Tutorial Windows

Cara Menggunakan Fitur Perekam Layar Di Windows 10

Ada sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam layar di Windows 10. Tetapi jika kamu hanya ingin merekam program yang sedang kamu gunakan, maka kamu tidak memerlukan aplikasi tersebut.

Ini karena Windows 10 sendiri memiliki fitur bawaan yang dapat merekam layar. Fitur tersebut adalah Game Bar. Sesuai namanya, aplikasi ini memang dibuat untuk mendukung aktivitas bermain Game. Tetapi kamu bisa menggunakan untuk merekam layar.

Cara Membuka Game Bar

Jika kamu membutuhkan tool yang dapat melakukan hal lain, seperti mengubah resolusi video atau merekam beberapa jendela secara spesifik, maka kamu perlu menggunakan aplikasi lain.

Tetapi jika kamu hanya ingin merekam aktivitas aplikasi yang berjalan di layar komputer, maka silahkan ikuti langkah berikut.

Menggunakan Windows 10 Game Bar terbilang sangat mudah. Tekan saja tombol Windows dan tombol G secara bersamaan untuk membuka aplikasi tersebut.

Jika Game Bar tidak terbuka, maka kamu mungkin perlu masuk terlebih dahulu ke Windows Store dan mendownloadnya.

Jika setelah itu masih tidak terbuka, maka coba klik tombol Start, lalu masuk ke Setting, lanjut ke Gaming dan terakhir, pilih Game Bar. Pastikan fitur tersebut dalam keadaan aktif dengan cara merubah tombol toogle dari Off ke On.

Cara Merekam Menggunakan Game Bar

Untuk mulai merekam dengan menggunakan Game Bar, maka langsung saja klik tombol Start Recording. Atau tekan saja kombinasi tombol Windows + Alt + R. Nanti, kamu akan menemukan icon kecil yang menunjukan bahwa Game Bar sedang merekam.

Jika ingin berhenti merekam, maka klik saja tombol Stop, atau tekan kembali kombinasi tombol Windows + Alt + R.

Melihat Hasil Rekaman

Untuk melihat hasil rekamanmu, maka kamu bisa pergi ke This PC. Lalu setelah itu pilih Video dan klik Captures. Di sana, kamu akan menemukan hasil rekaman yang telah dibuat.

Umumnya hasil rekaman akan dinamai berdasarkan program yang kamu buka saat proses merekam sedang berlangsung.

Merekam Audio

Jika kamu ingin menyalakan microphone dan merekam suaramu saat Game Bar merekam video, maka kamu bisa menekan tombol Windows + Alt + M.

Tekan kembali kombinasi tombol tersebut untuk mematikan microphone.

Selain merekam suara dari microphone, Game Bar juga bisa merekam suara dari semua aplikasi, termasuk aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Lalu bagaimana jika kamu hanya ingin merekam suara dari aplikasi yang sedang kamu gunakan? Agar dapat melakukan ini, tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar. Di sana, klik tombol Setting.

Di jendela Game Bar Setting, pada Audio to record di tab Capturing, pilih Game + Enable Mic.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Windows 10 Game Bar sebenarnya merupakan aplikasi yang diciptakan untuk merekam aktivitasmu saat bermain video game. Meski demikian, Game Bar juga berfungsi dengan cukup baik saat digunakan untuk merekam aplikasi lain.

Hanya saja ketika menggunakan Game Bar, terkadang pada sejumlah program, seperti Adobe Photoshop dan beberapa jenis browser, kamu akan menemukan pesan yang mengatakan bahwa fitur permainan tidak tersedia untuk aplikasi ini.

Jika menemukan hal seperti ini, maka solusinya, klik saja kotak yang terdapat di jendela tersebut.

Hal lain yang perlu diketahui adalah Game Bar tidak dapat digunakan untuk merekam Desktop atau Windows Explorer. Jadi jika ingin merekam Desktop, kamu memerlukan aplikasi lain untuk melakukan hal tersebut.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment