Tutorial Windows

Cara Untuk Menginstal Font di Windows 10

Ada banyak font yang bisa kamu gunakan di Windows 10. Tetapi, terkadang kita membutuhkan font yang lebih menarik, baik untuk proyek desain grafis, presentasi PowerPoint ataupun keperluan lainnya.

Nah, pengguna Windows 10 sendiri cukup beruntung karena ada lebih banyak font yang bisa didownload dan diinstall pada OS tersebut.

Melalui artikel ini, kami akan membahas bagaimana caranya mendownload dan menginstal font di Windows 10. Jadi jika kamu perlu menambahkan font di OS tersebut, maka silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Menginstal Fonts Melalui Microsoft Store

Cara paling mudah menginstal font adalah melalui aplikasi Microsoft Store. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka menu Setting, lalu klik Personalization.

Pada menu tersebut, klik tab Fonts.

Di sana kamu akan menemukan link menuju Microsoft Store. Klik link tersebut untuk mendownload lebih banyak font.

Selain melalui Microsoft Store, kamu bisa mendownload font melalui sejumlah website yang menyediakan font-font gratis maupun yang berbayar.

Umumnya font yang didownload melalui website tersebut tersimpan pada folder Zip. Jadi setelah mendownload font, klik kanan pada file tersebut dan pilih Extract All.

Setelah di ekstrak, klik kanan pada font dan pilih install.

Menggunakan Fitur Drag dan Drop

Jika kamu suka melakukan drag dan drop file, maka kamu bisa mengikuti cara berikut.

Download font di website yang menyediakan font. Setelah itu ekstrak font dari folder Zip.

Langkah selanjutnya, klik search box pada taskbar yang terdapat di bawah. Di sana, ketik Control Panel. Setelah itu, masuk ke Control Panel dengan cara mengklik pilihan tersebut.

Pada Control Panel, masuk ke Appearance and Personalization dan klik pada tab Font.

Begitu menu Font terbuka, kembali ke folder tempat kamu menyimpan font yang akan kamu install. Klik font tersebut dengan menggunakan tombol kiri mouse. Lalu sambil tahan tombol kiri tersebut, geser font ke jendela Fonts.

Nanti akan ada informasi yang menunjukan bahwa font sedang diinstal. Begitu prosesnya selesai, maka font pun bisa langsung digunakan.

Sebagai catatan, proses drag dan drop font ini juga bisa dilakukan di menu setting. Caranya, cukup buka menu Setting, dari sana masuk ke menu Personalization.

Setelah itu, klik font yang ingin kamu install dan sambil menahan tombol kiri mouse, arahkan font ke kotak persegi panjang yang terdapat di bawah Add Font.

Cara Menghapus Fonts

Terkadang kamu ingin menghapus sejumlah font yang terdapat di komputermu. Mungkin alasannya karena terlalu banyak font yang diinstall atau banyak yang tidak digunakan sehingga lebih baik font tersebut dihapus saja.

Jika demikian, kamu bisa melakukan hal ini dengan cara masuk ke Control Panel. Caranya sudah dijelaskan di atas.

Di Control Panel, masuk ke Appearance and Personalization, lalu klik tab Fonts.

Di sana, cari font yang ingin kamu hapus. Setelah font ditemukan, maka klik font tersebut dan klik delete di menu bar yang terdapat di bagian atas font. Atau, kamu juga bisa mengklik kanan mouse pada font dan memilih delete pada jendela menu yang muncul, lalu pilih Yes.

Mereset Font Default

JIka kamu secara tidak sengaja menghapus font penting, maka kamu bisa mereset kembali font tersebut dengan cara berikut.

Masuk ke Control Panel dan klik Appearance and Personalization, lalu klik tab Fonts. Setelah itu klik Fonts Setting yang terdapat di menu sebelah kiri.

Pada jendela Fonts Setting, klik Restore default font settings button untuk mengembalikan font yang terhapus.

About the author

Alvin

Leave a Comment