Tutorial C++ Tutorial Pemrograman

Contoh Program C++ Keliling Dan Luas Persegi Panjang

Hai sobat jagoan!, lanjut ke bagian selanjutnya di tutorial pemrograman c++. Kali ini kita akan membahas contoh program bahasa pemrograman C++, yaitu untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang dengan mudah. Di C++, kita dapat mengoperasikan perhitungan bangun datar dengan mudah. Jika sobat baru belajar mengenai bahasa C++, maka sobat beruntung ke website ini. Saya disini akan membahas lengkap penggunaan c++ dari awal sampai mahir.

Sebenarnya, ada banyak model tipe coding yang bisa kita gunakan untuk pembuatan program perhitungan keliling dan luas persegi panjang. Dan mayoritas, biasanya orang menggunakan preprocessor directive iostream untuk sekedar input ouput program. Sobat bisa membuat bentuk contoh program menjadi variasi sesuai dengan keinginan sobat masing masing.

Pada dasarnya, pengenalan program perhitungan bangun datar seperti ini, sangatlah penting bagi pemula yang baru terjun belajar bahasa pemrograman c++. Untuk saat ini, bahasa c++ sangatlah banyak digunakan oleh seluruh dunia. Oleh karena itu, saya mengerti sedikit tentang bahasa C++, namun tidak terlalu mendalami hehe.

Baiklah, program perhitungan keliling dan luas persegi panjang ini. Kita menggunakan fungsi cin (untuk menginputkan nilai custom), dan menggunakan fungsi cout (untuk mengeluarkan nilai yang tadi kita inputkan). Kemudian akan sedikit saya tambahkan rumus agar perhitungan persegi panjang dapat mengeluarkan hasil yang kita inginkan tanpa ribet menghitung hitung manual.

Contoh Program C++ Menghitung Luas Dan Keliling Persegi Panjang

Untuk source codenya, kalian bisa pastekan kode dibawah ini.

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {
	
	float panjang,lebar,keliling,luas;
	
	cout << "Contoh Program Perhitungan Persegi Panjang by Jagoan Kode\n";
	
	cout << "============================================================" << endl;
	
	cout << "Masukkan Panjang  = ";
	cin >> panjang;
	
	cout << "Masukkan Lebar = ";
	cin >> lebar;
	
	keliling = 2 * (panjang + lebar);
	luas = panjang * lebar;
	
	cout << "Keliling Persegi Panjang Adalah " << keliling << endl;
	cout << "Luas Persegi Panjang Adalah " << luas << endl;
	
}

Hasilnya, akan mengeluarkan keluaran seperti berikut ini.

Keliling Dan Luas Persegi Panjang

Sangat mudah bukan ?.

Nah, sekarang kamu sudah pandai membuat program perhitungan luas dan keliling persegi panjang. Kamu bisa mengulang ngulang coding diatas, dimodifikasi, dan dibuat semenarik mungkin agar kamu dapat mahir ngoding bahasa c++. Untuk menguasai c++, kamu perlu sering mengulang agar kamu mendapat celah di setiap kondisi yang kamu alami.

Mungkin hanya itu saja hal yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bisa bermanfaat. Dan untuk contoh contoh program c++ lainnya, tetap akan saya share juga disini, Baiklah terimakasih dan sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment