Tutorial Blog

8 Tips Membuat Blog Ramai Pengunjung Untuk Pemula

Hai sobat, kali ini admin akan mengulas ulang dan memperbarui beberapa teknik untuk cara blog ramai pengunjung. Membuat blog adalah bukan hal yang mudah, namun dibutuhkan kerja keras untuk membangunnya hingga besar. Dikenal orang banyak merupakan ciri khas blog itu mempunyai banyak pengunjung. Hal yang saya dapatkan berupa pengalaman saya membangun blog dalam 6 tahun ini. Dan ingin sekali rasanya membagikan beberapa trik kepada kalian semua pembaca setia blog ini.

Hampir tiap bulan, google selalu mengupdate algoritmanya, sehingga kita pasti akan kesulitan untuk bersaing di SERP (Search Engine Result Page) Google. Sejauh yang saya tahu, kadang artikel bisa naik dan juga bisa turun drastis. Ini juga disebabkan dari pengaruh update algoritma. Lalu, kita sebagai blogger tinggal mengikuti apa yang disarankan dan apa yang dilarang keras oleh google sendiri.

blog ramai pengunjung

Membuat blog ramai pengunjung, dan mempunyai visitor jutaan perhari di blog adalah impian semua orang. Termasuk saya sendiri, terus mengalami yang namanya jatuh bangun dalam membuat blog. Untuk menaikkan visitor itu sulit sekali rasanya. Namun, apabila sekali saja kita sudah mengetahui trik untuk menaikkan pengunjung blog dengan cepat. Maka, bukan hal yang sulit jika sobat ingin memulainya.

Baca Juga Disini : Cara Ampuh Agar Blog Ramai Pengunjung

Beruntunglah sobat mampir ke blog ini, sebab saya akan membeberkan kepada kalian semua terkait dengan pengunjung blog. Bagaimana mencapai angka ratusan ribuan bahkan jutaan visitor perbulan. Akan saya bahas sebagai berikut.

1. Tentukan Tema Blog Yang Berpotensi Ramai Pengunjung

Yang pertama dalah menentukan niche atau tema blog. Umumnya ketika orang baru pertama kali membuat blog. Maka pasti yang akan mereka tulis adalah niche tutorial blog. Padahal, masih ada begitu banyak niche lain yang lebih oke dan pasti banyak pengunjungnya. Sebagai contoh sobat ingin memilih topik konten pendidikan, soal, dan lain lain. Nah niche seperti ini adalah belum banyak dibuat oleh orang. Dan potensi pengunjung itu pasti banyak. Jika sobat membuat alternatif lain seperti blog gado gado, pasti akan sulit bersaing di serp google. Karena, artikel relevan sangatlah dibutuhkan agar mudah bersaing di halaman satu google.

2. Gunakan Template Blog Yang SEO Friendly

Template blog adalah hal terpenting untuk memulai blog. Pengaruh di SERP Google tetap ada walaupun sedikit. Saran saya pilihlah template yang responsive alias cocok di semua perangkat. Lolos struktur data eror pada alat pengujian google. Lalu beberapa kriteria seperti meta tag yang harus lengkap. Sehingga untuk dapat bersaing, itu sangat mudah sekali. Terutama untuk yang menggunakan platform blogger. Kalau sobat tidak pandai membuat template blog, maka saran saya beli saja kepada penyedia penjual template blog. Ini sangat berpengaruh untuk serp google, dan saya telah mengujinya beberapa kali di blog saya ini.

3. Menulis Artikel Rutin

Yah, yang namanya blogger pasti gak asing lagi dengan istilah menulis. Menulis tapi bukan penulis pemalas, yaitu penulis rutin. Konsisten disini diperlukan untuk memperbanyak pengunjung blog anda. Ketika kita setiap hari mempublish artikel, maka akan semakin bagus dampaknya. Mungkin bukan sekarang hasilnya, nanti kedepan sekitar 1 – 2 bulan bisa kalian lihat hasilnya. Oleh karena itu kerja keraslah dimulai dari sekarang. Ingin punya pengunjung blog yang banyak kok pemalas hehe. Sembari menulis artikel, sobat juga harus meluangkan waktu untuk mempelajari hal hal lain. Sampai pada saatnya semuanya sempurna, dan blog ramai pengunjung pun terwujudkan.

4. Tau Kaidah SEO

Lagi – lagi saya menyinggung tentang search engine optimization. SEO adalah seni untuk memperbaiki peringkat artikel anda di SERP. Tetapi masih banyak sekali yang malas untuk mendalami teknik ini. Memang tidak sebentar belajarnya, saya pribadi yang sudah belajar bertahun tahun saja masih banyak kekurangannya. Apalagi yang sering menyinggung pelajari hal ini namun tidak pernah dilakukan. Kaidah menulis artikel SEO ini sudah banyak yang membagikan lewat internet. Saya mungkin disini hanya membagikan poin poin pentingnya saja. Kelengkapan seperti lebih dalam, bisa kalian pelajari di google karena sudah banyak.

5. Social Signal

Pengaruh sosial media sangatlah kuat. Apalagi untuk mendapatkan blog ramai pengunjung. Bermodalkan sosial media saja, kini kita bisa memanfaatkannya dengan baik hingga juga bisa meningkatkan pengunjung blog. Biasanya para blogger sering menggunakan Facebook, WhatsApp, dan sejenis forum forum seputar diskusi. Kalau untuk sekarang visitor dari sosial media ini sah dan terhitung. Beda sekali kalau dulu waktu pertama kali saya ngeblog. Sosial media tidak terhitung dalam referer analytics. Sungguh menyedihkan sekali bukan nasib saya, baiklah cara ini bisa kalian coba ya. Seperti gunakan shortlink agar menjaga blog tetap aman.

6. Backlinks

Backlink adalah pondasi penting dalam membangun sebuah blog. Kalian bisa mencari backlink ini bertahap dan perlahan. Walaupun agak sedikit lama dan memakan waktu bertahun tahun untuk membangun da pa blog. Tetapi yang namanya usaha itu wajib bukan. Kalau kalian memang ingin pengunjung blog kalian banyak dan ramai dalam waktu yang singkat. Maka, menurut saya itu adalah hal yang mustahil. Mana ada orang membangun blog dengan waktu yang sebentar. Saya pribadi sudah menghabiskan waktu 6 tahun dalam membangun blog ini.

Kalian juga dapat mendapatkan backlink gratis dari blog ini. Saya telah membuka member area khusus guest post. Jadi, kalian tidak akan kesulitan dalam mencari backlink lagi. Untuk kelengkapannya silahkan dibaca : Guest Post Gratis Jagoan Kode.

7. Buat Artikel Jangka Waktu Panjang

Selanjutnya adalah buat artikel yang bersifat jangka waktu panjang. Bukan memanfaatkan topik yang trending lalu hilang begitu saja. Artikel jangka waktu panjang berpotensi menghasilkan pengunjung lebih disaat kalian sedang malas menulis artikel. Banyak orang yang belum mengetahui teknik ini, ini adalah seni untuk mempertahankan pengunjung dalam waktu yang lama. Jadi, konten anda tidak mudah basi dalam jangka beberapa waktu. Pemilihan judul artikel juga tidak sembarangan, kalian harus riset terlebih dahulu sebelum mempublish artikel blog.

8. Gunakan Topik Yang Sedang Trending

Trik yang terakhir adalah memanfaatkan topik yang sedang trending. Carilah beberapa judul yang sedang diperbincangkan oleh orang banyak. Disana kalian dapat memulai menulis artikel dan bisa langsung menggaet pengunjung blog dengan cepat. Saya pribadi pernah menggunakan teknik ini sebagai proses menaikkan pengunjung. Terlebih lagi, ada terbagi dua kategori konten trending. Yang pertama konten trending yang mudah basi, dan yang kedua konten trending yang jangka waktunya lama. Seperti yang saya bahas di poin 7. Ini hampir sama dan salah satu cara agar blog ramai pengunjung dengan cepat.

Sekian dulu artikel ini dari admin jagoankode, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. 8 Teknik diatas adalah teknik rahasia yang selama ini belum banyak di ketahui orang. Silahkan kalian praktekkan dan selamat mencoba.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment