Internet

5 Platform Streaming Musik via Browser, Selain Spotify dan Joox

Jika kamu sedang mencari platform streaming musik terbaik untuk berlangganan, Spotify dan Joox mungkin akan ada di dua teratas. Bahkan YouTube Music juga mulai banyak digunakan sejak kehadirannya di Indonesia. Tetapi, sebenarnya ada beberapa platform ‘kurang terkenal’ lainnya yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mendengarkan musik secara streaming.

Adapun fokus kali ini adalah platform streaming musik yang bisa diputar langsung melalui browser. Masing-masing menawarkan keunggulan yang berbeda, seperti antarmuka, pendaftaran gratis, dan biasanya ada pilihan paket premium untuk lebih banyak fitur. Tidak perlu berlama-lama, berikut adalah lima rekomendasi teratas selain Spotify dan Joox.

1. Aux

Ingin mendengarkan musik dari YouTube, SoundCloud, Deezer, dan MixCloud dalam satu platform? Aux memungkinkan hal itu dan tanpa perlu berlangganan paket premium. Kamu hanya perlu membuka situs web aux.app dan sambungkan akun platform musik pihak ketiga milikmu.

Kelebihan dari Aux ini adalah mereka menawarkan streaming dari empat platform sekaligus dengan antarmuka yang rapi. Pencarian lagi dari semua layanan tersebut sangat mudah dan bisa ditambahkan ke daftar putar khusus. Bahkan kamu bisa mendengarkan musik dari YouTube tanpa iklan.

Jika ingin membuka Aux terpisah dari jendela browser, tersedia pula aplikasi desktop mandiri yang bisa kamu pasang.

2. Mozaart

Mozaart bisa dibilang sebagai katalog musik yang terhubung dengan semua lagi di YouTube. Secara konsep mirip seperti Aux, tetapi platform ini hanya mengambil musik dari satu sumber. Kelebihannya adalah kamu dapat mencari lagu berdasarkan kategori atau chart di negara tertentu.

Masuklah ke menu Charts untuk mendapatkan 50 lagu yang tengah menjadi tren di suatu negara termasuk Indonesia. Klik tombol Play di samping judul lagu untuk mulai mendengarkan musik. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyortir lagu-lagu favorit dari YouTube tanpa terganggu hasil pencarian lainnya.

3. Spinrilla

Bagi pecinta musik hip-hop, Spinrilla adalah platform musik gratis dan legal terbaik untuk didengarkan. Ada banyak seniman hip-hop yang masih merilis mixtapes mereka sendiri atau membuat remix baru. Kabar baiknya, penggemar genre musik ini sekarang dapat mendengarkan karya musisi internasional favorit mereka di Spinrilla.

Aplikasi ini memang secara khusus hanya menyediakan mixtape hip-hop. Kamu dapat menjelajahi mixtapes yang sedang tren, populer dan yang akan segera dirilis. Ada fitur untuk menyimpan daftar lagu dan mixtape, dan membuat daftar putar favorit. Spinrilla benar-benar pemutar musik streaming tanpa iklan seperti layanan streaming musik lainnya.

4. Google Play Music

Alternatif berikutnya adalah Google Play Music, yang juga memungkinkanmu untuk mendengarkan musik dari browser. Akan tetapi, platform ini belum tersedia secara resmi di Indonesia. Oleh karenanya, kamu perlu menggunakan ekstensi VPN di browser agar dapat membuka dan menggunakan layanan Play Music.

Tidak seperti kebanyakan platform musik berlangganan, jumlah melewati lagu yang bisa kamu lakukan tidak terbatas. Selain bisa dibuka lewat situs web, coba juga ekstensi Chrome untuk Play Music yang bisa dipasang secara gratis. Jika kamu mencari cara untuk menyimpan musik Anda secara online dan Anda tidak ingin berlangganan atau membayar musik tambahan, Google Play Music sangat recommended.

5. Langit Musik

Ini adalah layanan streaming musik lokal dan tampaknya satu-satunya yang menyediakan platform pemutar berbasis situs web. Meski demikian, kamu harus login agar bisa mendengarkan lagu secara utuh. Caranya, daftarkan dulu diri kamu lewat aplikasi Langit Musik di smartphone, kemudian login menggunakan akun yang sama di situs web.

Pada saat tulisan ini dibuat, pendaftar baru akan mendapat bonus berlangganan premium selama 30 hari. Adapun fitur yang bisa didapat antara lain mendengarkan musik berlabel ‘Premium’ dan mendengarkan musik secara offline.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment