Tutorial Android

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus – Biasanya ketika smartphone mempunyai kapasitas penyimanan yang kecil, maka file yang menumpuk ada kalanya perlu kita hapus agar kapasitas memori lebih besar. Tetapi tidak jarang timbul masalah ketika ingin menghapus file atau folder tersebut, dimana file dan folder tidak bisa kita hapus.

Dalam beberapa kasus kita sering kali menjumpai masalah seperti ini pada smartphone, entah masalah tersebut karena adanya virus atau smartphone mengalami error. Biasanya ketika hendak menghapus akan muncul pesan peringatan “Maaf File Tidak Bisa Dihapus” atau muncul peringatan lain.

Ketika pengguna smartphone awam mengalami masalah ini untuk pertama kalinya, maka akan menyebabkan kepanikan. Nah, jika kamu mengalami masalah tersebut jangan khawatir, karena masalah tersebut bisa kita atasi.

File Manager pada smartphone sudah memiliki sistem agar bisa menghapus semua file dan folder yang berada didalamnya, akan tetapi bis saja ketika melakukan penghapusan muncul masalah seperi ini.

Penyebab File dan Folder Tidak Bisa Dihapus

Ketika pertama mengalami masalah ini, pasti kamu akan langsung panik dan bertanya-tanya kenapa masalah ini bisa muncul? Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi penyebab umum terjadinya masalah tersebut.

  • File tersebut sedang berjalan atau sedang kamu gunakan
  • Terdapat virus pada file atau folder tersebut
  • Tidak memiliki izin untuk menghapus file
  • File tidak bisa kita buka dan lihat, atau file tidak jelas
  • Pemyimapanan SD Card sudah tua

Cara Menghapus File dan Folder Tidak Bisa Dihapus

Setelah mengetahui penyebab kenapa bisa muncul masalah file tidak bisa kita hapus pada smartphone android, lalu kita akan belajar bagaimana untuk cara mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yanga akan kami sampaikan berikut ini:

#1. Menggunakan Aplikasi SD Card Cleaner

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus

SD Card Cleaner merupakan aplikasi yang bisa kita andalakan dalam mengatasi masalah file dan folder tidak bisa dihapus pada smartphone.

Sebelum masuk ke pembahasan, unduh dan install terlebih dahulu aplikasi SD Card Cleaner. Jika sudah, langsung saja masuk ke cara penggunaanya:

  • Buka aplikasi SD Card Cleaner.
  • Lalu, pada halaman utama pilih tombol Start pada bagian bawah untuk memulai scanning.
  • Tunggu hingga proses scanning selesai.
  • Pilih File atau Folder yang ingin kamu hapus dengan mencentangnya.
  • Kemudian, tap tombol Delete dan konfirmasi dengan memilih tombol Yes.
  • Selesai! File dan Folder sudah bisa kamu hapus.

#2. Menghapus File Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Jika menggunakan aplikasi masih belum berhasil, maka kamu bisa menggunakan fitur bawaan smartphone untuk menghapus file dan folder yang membandel.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Lalu, tap Device Maintenance > Sorage.
  • Setelah itu, klik tombol Clean Now dan tunggu proses hingga selesai.
  • Kemudian buka kembali menu Device Maintenance, lalu pilih Memory > Check Now dan tunggu sampai selesai proses sortir file.
  • Terakhir, tekan tombol Clean Now.

#3. Menghapus File Menggunakan Komputer

Untuk tips selanjutnya adalah menghapus file atau folder melalui perangkat komputer menggunakan kabel data untuk menghubungkannya. Atau bisa juga menggunakan Card Reader, jika file tersebut berada pada Memory Card.

Dengan melakukan penghapusan menggunakan komputer memungkinkan kamu bisa menghapus file yang bandel atau tidak bisa kamu hapus sebelumnya.

#4. Factory Reset Handphone

Jika masih belum berhasil menghapus file dan folder pada penyimapanan smartphone, kamu bisa melakukan Factory Data Reset.

Namun, sebelum melakukan cara ini sebaiknya kamu backup terlebih dahulu data dan file yang penting, seperti dokumen, foto, video ataupun aplikasi. Jika sudah, maka kamu bisa langsung menlakukan Factory Reset.

Dengan melakukan cara ini, memungkinkan kamu membersihkan semua data pada smartphone dan membersihkan atau menghilangkan semua masalah pada samartphone, baik itu virus atau masalah lainnya.

Akhir Kata

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus ini sebaiknya kamu lakukan dari yang paling atas terlebuh dahulu.

Sebab cara-cara berikutnya mungkin akan lebih beresiko pada smartphone android yang kamu gunakan, seperti menghilangkan semua data dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment