banyak orang yang berakhir dengan salah jurusan sekolah dan lagi lagi akan membuat hal yang sia sia. Tetapkan pilihan hidup anda ketika memilih jurusan, karena akan menyangkut pada masa depan anda.

Setelah Tamat Jadi Apa ?

Saya pribadi setelah tamat sekolah adalah kerja. Kerjanya gak sama orang orang di kantor. Melainkan menjadi pekerja bebas. Saya tetap bisa mendapatkan uang dimana saja sesuai dengan kopetensi diri saya sendiri. Jurusan ini sangat dibutuhkan juga di kantoran, namun hati hatilah pada diri anda. Kita akan diperbudak oleh orang sebagai karyawan dan memanfaatkan kemampuan kita.

Saya memilih untuk bekerja dengan diri sendiri, artinya saya tidak ingin ada atasan apalagi bawahan. Saya juga mampu untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. Ada banyak sekali sistem dunia kerja yang ingin saya perbaiki, dan mudah mudahan saja tercapai.

Bagi yang sudah tamat, kalian pasti akan bingung untuk menentukan nasib anda. Oleh karena itu, jangan sia siakan waktu anda untuk hal hal yang tidak berguna sama sekali.

Saya sendiri, malah lebih banyak belajar otodidak ketimbang guru. Kalau kalian ingin maju, maka kalian harus melebihi kemampuan guru kalian terlebih dahulu.

Kalau untuk dunia pekerjaan mungkin bisa kerja di perusahaan untuk yang sudah menguasai bidang ini. Dan malah yang ahli banget, ia gak mau dipekerjakan oleh perusahaan. Karena jurusan RPL ini mampu mencetak siswa yang mencari uang lewat rumah saja, jadi gak perlu panas panas.

Pesan Singkat

Pesan singkat dari saya bagi anak anak yang ingin melanjutkan dunia baru. Perlulah bagi anda memahami hal hal penting untuk dipersiapkan. Segala sesuatu saya hari ini adalah rencana saya 3 tahun yang lalu. Apa yang saya rencanakan semuanya harus terstruktur dan berjalan dengan lancar walaupun ada begitu banyak halangan di tengah jalan.

Jika ingin menjadi sesuatu yang luar biasa, maka anda harus bekerja keras untuk mencapai itu semuanya. Pelajaran akademik seperti tambahan juga harus ikut kita pelajari. Walaupun otak rasanya seperti penuh, namun ini akan melatih anda untuk menjadi seorang yang pemikir.

Menjadi programmer adalah disegani bagi sekian orang. Karena untuk mencapai hal tersebut, memerlukan waktu hingga bertahun tahun dihabiskan untuk belajar. Sedangkan yang belajar saja tidak menjamin jadi programmer, apalagi yang malas belajar. Kalau kalian tipe pemalas belajar, maka sebaiknya jangan masuk jurusan ini karena nanti akan sia sia.

Sekian dulu untuk pembahasan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semuanya yang suka di bidang IT (Informatika). Semoga bisa membantu dan menginspirasi anda sekalian dalam masuk jurusan rpl ini.;

Saya pamit dulu dan silahkan tinggalkan komentar 🙂

About the author

Kahfie IDN

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment

3 Comments