Tutorial Windows

Cara Mengganti Background Power Point

Cara Mengganti Background Power Point โ€“ Power Point merupakan salah satu program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft untuk kebutuhan kegiatan presentasi. Umunya Power Point dapat membatu kita melakukan presentasi dalam pekerjaan, bisnis hingga pendidikan.

Dengan menggunakan program satu ini, maka presentator hanya perlu menempatkan beberapa data dan poin penting yang akan disampaikan kepada audiens. Setiap slide presentasi bisa kamu sesuaikan tampilan hingga tata letaknya semenarik mungkin agar poin dari materi bisa tersampaikan dengan baik.

Salah satu hal paling penting yang harus kita sisipkan dalam slide presentasi Power Point adalah background. Kenapa begitu? Karena disetiap tampilan slide dokumen presentasi Power Point memiliki background didalamnya. Bisa saja kamu menggunakan background default, yaitu warna putih. Tetapi bila menggunakan background default, maka tampilan slide kamu akan sangat membosankan untuk dilihat audiens.

Nah, karena hal itu sebaiknya kita merubah tampilan background Power Point dengan gambar, tekstur atau dengan merubah warna background ke warna lain.

Cara Mengganti Background Power Point

Terdapat beragam cara yang bisa kita lakukan untuk mengganti dan merubah background pada dokumen slide presentasi Power Point. Tutorial yang akan kami bagikan bisa kamu terapkan pada Microsoft Power Point versi 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

Pada tutorial ini kami menggunakan Power Point 2019, berikut langkah-langkahnya.

Merubah Background Power Point Per-Slide

Buka program Power Point dan buat dokumen presentasi baru dengan cara klik New > Blank Presentation. Jika ingin merubah dokumen yang sudah kamu buat atau sudah ada, lewati langkah ini.

Cara Mengganti Background Power Point

Setelah dukumen terbuka, kemudian buka menu Design dan pilih opsi Format Background yang berada pada bagian pojok kanan atas.

Cara Mengganti Background Power Point

Lalu pilih Picture or texture fill dan klik Insert untuk menambahkan gambar.

membuat background di power point

Kemudian pilih gambar yang akan kamu jadikan background Power Point, setelah itu klik Insert.

membuat backgrpund di power point

Selesai, background Power Point sudah berhasil kamu rubah dengan gambar pilihan kamu sendiri.

membuat background di power point

Merubah Background di Semua Slide Power Point

Jika kamu ingin merubah atau mengganti background Power Point sekaligus, kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

Pertama buka Power Point pada Laptop/Komputer yang kamu gunakan.

Cara Mengganti Background Power Point

Setelah terbuka, kemudian Klik Kanan pada salah satu slide dan pilih Format Background.

membuat background di power point

Lalu akan muncul menu Format Background,pilih Picture or texture fill.

membuat background di power point

Kemudian pilih Insert dan pada menu Insert Pictures pilih From a File, lalu pilih gambar yang akan kamu jadikan background dari penyimpanan komputer.

membuat background di power point

Jika gambar sudah kamu pilih, lalu klik Insert untuk memulai.

membuat background di power point

Background sudah berhasil kamu rubah. Nah, untuk merubah semua background slide Power Point secara otomatis klik Apply to All.

membuat background di power point

Mengganti Background dengan Varian atau Model Lain

Background Power Point tidak hanya bisa rubah dengan gambar yang kamu pilih dari penyimpanan komputer, namun bisa juga kamu rubah dengan beragam varian dan jenis background yang tersedia dalam Power Point.

Background Sollid Fill

Background Sollid Fill

Pada menu Format Background, pilih Solid Fill dan klik Color.

Pilihlah warna background sesuai dengan keinginan, bila ingin nuansa background lebih hidup kamu bisa pilih warna cerah.

Background Gradient Fill

Background Gradient Fill

Masih dalam menu Format Background, pilih Gradient Fill.

Kemudian atur gradien warna sesuai dengan keinginan, mulai dari Preset gradients, Color, Gradient stop,Transfarancy dan lain sebainya.

Background Pattern Fill

Background Pattern Fill

Masih sama pada menu Format Background, pilih Pattern Fill.

Pada menu Pattern terdapat berbagai macam model background yang tersedia. Silahkan pilih model background sesuai dengan keinginan agar tampilan slide presentasi menjadi lebih menarik untuk audiens lihat.

Cara Menghapus Background Power Point

Setelah mengetahui cara mengganti background Power Point ada baiknya kamu juga mengetahui cara menghapus background-nya. Langkah yang akan kami bagikan ini bisa untuk menghapus background secara satu per satu atau semua sekaligus.

Pilihlah salah satu slide yang ingin kamu hapus background-nya.

Kemudian Klik Kanan pada slide tersebut, lalu pilih Format Background.

Cara Menghapus Background Power Point

Setelah itu pilih Reset Background untuk mulai menghapus background. Maka background akan terhapus secara otomatis. Jika tombol Reset Background tidak bisa kamu klik, pilih Solid Fill maka backround akan kembali ke default.

Cara Menghapus Background Power Point

Untuk menghapus semua background sekaligus, klik salah satu slide kemudian tekan CTRL + A pada keyboard. Kemudian klik Reset Background atau Solid Fill untuk menghapus dan mengembalikan background ke default.

Cara Menghapus Background Power Point

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai Cara Mengganti Background Power Point yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Silahkan pilih salah satu cara yang menurut kamu paling mudah dan simpel. Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan kamu dalam membuat dokumen presentasi bisnis maupun pendidikan.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment