Tutorial Windows

Begini Caranya Buka Command Prompt Di Windows 7 Dan Windows 10

Jika kamu menggunakan Windows dalam waktu yang cukup lama, maka tentunya kamu tidak asing dengan yang namanya Command Prompt. Program ini merupakan salah satu program command-line interface yang terdapat di sejumlah versi Windows.

Kamu pun pastinya tahu bahwa di Command Prompt, kamu bisa memerintahkan Windows untuk menjalankan perintah tertentu seperti ping, attrib, netstat dan shutdown. Selain itu, Command Prompt seringkali sangat berguna saat Windows mengalami masalah.

Tetapi hingga saat ini masih ada yang belum paham mengenai Command Prompt ini. Banyak pula yang tidak tahu bagaimana cara membukanya meski sudah menggunakan Windows berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Saya sendiri dulu mengalami hal yang sama. Meski sudah menggunakan Windows dalam waktu yang lama, ada waktu dimana saya tidak tahu bagaimana cara membuka Command Prompt sehingga saya harus mencari cara tersebut di internet.

Jadi melalui artikel ini, saya akan membahas mengenai cara membuka Command Prompt di Windows 7 dan Windows 10. Siapa tahu ada pembaca yang membutuhkannya.

Membuka Command Prompt Di Windows 10

Kamu bisa mengakses Command Prompt dengan beberapa cara.

Cara pertama, klik Icon Search yang terdapat di samping tombol Start. Setelah itu di kolom pencarian ketik CMD. Nanti Windows 10 akan menampilkan Command Prompt. Klik saja untuk memunculkan program tersebut.

Cara kedua untuk membuka Command Prompt di Windows 10 adalah dengan mencarinya di folder start menu. Untuk melakukan ini, klik tombol Start. Dari sana pilih folder Windows System. Ada banyak pilihan yang akan terbuka. Pilih Command Prompt.

Cara ketiga juga tidak kalah mudah dengan cara di atas. Caranya adalah melalui Power User Menu.

Pertama, klik kanan di tombol Start. Nanti muncul menu baru. Pilih Command Prompt dari menu tersebut.

Di beberapa versi Windows, Command Prompt digantikan dengan PowerShell. Jika demikian, kamu bisa gunakan cara lain.

Selain menggunakan klik kanan, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan Win + X. Fungsinya sama, yaitu memunculkan menu Power User.

Membuka Command Prompt Di Windows 7 

Ada banyak cara untuk membuka Command Prompt di sistem operasi Windows 7. Semuanya tidak sulit untuk dilakukan. Tapi jika kamu bingung dan tidak tahu bagaimana caranya, maka cukup ikuti saja langkah-langkah yang kami tampilkan di bawah.

Cara pertama, buka Start Menu yang terdapat di kiri bawah layar. Nanti di kolom pencarian, ketik cmd. Setelah itu di bawah program, akan terdapat pilihan untuk mengakses program command-line interface tersebut. Klik saja untuk membukanya.

Cara kedua, langkah awalnya sama seperti cara di atas. Buka Start Menu. Di atas start menu ada All Program. Klik pilihan tersebut. Cari folder Accessories dan buka folder tersebut. Di sana ada beberapa program. Klik Command Promt.

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Cara-cara berikut pun bisa dipakai di Windows 7 maupun Windows 10 dan sangat berguna saat Windows Explorer macet atau menu Start tidak bisa diakses sehingga menyebabkan cara-cara di atas tidak dapat dilakukan.

Menggunakan Program RUN

Jika kamu suka menggunakan program RUN, maka kamu bisa membukanya dengan cara menekan WIN+R. Nanti akan terbuka program RUN. Ketik saja cmd di sana. Maka akan muncul Command Prompt.

Menggunakan Task Manager

Command Prompt juga bisa diakses melalui Task Manager. Jika kamu tidak tahu cara membuka Task manager, klik di sini. Kami sudah membahas sejumlah cara untuk membuka Task Manager di artikel sebelumnya.

Untuk mengakses Command Prompt melalui Task Manager, pertama lihat bagian atas Task Manager. Klik File di sana. Nanti ada dua pilihan, yaitu New Task (Run) dan Exit Task Manager.

Klik pilihan New Task (Run). Setelah itu pada kolom di depan Open, klik cmd. Jika sudah, klik OK untuk membuka Command Prompt.

About the author

Alvin

Leave a Comment